Seperti profesi lainnya, seorang Affiliate Marketer juga punya jenjang karir. Setelah sukses sebagai seorang Affiliate Marketer (baca: duwitnya sudah banyak), biasanya seseorang akan mencari tantangan atau peluang lainnya. Kalau diperhatikan ada 4 (empat) jenis bisnis yang para Super Affiliate pilih setelah bosan dan banyak uang jadi Affiliate Marketer.

Pertama, jadi “Guru”. Buka training, workshop, forum premium dsb. Seperti yang di lakukan oleh David Ford dengan AffPlaybook dan Mr Green dan Stackman dengan StackThatMoney atau Tuan Vy dengan AdultMediaBuys. Banyak contoh lain, Charles Ngo dengan Affcellerator. AffPlaybook dan StackThatMoney adalah 2 forum yang sangat baik dan berkualitas. Saya merekomendasikan kedua forum ini untuk mereka yang mau belajar dan memperdalam affiliate marketing. AffPlaybook banyak mempelajari PPV Traffic (pay per view) sedangkan STM lebih beragam. StackThatMoney menurut saya yang terbaik saat ini, namun Anda akan merogoh kocek cukup dalam untuk dapat mengikuti Forum ini, biayanya sekitar $99/bulan, tapi menurut saya uang segitu tidak ada artinya dibandingkan dengan materi yang ada didalam forum. Di Forum ini juga berkumpul para dedengkot Super Affiliate, AdNetwork, Traffic Source, Tracking dsb. Kalau Anda cerdas, seharusnya bisa memanfaatkan forum tersebut untuk membangun jaringan anda.

Kedua, masuk ke industri Traffic Source. Banyak traffic source bagus saat ini, pemiliknya adalah eks Super Affiliate, seperti misalnya: TrafficVance (sekarang PropelMedia), TapIt, 50onRed, LeadBolt, dsb. Memang saya rasakan sendiri, begitu kita sering dan terampil menggunakan berbagai traffic source, sedikit demi sedikit saya jadi paham dengan bisnis ini dan saat ini saya sudah mulai sedikit demi sedikit mengumpulkan sumber traffic dan melakukan testing pada kualitasnya. Oleh karena itu, sering saya katakan, sangat penting untuk memiliki keterampilan memanfaatkan berbagai traffic sources.

Ketiga, masuk ke industri AdNetwork, yang ini juga banyak dilakukan oleh para eks Super Affiliate. Karena kalau Anda sudah berpenghasilan besar di Affiliate Marketing, biasanya ada advertiser yang langsung kontak atau Anda bisa langsung kontak advertiser dari offer yang selama ini anda promote. Akibatnya beberapa Super Affiliate banyak yang langsung dapet order dari advertiser besar tanpa melalui Affiliate Network. Karena hubungan inilah, mereka akhirnya masuk ke bisnis Network Affiliate, contohnya: IconPeak, A4D, Neverblue, Maxbounty, Azoogle, dsb. bahkan Lorenzo Green juga pernah punya F5Media.

Keempat, mereka yang basic nya di IT biasanya bangun tools, dan tools yang mereka buat itu biasanya juga sangat powerfull, karena yang buat adalah orang-orang yang memang asalnya pengguna dan pernah sukses sebagai Affiliate Marketer. Contohnya iMobiTrack, CPVLab dan Voluum. Atau ada juga yang bikin spying tools. Yang paling keren ya Voluum, selain eks super affiliate, orang Polandia ini juga yang memiliki Traffic Source ZeroPark.

Jadi seorang Affiliate Marketer itu ternyata karirnya jelas banget. Mau pilih yang mana? Asal jangan pilih jadi antisosial aja hehehe..

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Indonesia's internet marketing guru, who's now focusing on affiliate marketing. Famous with KebunEmas.com, his tremendous works have inspired most of Indonesian who works online.

4 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Moch Rizal January 16, 2016 at 11:03 AM - Reply

    Di dunia digital yang dinamis dan berkembang sangat cepat ini, semua orang harus banyak belajar dan terus meng-update perkembangan dunia marketing terustama di affiliate marketing. Teknik-teknik baru terus di kembangkan, so kita mestibelajar dari yang lebih berpengalaman.

  2. Zulfikar January 25, 2016 at 6:39 PM - Reply

    point pertama sepertinya yang paling banyak dilakukan, bagaimanapun menjadi guru adalah hal yang sangat mulia.

    Trims Guru!

  3. Riharvianto April 13, 2016 at 7:45 AM - Reply

    Mas Wien, apakah di STM & Affplaybook ada panduan teknikalnya, seperti cara membuat landing page / coding? Maklum super newbie 😀

Leave A Response