Aktifitas pemasaran sosial media tidak pernah bisa dilepaskan dari Facebook. Setelah mengeluarkan berbagai platform untuk advertising, Facebook juga semakin sadar bahwa Fan Page mempunyai peran yang besar untuk membangun interaksi perusahaan dengan pelanggannya.

Keunggulan dari fan page ini juga semakin menjadi ketika Facebook merilis Facebook Insight – ini tool yang sangat powerful untuk nge-track interaksi penggunanya. Facebook Insight hanya bisa dilihat dari halaman admin, berfungsi untuk melihat kinerja/performance dari fanpage yang dipunyai. Menggunakan Facebook Insight, kita akan bisa mengetahui kapan waktu yang terbaik untuk posting dalam satu hari, hari apa yang terbaik dalam satu minggu dan postingan seperti apa yang paling banyak disukai. Bagian penting lainnya, Facebook Insight mencatat fenomena penting yang terjadi di fanpage kita, termasuk perkembangan yang terjadi dan pola yang terbentuk karenanya.

Untuk yang pertama kali akan mengakses Facebook Insight, ini beberapa panduan yang bisa dijadikan acuan bagaimana cara membaca grafik yang ada didalamnya :

Bagaimana mengakses Facebook Insight?

Masuk ke halaman admin dari fanpage yang anda kelola, temukan kolom ‘Insight’ di atas cover page. Klik ‘see all’. Di bagian bawah terdapat beberapa kolom yang berisi statistik postingan. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Reach > Ini mengindikasikan berapa banyak orang yang melihat kepada postingan yang dibuat, baik melalui desktop atau mobile. Jangka waktu metrik ini 28 hari setelah posting. Untuk mengetahui darimana viewer, silakan klik angka yang ada di Reach maka akan terdeteksi apakan viewer berasal dari organic, paid (hasil iklan) atau viral.

Engaged User > Mendeteksi berapa jumlah orang yang meng-klik di postingan yang kita buat. Ini terjadi karena postingan muncul di newsfeeds.

Talking About This > Ini adalah berapa banyak orang yang menciptakan ‘story’ dari postingan. Story tersebut termasuk : Yang nge-share, nge-like atau komen di post, menjawab pertanyaan (kalau postingan berupa polling), merespon event yang dibuat (apabila postingan berupa event), dan atau klaim sebuah offer (apabila memakai offer sebagai postingan).

Virality > Persentase dari jumlah orang yang menciptakan ‘story’ dengan orang yang melihat ‘story’ yang telah disebarkan. Merupakan turunan dari unique viewer yang ada. Menghitungnya dari : jumlah orang yang Talking About This dibagi dengan Reach. Semua skor virality yang lebih dari 3% adalah excellent.

Secara struktur, Facebook Insight memberikan pandangan kepada pengelola fanpage tentang konsep viral yang dibangun oleh Facebook. Terlihat jelas bagaimana demografi orang-orang yang nge-like fanpage kita. Termasuk berasal dari negara, kota dan bahkan umurnya. Lebih dari itu, Facebook Insight juga mengkalkulasi topik apa yang paling banyak diminati. Gambaran yang jelas mengenai jenis pembicaraan yang disukai akan dapat meningkatkan efek viral dari Facebook.

Mempunyai pendapat lain, silakan pajang komentar anda di kolom komentar di bawah ini.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Ahmad Roqib May 30, 2013 at 11:29 AM - Reply

    Baru tahu ane gan … makasih banget dah sharing artikel ini, artikel ini sangat berguna bagi perkembangan situs yang saya kelola. saya mengiklankan situs saya lewat facebook.

    • Wientor Rah Mada June 3, 2013 at 3:12 AM - Reply

      Sama-sama mas. Facebook juga masih jadi favorit saya 🙂

Leave A Response