Banyak aplikasi di Android yang bersifat “pencuri”. Mengapa demikian? Karena beberapa aplikasi Android dapat mengirim data penggunanya atau pengunduhnya dan menggunakannya untuk sebuah tujuan. Beberapa data yang diambil memang dapat dikatakan sebatas hal umum saja namun tetap saja banyak pengguna yang mengeluhkan hal tersebut. Tanpa disadari memang ada aplikasi yang akan secara otomatis akan mengirimkan data tertentu ke pembuatnya. Ironisnya, hal itu bisa dilakukan saat ponsel sedang dalam keadaan idle atau tidak sedang dalam keadaan digunakan.

a32e05cbb022de38_640_security

Banyak kekhawatiran tentang pencurian data ini. Seperti gosip yang beredar (atau mungkin fakta) bahwa teknologi Siri yang dimiliki oleh Apple adalah pencuri data-data penggunanya juga. Jadi, setiap suara dan percakapan yang dilakukan oleh penggunanya terhadap siri akan direkam dan dikirim langsung ke Apple, entah tujuannya untuk apa. Pengambilan data secara diam-diam ini memang sudah menjadi rahasia umum sejak siri pertama kali keluar.

Namun saat ini ada sebuah aplikasi yang dapat membuat pengguna ponsel dapat bernafas lega, namun sayangnya aplikasi ini hanya berada di ponsel berbasis Android saja. Di Google Play Store anda dapat dapatkan aplikasi pengaman data anda dari aplikasi pencuri bernama “No Root Firewall”. Sesuai namanya, aplikasi ini adalah ‘firewall’ untuk perangkat Android. Aplikasi ini dapat memilih mana aplikasi yang dibolehkan online, dan mana aplikasi yang harus tetap offline. Saat ada aplikasi yang ingin mencoba “mencuri” data, aplikasi “No Root Firewall” pun akan langsung memberikan notifikasi semacam peringatan. Sambutan yang didapat untuk aplikasi ini pun luar biasa, ratingnya dapat mencapai 4,4 dari 5 poin di Google Play Store. Segera amankan data anda dengan aplikasi ini! Anda apat mendapatkannya disini.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response