Dunia kerja memang banyak masalah dan intrik di dalamnya yang membuat pekerja menjadi tidak betah atau mungkin menjadi sangat betah karena beberapa karyawan malah bisa menyesuaikan diri dan tumbuh besar bersama masalah tersebut. Masih banyak beberapa faktor lain penyebab karyawan resign dari pekerjaannya seperti faktor subjektifitas hingga persoalan sistem kerja yang dinilai kurang. Di bawah ini ada beberapa penyebab terjadinya resign kerja pada pada karyawan:

1. Tidak sesuai passion

Di dalam dunia kerja ada yang namanya passion atau semangat dalam melakukan pekerjaan, tapi banyak faktanya kalau pekerja banyak yang bekerja di sebuah tempat namun hati atau passion berada di tempat lain. Biasanya dalam kasus ini karyawan akan cepat resign, walaupun penghasilan sudah di angka cukup. Pada intinya bekerjalah sesuai passion karena dengan passion pekerjaan akan lebih dapat dinikmati.

2. Menemukan kesempatan yang lebih baik di tempat lain

Senyaman apapun di tempat kerja sekarang akan tetap memilih tempat kerja lain yang lebih baik. Karena pada intinya manusia itu tidak pernah puas. Apalagi jika tempat kerja yang sekarang kurang nyaman, maka akan sangat mungkin karyawan akan berpindah tempat kerja.

3. Beban kerja yang tidak sesuai dengan posisi

Beban kerja yang tidak sesuai dengan posisi yang sedang dijalani akan menjadi pertimbangan karyawan untuk melakukan resign. Contohnya sebagai sales admin, banyak pekerjaan yang dilimpahkan dari sales manager atau sales executive yang sebenarnya pekerjaan tersebut bukanlah kewajiban untuk menyelesaikannya. Kalau pekerjaan kita sedikit mungkin bisa kita membantunya, tapi jika pekerjaan kita banyak maka akan jadi semakin banyak dengan pekerjaan limpahan tersebut. Efeknya adalah, waktu kerja kita akan semakin panjang bahkan sampai malam padahal kita perlu waktu untuk keluarga atau keperluan lain di luar pekerjaan.

4. Gaji yang tidak sesuai standar

Gaji adalah tujuan utama bagi beberapa orang dalam bekerja, alasan ini pulalah yang menyebabkan orang menjadi pekerja keras karena gaji yang sangat cukup. Namun, jika gaji masih dirasa kurang akan menyebabkan motivasi yang menurun dan biasanya karyawan akan mencari tempat kerja lain yang lebih sesuai dan gaji yang cocok dengan untuk menutupi kebutuhan.

5. Tidak ada kejelasan masa depan dari perusahaan

Kondisi perusahaan yang dinilai kurang jelas akan dapat memotivasi karyawan untuk resign. Karena karyawan ingin perusahaan yang memiliki masa depan yang baik untuk dapat tumbuh kembang serta belajar bersama perusahaan tersebut. Jika perusahaan sudah ada tanda-tanda akan memiliki kebangkrutan, ada baiknya karyawan bersiap untuk mencari perusahaan yang lebih baik.

Simak baik-baik beberapa alasan di atas, mungkin saja anda telah melakukan beberapa penyebab karyawan resign seperti yang dipaparkan di atas. Coba anda evaluasi diri anda dan perusahaan anda, mungkin saja anda telah membuat karyawan anda ingin melakukan resign, berwaspadalah.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Karyawan Sejati November 20, 2014 at 8:19 PM - Reply

    Nice Info

    Menurut saya faktor atasan juga bisa menjadi penyebab seorang karyawan mengundurkan diri atau resign.

Leave A Response