Suatu waktu saya pernah mencari sebuah Minimarket, namun sangat sulit sekali untuk mencarinya. Ketika saya tiba di sebuah tempat dimana ada Minimarketnya, malah disana juga terdapat banyak Minimarket serupa namun beda perusahaan. Logika saya mengatakan bahwa kenapa tidak sebaiknya lokasi Minimarket ini berjauhan, karena selain mencari pasar yang baru, juga meminimalisir persaingan dalam bisnis. Jac De Haan dalam salah satu materinya di TED mengatakan beberapa jawaban dari pertanyaan saya tersebut, tentang mengapa sebuah toko yang serupa akan membuka bisnisnya di sebuah tempat yang sama. Jac menyebutnya dengan “Hotelling’s Model Of Spattial Competition” Jac mengilustrasikan jawaban dalam sebuah video dengan menggunakan tokoh seorang penjual es krim bernama ED di pantai.

Ed akan mengambil sebuah posisi terbaik yaitu di tengah pantai dimana dia merasa posisi tersebut adalah posisi terbaik untuk mendapat banyak pembeli karena memang posisi itu cukup mudah terlihat oleh banyak orang. Dimanapaun lokasi calon pembeli di pantai itu kurang lebih akan memiliki jarak tempuh yang sama ke lokasi tersebut karena memang lokasi tersebut berada di tengah. Hal inilah yang disebut “Socially Optimal Solution” (S.O.S.), yang kurang lebih artinya adalah mempermudah akses para pembeli anda untuk mengunjungi lokasi bisnis anda darimanapun calon pembeli anda berangkat. Sebuah tantangan baru muncul ketika pesaing anda membuka toko yang sama persis dengan toko anda, dengan produk yang sama persis pula plus target konsumen yang sama. Mau tidak mau disini anda akan berlomba dengan memaksimalkan lokasi bisnis dan berebut pasar dengan si pesaing. Saat lokasi bisnis sudah habis atau tidak ada lagi yang bisa untuk dimaksimalkan, anda dan pesaing anda akan menemukan sebuah titik yang disebut “Nash Equilibrium” (titik kestimbangan Nash.)

Titik ini adalah dimana anda dan pesaing anda tidak bisa melakukan apa-apa lagi dalam hal memaksimalkan lokasi bisnis, anda saat ini sduah memiliki kekuatan yang sama di sebuah lokasi bisnis tersebut. Cara satu-satunya untuk memenangkan bisnis adalah dengan memfokuskan dengan strategi marketing dan menajamkan ujung tombak promosi anda. Diferensiasi dan positioning jelas juga dibutuhkan disini. Anda bingung dengan penjelasan diatas? Tenang saja, video dibawah ini akan menjelaskan kepada anda melalui animasi dan jalan cerita yang menarik dan mudah dicerna. Selamat menonton!

Photo by dno1967b

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response