Alkohol di Indonesia masih hal yang sangat tabu dan sensitif yang mengakibatkan kegiatan promosi produsen alkohol di Indonesia masih sangat terbatas dalam pergerakannya. Beberapa undang-undang dan regulasi sudah menanti jika ada pelanggaran dalam promosi produk alkohol tersebut. Produsen alkohol harus memutar otak dengan keras untuk menemukan strategi apa yang cocok dan terbilang “aman” untuk mempromosikan produknya. Contohnya seperti membuat sebuah acara musik yang mendatangkan beberapa artis dan musisi internasional dan melakukan brand activation disana. Seperti perusahaan alkohol GUINNESS yang mengadakan Guinness Arthurs Day.

brain photo

Seperti yang kita ketahui Brand Activation adalah salah satu bentuk promosi merek yang mendekatkan merek dengan penggunanya melalui berbagai aktivitas yang menarik perhatian konsumen.  Adapun tujuan dari brand activation ini adalah membuat sebuah komunikasi berjalan dua arah. Maksudnya, jika selama ini iklan TV, radio, dan print ad hanya berbicara satu arah (konsumen kepada produsen, tidak ada interaksi timbal balik) maka brand activation ini adalah konsep berpikir (komunikasi) yang justru mengharapkan interaksi langsung dari konsumen. Beberapa keunggulan brand activation adalah adanya interaksi langsung antara brand dengan konsumen. Hal ini akan membuat hubungan konsumen terhadap brand semakin erat. Ketika hubungan sudah semakin erat maka konsumen akan dengan senang  hati membeli produk dan mempromosikan produk suatu brand kepada teman-temannya. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh brand yang sudah punya nama. Namun, brand activation ini juga masih memiliki kelemahan yaitu  membutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta perencanaan yang matang sehingga waktu yang dikorbankan-pun relatif lebih banyak.

Konsumen semakin pintar dan adanya beberapa peraturan, mengiklankan produk beralkohol tidaklah efektif secara berkeseluruhan. Jadi konsumen harus langsung merasakan sebuah pengalaman, tapi juga ada sentuhan dan merasakan langsung manfaat dari produk alkohol tersebut agar nanti dapat lebih mengingat brand tersebut. Brand activation yang dilakukan pada acara musik, seperti Guiness Arthurs Day, dapat melakukan penempatan atau positioning pada para konsumennya. Acara musik sangat banyak manfaat dan tujuan, bagi produsen pun akan menjadi ajang untuk merekrut konsumen baru. Jadi dapat dikatakan bahwa brand activation melalui sebuah acara music adalah cara baru untuk melakukan promosi bagi perusahaan alkohol yang ingin membesarkan brandnya dan merekrut konsumen baru.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response