Maraknya bisnis online di dalam negeri kini bukan lah hal baru. Hal ini juga semakin diperkuat dengan fakta, bahwa semakin sempitnya lapangan pekerjaan lah yang mendorong masyararakat untuk berwirausaha melalui jaringan online. Apa lagi dengan adanya dukungan teknologi yang tinggi untuk melakukan bisnis, hal ini menjadi semakin memudahkan para wirausahawan muda untuk berlomba-lomaba dalam menciptakan peluang bisnis online.

Selain cara pengoprasiannya yang mudah, bisnis online juga memudahkan para konsumen utnuk menemukan produk yang mereka cari. Mereka bahakan bisa menenmukan produk yang tidak dijual di toko-toko offline seperti biasanya. Sehingga, tidak heran jika kini bisnis online kian menjamur di Indonesia.

Kemudian interaksi antar penjual dan pembeli bisa dilakukan tanpa harus tatap muka yang artinya, pemebeli bisa berbelanja dalam jarak jauh semakin menambah kenyamanan para konsumen dalam berbelanja.

Lebih jauh lagi, alasan lain yang mendukung kenapa kini bisnis online menjamur yaitu mengenai modal untuk mendirikannya yang bisa terbilang sedikit. Ini semua karena dalam menjalankan bisnis online, kamu hanya mengandalkan internet, laptop, atau smartphone sebagai media untuk memasarkan produk yang kamu tawarkan. Di tambah lagi dengan dengan banyaknya penjualan internet murah yang semakin mendorong pelaku bisnis online untuk terus mengembangkan dan memasarkan produknya.

Nah, jika kamu tertarik atau sudah memiliki minat untuk mebuka usaha bisnis online, maka sebaginya kamu perhatikan dulu nih, 8 strategi awal dalam memulai bisnis online. Supaya kamu bisa menjalankan bisnismu dengan lancar dan tentunya mendapat profit yang besar.

1. Manfaatkan Jejaring Sosialmu

Langkah ini bisa dibilang adalah langkah yang paling cocok nih, untuk kamu yang baru memulai bisnis online. Lantas, mengapa demikian? Begini guys, dalam jejaring sosial yang kamu punya, tentu kamu sudah memiliki banyak kenalan dan pastinya beberapa dari mereka sudah sangat akrab denganmu bukan?

Nah, kamu bisa nih, menawarkan produk kamu kepada orang-orang terdekatmu dulu, sembari meminta mereka untuk melakukan Share ke pemilik akun jejaring lain, agar produkmu lebih dikenal secara meluas.

Dengan adanya jejaring sosial, kamu juga jadi bisa memanfaatkan akunmu dengan lebih maksimal. Contohnya ya, kamu bisa membuat fan page sendiri untuk pemasaran produkmu, dengan menghubungkan akun pemasaranmu dengan akun pribadi. Jadi, jika akun jejaring sosialmu, berisi produk jualanmu, kemungkinan besar akun mu akan lebih banyak dibuka dan dilihat banyak orang.

2. Gunakan Media Sosial Dengan Bijak

Penggunaan media sosial secara bijak ini penting loh guys, karena jika kamu tidak menggunakan sesuai porsinya, maka bisa menimbulkan masalah pada usaha bisnismu. Penggunaan media secara bijak ini tidak hanya menyangkut cara kamu mengoprasikannya, tapi juga bagaimana cara kamu berinteraksi dengan konsumen.

Strategi untuk berhubungan dengan konsumen ini berkaitan dengan bahasa yang kamu gunakan yah guys. Jadi meskipun kamu dan konsumen berhubungan melalui dunia maya, attitute kamu tetap lah yang utama.
Kamu tidak boleh menggunakan bahasa yang bersifat memaksa ketika kamu menawarkan sautu produk.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah menghadapi setiap konsumen dengan baik. Sebagai contoh, jika ada konsumen yang menanyakan informasi mengenai suatu produk, maka kamu hanya perlu menjawab seperlunya saja.

3. Berikan Informasi Secara Detail

Supaya pemebeli tahu mengenai produk yang kamu tawarkan, maka hal terpenting dalam menjalankan bisnis online adalah melengkapi tampilan produkmu dengan informasi yang detail. Informasi ini tentunya berupa content marketing yang bisa menarik perhatian pengunjung toko online kamu.

Jika kamu hanya menampilkan foto saja, maka pembeli tidak akan begitu paham dengan jenis produk yang kmau tawarkan, apa fungsinya, untuk siapa dan apa manfaatnya. Sehingga, itu lah kenapa kamu perlu memberi keterangan dan informasi yang singkat padat dan jelas mengenai jenis produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi artikelmu dengan video atau hasil riset untuk memberi pengenalan pada konsumen pada suatu produk, agar pengunjung toko onlinemu terpengaruh untuk membeli produkmu

4. Gunakan Model Peraga

Jika kamu ingin tamilan produk tampak menarik ketika kamu tampilkan di media online, maka Usahakan untuk menggunakan model dalam pemasaran produk agar pengunjung toko onlinemu tertarik untuk melihat lebih detil tentang koleksi apa saja yang toko onlinemu punya.

Hal ini penting untuk kamu perhatikan karena dengan adanya model peraga maka tampilan produkmu bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produknya.Selain bisa semakin meyakinkan dan menarik untuk dilihat, model peraga juga bisa menjadi contoh atau tester agar konsumen semakin yakin kalau produk yang kamu jual sesuai dengan informasi yang kamu tulis.

5. Kenali dan Sayangi Pelangganmu

Sebelum kamu menjalankan bisnis onlinemu, maka ada baiknya jika kamu mengenali terlebih dahulu calon pelangganmu. Karena sebagaimana yang orang-orang katakan bahwa pelanggan adalah raja, maka kamu perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu pada target calon pelangganmu.

Manfaat dari melakukan identifikasi pada target pelanggan yaitu kamu akan terbantu dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Hal ini disebabkan kamu telah mengenal apa yang menjadi kebutuhan calon pelangganmu, dan apa yang sekiranya bisa mereka terima dari produk yang kamu tawarkan.

Nah, dengan mengetahui dan mengenal calon pelangganmu, maka kamu juga akan terbantu untuk memuaskan pernmintaan pelangganmu, dan jika ada komplain, kamu pun tahu langkah apa yang harus kamu ambil sebagai solusinya.

6. Carilah Produsen Yang Terjangkau

Jika kamu ingin memulai bisnis online dengan menjadi seorang reseller, maka kamu perlu jeli dalam memilih produsen yang terjangkau sesuai dengan kemampuanmu. Alasanya yaitu jika kamu memilih produsen yang mahal, maka kamu otomatis kamu juga harus menjual dengan harga mahal. Dan kamu tahu kalau produk yang berharga mahal itu tidak mudah laku sehingga hal tersebut malah bisa merugikanmu.

Maka dalam memilih produsen, hal penting untuk kamu lakukan yaitu, kamu perlu jeli untuk menganalisis produsen mana yang sekiranya bisa membawa keuntungan untukmu. Jika ada produsen yang menawarkan produknya, maka usahakan lah untuk mebandingkannya dengan yang lain, sehingga kamu bisa mengambil keputusan terbaik untuk memilih produk tersebut.

7. Lakukan Promosi Besar-Besaran

Hal paling penting dan paling krusial dalam menjalankan bisnis online adalah promosi. Yups, promosi ini meski tampak sepele tapi sebenarnya ini sulit dilakukan. Dalam melaksanakan promosi, kamu harus memiliki strategi yang tepat baik secara online maupun offline.

Dalam mempromosikan produk, kamu juga harus memiliki cara yang kreatif dalam menyampaikannya pada masyarakat agar mereka tidak bosan, dan kamu juga harus kuat untuk melaksanakannya secara kontinuan.

Selain itu agar menarik perhatian konsumen, kamu juga harus berani memasang harga promo pada produk yang kamu tawarkan. Jika perlu, kamu juga bisa kok, mengandalkan promosi word of mouth publicity (promosi dari mulut ke mulu). Kekuatan dari promosi dengan cara ini terbukti ampuh loh guys, karena bisa menyebar dengan cepat melalui jejaring sosial dan berbagai media sosial lainnya.

Oke guys, ini dia 7 strategi awal utnuk kamu yang baru mau memulai bisnis online. Semoga setelah tau 7 tips ini, kamu semakin percaya diri yah dalam memulai bisnis onlinemu, dan yangt terpenting, kamu juga bisa mengembangkan dan memanfaatkan tips ini dengan baik.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Blogger tulen. Penggemar sejati Benyamin Sueb dan Rhoma Irama. Tidak takut untuk berkata tidak. Bertekuk lutut pada kopi kental tanpa gula.

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Kampung Inggris July 23, 2016 at 2:53 PM - Reply

    Thanks infonya mas Yusril Adityawarman, sangat membantu untuk pemula seperti saya… ^_^

Leave A Response