Untuk beberapa orang memulai sebuah bisnis atau usaha merupakan keinginan terpendam daripada terus menjadi karyawan dengan penghasilan pas-pasan bahkan kurang. Menjadi bos besar di “rumah” sendiri mungkin terdengar lebih enak dibanding menjadi anak buah di “rumah” orang. Namun banyak sekali pertimbangan dalam memulai sebuah bisnis yang berujung tidak ada action atau hanya diam di tempat. Berikut adalah tips sederhana untuk memulai sebuah bisnis.

1. Ketika Ide muncul langsung action
Kadang-kadang ide bisnis suka muncul begitu saja, ketika ide itu muncul langsung tuangkan ke dalam sebuah kertas dan langsung persiapkan rencana untuk action, karena ide mudah datang dan mudah juga hilang atau dilupakan. Segera ambil langkah pertama, tanpa harus menunda lagi. Mulai dari riset pasar, dan melakukan beberapa hal yang sekiranya dibutuhkan, seperti mulai konsultasi ke ahlinya.

2. Pikirkan rencana usaha yang anda lakukan untuk kedepannya
Setelah ide didapatkan akan banyak pertanyaan seperti. Apa tujuan akhir bisnis Anda? siapa target produk anda? Dan Apa tujuan akhir Anda dalam menjalankan bisnis ini? darimana dana yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis ini? maka dari itu buatlah rencana bisnis, hal ini akan membantu anda mengarahkan bisnis, bagaimana mengatasi hambatan yang akan ditemukan, dan apa yang Anda butuhkan untuk tetap menjalankan bisnis anda dengan baik. Dalam menulis rencana bisnis hal-hal yang  bisa diperhatikan diantaranya adalah, yaitu jenis bisnis dan bagaimana mencapai tujuan, bagaimana memenuhi kebutuhan pasar, riset pasar, manajemen bisnis, strategi penetrasi dan pertumbuhan pasar, estimasi biaya dan pendanaannya.

3. Persiapkan dana yang mencukupi
Untuk memulai sebuah usaha yang besar anda bisa memulai dengan kredit komersial perbankan atau pinjaman kecil dari keluarga dan sahabat bisa juga menjadi cara bagus untuk memulai bisnis, tapi jangan lupa untuk mengembalikannya tepat waktu sesuai janji diawal. Namun ada baiknya juga jika uang tersebut berasal dari tabungan anda. Persiapkan dengan baik sejak anda masih menjadi karyawan, menabunglah sebanyak mungkin sebelum masuk ke dunia bisnis dan meninggalkan dunia karyawan.

4. Menjual produk ke konsumen
Inilah yang paling penting, bagaimana anda memasarkan produk anda. Bermodalkan kabar dari mulut ke mulut saja sepertinya agak sulit. Membangun brand adalah penting adanya dan media sosial bisa menjadi pilihan untuk bisnis skala kecil saat ini. Gunakan media sosial sebagai sarana promosi, misalnya membuat promosi seperti 10 orang pertama yang member komentar pada foto produk anda, bisa mendapatkan diskon. Menjalankan bisnis bisa sangat berbahaya, tapi lain cerita jika anda memiliki persiapan yang matang. Maka melakukan bisnis bisa sangat menyenangkan.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response