Twitter sangat rentan akan di bajak atau dihack jika tidak berhati. Asal klik dan login ke sebuah aplkasi dan memberikan password anda disana sangat amat rentan terhadap pembajakan akun twitter anda. Akibatnya adalah akun twitter anda suka mem-follow dengan sendirinya, bahkan meretweet sebuah tweet tanpa anda sadari. Yang paling bahaya adalah seperti kasus teman saya yang twitternya sudah cukup lama tidak aktif tapi ternyata masih suka meretweet sebuah tweet. Yang memalukan adalah akun teman saya itu meretweet sebuah akun pornografi dengan tweet yang berisi foto atau berita seputar esek-esek. Perubahan nama twitter dan nama email dapat diubah dengan mudah oleh si pemilik akun twitter dan yang makin mempersulit adalah perubahan alamat email tidak memerlukan konfirmasi kepada akun email yang lama dan cuma ada notifikasi ke email lama saja.

Sebuah malapetaka jika password akun Twitter bisa diketahui oleh hacker atau peretas akun twitter anda dan email serta username Twitternya diganti oleh si hacker tersebut. Setalah email di ganti oleh hacker, walalupun anda tidak setuju anda tetap tidak punya kuasa selain menghubungi administrator twitter untuk membatalkan tindakan tersebut. Kejadian ini tentu akan  sangat dihindari oleh para pemilik twitter, apalagi jika akun twitter yang dimilikinya memiliki follower banyak dan aktif. Penyalahgunaan akun twitter yang dicuri seperti meminta sumbangan atau meminta uang kepada followers yang setia juga menjadi momok ketakutan tersendiri.

Cobalah beberapa tindakan mencegah sebelum semua itu terjadi dengan memberikan pengamanan dasar seperti ini:

  • Login ke akun anda menggunakan computer yang anda sangat yakin tingkat keamanannya dan tidak ada keylogger didalamnya
  • Menggunnaka banyak variasi di dalam password anda dengan mengkombinasikan angka, huruf dan besar kecilnya huruf dan angka tersebut, hindari tahun kelahiran anda sebagai password.
  • Hindari satu password untuk semua akun sosial media anda. Manfaatkan password manager seperti KeePass Password Safe (gratis) untuk mencatat dan mengingat seluruh password anda dengan baik.

Tindakan preventif yang anda dapat lakukan berikutnya adalah masuk ke setting dan ke kategori “security and privacy”. Anda  bisa aktifkan fitur ‘login verifivication’ dimana setiap anda login dari gadget atau PC yang berbeda maka anda harus mendapat persetujuan dari aplikasi twitter yang sebelumnya sudah terinstall di gadget android atau iPhone anda. Opsi berikutnya adalah dengan memilih verifikasi via sms dimana jika anda mengakses twitter anda dari gadget atau PC lain maka anda akan menerima sms berisi kode verifikasi yang kemudian angka tersebut dipakai untuk login ke twitter yang sedang anda akses menggunakan gadget atau PC lain.

Hasil dari beberapa orang yang telah menggunakan fitur tersebut mengatakan bahwa fitur login verification menggunakan aplikasi twitter for iPhone dinilai cukup cepat tanggap. Namun untuk menggunakannya jelas memerlukan smartphone yang selalu terkoneksi ke internet. Sedangkan Sedangkan fitur verifikasi via sms cenderung lamban, tergantung sinyal ponsel anda pada saat itu. Malah dari respon yang lambat memberi kesan kalau twitter mempersulit akses akun dari si pemilik akun.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response