Apa itu affiliate marketing dari bixbux.com
Affiliate Marketing adalah permainan “Big Numbers”. Anda bisa mempengaruhi orang melalui iklan yang anda tayangkan. Dari sebuah iklan yang tayang, akan ada sekitar 0.1% – 1% orang yang terpengaruh atau melakukan klik pada iklan tersebut. Jadi besaran CTR 0.1%-1% itu sudah termasuk bagus.

Dari 0.1%-1% orang yang melakukan klik tersebut, 2% – 15% akan melakukan “Sign-up” atau registrasi jika itu gratis. Namun jika berbayar, “Sign-up” yang terjadi akan sekitar 0.5% – 2% saja. Semua ini menunjukan bahwa anda membutuhkan iklan yang dilihat oleh sekitar 700 – 50.000 orang agar terjadi sebuah konversi, atau dengan kata lain konversi terjadi setiap 700-50.000 unique impression.

Jadi jelas, Affiliate Marketing adalah permainan orang banyak “Big Numbers”. Anda membutuhkan orang yang sangat banyak untuk dapat anda pengaruhi. Nah, dimana menemukan orang-orang ini? Jawabannya ada di Traffic Sources, dan ini adalah sumber uang bagi Affiliate, sekaligus jadi tempat membakar uang Anda jika Anda salah memanfaatkannya.

Ada ribuan cara orang menghasilkan uang di internet, tapi kalau dirangkum secara garis besar seperti ini:

Pertama, Finding Your Think to Sell.

Anda bisa menciptakan sendiri sesuatu untuk dijual, bisa itu aplikasi, ebook, music, video, situs membership seperti dating, adult, dsb. Tapi ini memerlukan kerja keras dan sumber daya yang sangat besar.

Kedua, Bounty Hunting For Fun and Profit.

Ada banyak orang atau perusahaan yang sudah memiliki produk dan siap jual, mulai dari Aplikasi Mobile, situs Dating berbayar, Music, Video, Game online berbayar sampai situs dewasa atau judi/taruhan online. Mereka menawarkan “keuntungan” kepada siapa saja yang bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk-produk mereka. Itulah dasar dari Affiliate Marketing secara sederhana.

Ketiga, Grab Your Conversion.

Menemukan orang yang ingin membeli suatu produk adalah pekerjaan yang menarik, dan cukup sulit untuk dilakukan. Namun mempengaruhi orang untuk mencoba sebuah produk secara gratis akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Banyak orang-orang bisnis atau pemilik produk yang bersedia memberikan “keuntungan” kepada anda yang berhasil mempengaruhi orang untuk melakukan trial terhadap suatu produk. Baik itu berupa registrasi gratis terhadap sebuah situs atau download sebuah aplikasi gratis. Itulah yang dikenal dengan istilah CPA – Cash Per Action atau Cost Per Acquisition

Anda membuat iklan dan mempengaruhi banyak orang untuk “Sign-up” ke sebuah web atau download sebuah aplikasi mobile gratis dan memberikan anda sebuah “keuntungan”, Anda bisa menghasilkan banyak uang. Dan itulah yang disebut dengan Affiliate Marketing berbasis CPA.

Seperti yang telah disebutkan pada awal artikel ini, bahwa tempat anda untuk menemukan banyak orang yang dapat anda pengaruhi melalui iklan adalah Traffic Sources dan ada banyak sekali Traffic Sources saat ini. Keterampilan dalam memanfaatkan banyak jenis Traffic Sources akan meningkatkan kualitas anda sebagai seorang Affiliate Marketing.

Traffic adalah sumber uang bagi seorang Affiliate, dengan traffic Anda bisa mengirimkan pesan iklan pada orang-orang yang berpotensi untuk membeli, Sign-up atau download aplikasi. Ada berbagai cara untuk mendapatkan traffic.

Anda memiliki sebuah website yang besar dan sukses, yang anda sendiri bisa kontrol dan tempatkan iklan dimanapun anda mau.
Menggunakan Search Engine Optimazion untuk mendapatkan visitor dari popular Search Engine seperti Google ke website yang anda miliki. Atau membayar pemilik website terkenal untuk mengijinkan Anda menempatkan iklan pada situs mereka, misalnya blog, sosial media seperti, POF, Twitter dan Facebook, dsb.

Bisa juga dengan membayar sebuah “Advertising Network” dan menempatkan iklan Anda pada ribuan website atau aplikasi mobile yang mereka kelola. Saya fokus pada dua hal terakhir di atas. Ada banyak Advertising Network yang menyediakan space iklan dengan biaya yang sangat murah dan jika anda bisa menghasilkan lebih banyak $$$ dibandingkan dengan biaya iklan yang Anda keluarkan, maka Anda akan memperoleh banyak sekali keuntungan. Di sinilah permainannya…

Bagaimana menghasilkan lebih banyak $$$ daripada yang Anda keluarkan?

Inilah kemampuan yang harus anda miliki, Affiliate Marketing adalah gabungan antara pengetahuan dan seni.

Testing, menguji offers yang paling menguntungkan, menganalisa data yang masuk dari traffic sources, melakukan optimasi, menguji banner dan landing page, melakukan split test, A/B test, menguji traffic sources untuk melihat mana traffic source mana yang mempunyai kualitas traffic yang bagus. Semua ini adalah pengetahuan, bisa dihitung, dianalisa dan diperkirakan.

Sedangkan seni-nya adalah cara Anda berfikir mengenai apa yang Anda tawarkan, kemudian Anda berfikir dan mempelajari apa yang audien inginkan. Menjembatani gap antara penawaran dan apa yang diinginkan, dengan membuat banner, lander dan adscopy, merubah orang dari tidak mau menjadi tertarik dan melakukan tindakan, disitulah letak seni-nya…

Try a lot of stuff

Anda tidak akan pernah bisa memprediksi iklan, banner dan landing page mana yang paling menghasilkan atau offer apa yang paling mudah konversinya. Satu-satunya cara adalah dengan mencobanya. Testing – Catat – Evaluasi, Testing – Catat – Evaluasi…

Anda harus melakukan test, bereksperimen, catat lalu evaluasi. Dan kabar baiknya adalah, jika ini terus anda lakukan, cepat atau lambat anda akan menemukan sesuatu yang sangat besar, yakni PROFIT!!

Raja Ampat DiveLodge , October 2014

rully kustandar

Foto adalah dokumen pribadi

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Indonesia's internet marketing guru, who's now focusing on affiliate marketing. Famous with KebunEmas.com, his tremendous works have inspired most of Indonesian who works online.

Leave A Response