Indonesia adalah negara yang sangat besar. Konsumen kelas menengah saat ini mendominasi pasar online Indonesia. Seperti kelas atas, konsumen kelas menengah adalah segmen besar yang mulai mengutamakan kenyamanan materi. Sebesar 15% dari konsumen kelas menengah secara psikografis berada dalam kelompok yang “nyaman secara materi”. Meski tidak sebesar kelas atas, proporsinya jauh lebih besar daripada segmen ekonomi bawah.

Perilaku konsumen kelas menengah ini dipermudah dengan pandangan mereka yang menganggap bahwa teknologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kesuksesan masa depan mereka. Kepemilikan tablet di kelas ini telah tumbuh sebesar 24% dalam enam bulan terakhir, lebih besar 2% dari pertumbuhan di segmen atas.

businessman photo

Perilaku konsumen online yang didominasi mid-scale economy ini juga mengubah paradigma lama. Konsumen jenis ini harus dimanjakan dengan kualitas dan pelayanan daripada sekedar menonjolkan harga yang murah. Golongan kelas menengah ini mengeluarkan biaya rutin keluarga untuk hidup sehari-hari sebesar 1,9 juta per bulan, sementara rata-rata penghasilan rumahtangganya 2,6 juta perbulan.

Salah satu pendorong meningkatnya penggunaan tablet adalah kemudahan dalam mengakses internet. Penggunaan tablet untuk mengakses internet di kelas menengah tumbuh hingga 59%. Selain teknologi tablet, sarana pengakses internet juga sudah lebih dulu merambah di ponsel pintar. Saat ini 20% dari pengguna internet di segmen menengah (hampir 1,5 juta orang) mengakses internet melalui ponsel pintar. Jumlah ini tumbuh hingga 42% dibandingkan enam bulan yang lalu.

Selain penggunaan perangkat teknologi komunikasi untuk mempermudah hidup, segmen menengah juga mulai menuntut kenyamanan dan kemudahan bertransaksi keuangan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Penggunaan fasilitas elektronik perbankan di segmen ini naik menjadi 185 ribu pengguna. Dalam keseharian, penggunaan sejumlah alat rumahtangga untuk kenyamanan di kalangan kelas menengah juga meningkat. Meski masih didominasi oleh kalangan kelas atas, tren kepemilikan televisi layar datar dan pemanas air pada kelas menengah memperlihatkan kenaikan.

Sejumlah fakta di atas memperlihatkan betapa kalangan kelas menengah mencari kenyamanan materi layaknya kelas atas. Bahkan dua dari lima orang di segmen ini (40%) merasa pemasukannya saat ini cukup untuk menunjang kenyamanan hidup yang mereka dambakan.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

Leave A Response