Saat ini jaman sudah bergerak kearah digitalisasi atau online, dimana semua bisnis bergerak dan berkembang di dunia internet. Contohnya seperti yang dilakukan beberapa mahasiswa kreatif ini dalam mengisi waktu mereka. 25 mahasiswa asal Bandung yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi di kota Kembang ini bisa menjadi contoh bagaimana caranya meluangkan waktu selepas kuliah sambil berbisnis. Apakah yang mereka lakukan? Mereka membuat ojek online!

motor ride photo

Berawal dari keisengan mereka saja karena mereka sering memberikan jasa antar kepada seorang ibu, muncullah inspirasi untuk mendirikan bisnis unik ini. Diakui oleh arif, salah satu mahasiswa yang mendirikan bisnis ini bahwa mereka membuka bisnis ini hanya untuk mengisi waktu luang sambil menunggu jam kuliah atau sepulang kuliah. “lumayan daripada tidak ada yang dikerjakan” ucap arif.

Bisnis ojek online ini ”bermarkas” di gelap nyawang, daerah samping ITB, rute yang dilalui bebas tergantung dari para pelanggan, jam operasi ojek online adalah jam 9 pagi hingga 10 malam. Yang unik dari bisnis ini adalah mereka melakukan promosi melalui media social seperti facebook, twitter dan line. Sebuah hal yang menurut saya belum pernah dilakukan oleh tukang ojek pada umumnya. Ditambah lagi para pelanggan pun bisa memilih rider sesuai dengan kehendak mereka sendiri karena profil para rider juga ditampilkan di sana.

Jasa kirim barang pun dilakoni oleh anak-anak muda ini, mereka juga menyediakan jasa kirim mengirim barang dalam kota. Setelah 3 minggu berjalan, pelanggan tetap pun mereka dapatkan, sebagian besar adalah mahasiswa sekitaran ITB dan pelajar SMA. Harga yang dipatok pun cukup unik, yaitu mereka membebaskan pelanggan mereka untuk menetapkan tarifnya. Soal omset? Naik turun, namun setiap hari ada saja pemasukannya. Bisnis serupa sudah banyak ada di Bandung sebenarnya, lalu apa yang membedakan mereka dengan bisnis serupa? “Mungkin yang bikin kita beda adalah kita semua mahasiswa, jadi bisa lebih paham kemampuan keuangan pelanggan, dan inilah yang bikin kita beda dari ojek online lain di kota Bandung,”ucap Arif menambahkan.  Bagaimana tertarik untuk menggunakan jasa mereka? 🙂

 

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response