Wanita, pengguna internet, dan anak muda adalah 3 kelompok yang sangat mempengaruhi pasar. Diantara ketiga kelompok tadi, anak mudalah yang memiliki sebuah perbedaan mendasar, disebabkan kehidupan anak muda sangat cepat berubah mengikuti perkembangan zaman. Menurut data statistik juga menunjukan bahwa ada 84 juta anak muda yang berusia antara 15-34 tahun. Dengan jumlah yang demikian banyak, tentu saja akan sangat menarik perhatian dari publisher atau marketer untuk mengolahnya menjadi pasar atau niche yang menjanjikan. Anak muda sangat bersifat cepat berubah dan selalu up-to-date. Maka akan sangat diperlukan untuk mengetahui secara mendalam apa yang dibutuhkan oleh kelompok ini. Ada beberapa pandangan mengenai anak muda pada saat ini menurut Joseph Kristofel (research manager Markplus).

young photo

  1. Kelompok ini semakin jauh dengan komunitas offline, semuanya selalu dengan online.
  2. Peningkatan cukup signifikan di kelompok anak muda ini untuk berbelanja secara online, alasannya adalah karena simple dan praktis. Jadi tidak perlu pergi ke luar rumah lagi.
  3. Seiring dengan meningkatnya daya beli, maka pembelanjaan makanan, minuman dan gadget yang efeknya pembelian untuk komunikasi seperti pulsa juga meningkat yang pada akhirnya menjadi kebutuhan pokok mereka.
  4. Daya tarik anak muda yang baru sekarang ini adalah dunia politik, seperti ridwan kamil selaku pemimpin baru kota bandung yang mulai menjadi idola karena beliau membuka akun twitter sebagai media untuk mendengar opini masyarakatnya.
  5. Portal media berita sudah sangat membosankan, sehingga anak muda lebih memilih untuk mendapatkan berita melalu Twitter, fFacebook dan media sosial lainnya.
  6. Keputusan untuk menikah lebih mudah diambil oleh anak muda sekarang, berhubungan dengan sadarnya akan nilai agama yang terkandung didalamnya. Dengan begitu bukan saja produk gaya hidup yang menjadi kebutuhan namun produk rumah tangga sudah mulai dilirik.
  7. Seiring maraknya kampanye untuk meninggalkan seks bebas yang gencar di media massa dan media sosial. Anak muda zaman sekarang tingkat kesadaran akan seks sudah sangat besar, menolak terhadap seks bebas secara keras dan lebih memilih kegiatan positif seperti memiliki komunitas dan menyalurkan hobi.
  8. Anak muda sekarang dipandang lebih kuat secara ekonomi dibandingkan generasi sebelumnya yang berarti daya beli kelompok ini sangatlah tinggi.
  9. Anak muda sudah lama meninggalkan media cetak. Karena beberapa media cetak itu juga ada yang sudah tersedia di internet dan juga dalam bentuk e-book. Sehingga dapt dibaca melalui gadget. Dan informasi pun akan sangat mudah didapat.
  10. Hidup sehat sudah menjadi prioritas di kelompok anak muda. Banyak yang sudah berhenti merokok dan minuman keras. Selain karena pengaruh keluarga, juga peraturan di sekolah dan luar sekolah yang sudah sangat ketat

Kesimpulan dari 10 pandangan diatas adalah anak muda saat ini sudah bergerak menuju ke arah yang lebih positif, walau fakta mengatakan masih banyak pemuda yang melakukan hal-hal negatif dan bahkan sampai melanggar hukum dan merasakan dinginnya dinding penjara. Namun demikian, anak muda di beberapa kota besar sudah melakukan perubahan yang diharapkan sedikit demi sedikit akan mempengaruhi anak muda di seluruh bagian indonesia.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response