Buat pemain CPA, melakukan bidding untuk traffic PPV sangatlah krusial. Banyak yang bilang ini sangat complicated dan diluar akal. Terkadang kita sudah bid tertinggi tetapi tetap tidak dapet traffic. Seringkali juga kita melihat seseorang melakukan bid di atas $2 ke sebuah URL. Darn, bagaimana mungkin dia dapet profit dengan bidding segitu?

Rupanya ada beberapa trik yang bisa dipakai. Terutama kita harus aware sama yang satu ini : fake bid (bid palsu). Kompetitor kita melakukan ini dengan satu tujuan, agar kita menjauh dari traffic itu. Ini sebabnya banyak bid yang tidak masuk akal di LeadImpact atau TrafficVance. Rugi dong? Nggak juga. Ini modus saja. Caranya gini : misalnya saja, saya membidik domain ‘autoinsurance.com’ buat promote offer tentang insurance. Jadi katakanlah hari ini adalah hari Senin, saya akan set campaign untuk hari Minggu dan bid $2. Dan ketika sampai hari Minggu, saya pindahkan bidnya ke Sabtu minggu depannya. Dengan demikian, bid tertinggi akan selalu $2 dalam setiap hari selama satu minggu. Cara ini tidak mengeluarkan biaya apa-apa. Sekali lagi, tujuannya adalah untuk menyingkirkan kompetitor yang akan bid di traffic yang sama. Yakin deh, semua newbie akan lari menjauh setelah melihat bid tertinggi yang super tinggi itu. Jadi perhatikan bidnya. Apabila anda melihat bid begini : $0.98, $0.95, $0.50, $0.04, $0.039, $0.35 maka bisa dipastikan tiga bid yang pertama adalah palsu. Jangan khawatir, bid saja di $0.041 – persis diatas bid yang sebenarnya.

traffic leadimpact

Trik yang kedua, ini juga harus diwaspadai, mengapa bid sudah nomer satu tapi nggak dapet traffic juga? Ini ada beberapa sebab. Salah satunya karena beberapa orang membidik URL/keywords yang sama dengan bid yang sama. Kalau ada 10 orang yang membidik sama, maka kita hanya akan mendapatkan sepersepuluh traffic yang seharusnya. Jadi, naikkan bid perlahan-lahan dan lihat perubahannya. Hal lain yang mungkin terjadi adalah, ada orang lain yang membidik keywords/URL yang sama, tetapi di kategori ads yang berbeda. Misalnya ketika kita bid $0.011 di kategori A, tetapi ada orang lain yang membidik URL/keywords yang sama di kategori B dengan bid $0.015. Maka semua traffic akan mengalir ke saingan kita tersebut, bahkan tanpa kita sadari. Ini gunanya kita menaikkan bid perlahan-lahan walaupun kita sudah di nomer satu akan tetapi tidak mendapatkan traffic yang seharusnya.

Tips ketiga, apabila kita tidak berani nge-bid yang tertinggi, berarti kita harus tekun dan sabar. Ketika nge-set campaign baru, lakukan bid dan biarkan 24 jam untuk mengetahui apakah anda mendapatkan traffic atau tidak. Naikkan bid sebesar 1 sen saja apabila diperlukan dan tunggu 24 jam lagi. Ini dilakukan karena beberapa sistem PPV mengharuskan kita untuk menunggu beberapa jam sebelum bid kita benar-benar masuk ke sistem. Dari beberapa kasus, terkadang untuk mendapatkan profit yang maksimal, bid tidak harus tertinggi. Ingat selalu bahwa kita melakukan ini untuk mendapatkan profit. Bukan gaya-gayaan dengan nge-bid tertinggi. Satu lagi, jangan pernah memakai feature auto-bid di PPV Networks. Dijamin pasti gak akan dapet profit.

Tips keempat, beberapa PPV Networks mempunyai trik sendiri-sendiri dalam mengelola sistem bid-nya. Ini sebetulnya rahasia, tapi boleh lah dibagi sedikit. Jangan pernah nge-bid lebih dari $0.90 di LeadImpact. Di TrafficVance akan sangat berbeda, dengan kualitas traffic yang mereka miliki, anda boleh nge-bid $2.00 tapi dengan sangat hati-hati. Sedangkan di Media Traffic, jangan pernah nge-bid diatas $0.05, kualitas trafficnya sungguh gak bisa dipercaya.

Khusus buat yang bermain di LeadImpact, ada beberapa rahasia yang ingin saya sharing lagi. Di LeadImpact ini, iklan dibagi menjadi beberapa kategori dan sub-kategori. Untuk keyword yang sama, bid untuk masing-masing kategori tidak bisa saling terlihat. Akan tetapi, LeadImpact akan membandingkan bid secara global dan memprioritaskan bid tertinggi dengan tanpa memperhatikan kategori yang mana. Jadi, kita bisa ‘ngakalin’ ini. Caranya begini. Misalnya, untuk mempromosikan offer dating, kita biasanya memilih kategori Lifestyle > Dating. Ini sangat mainstream. Semua orang akan melakukan hal yang sama. Atau, kita juga bisa memilih kategori Adult > Dating, atau bahkan kategori Computers and Internet > Net Communities and Chat. Dengan memilih kategori kedua dan ketiga, terutama yang ketiga, kompetitor tidak akan bisa melihat bid kita. Keuntungan bagi kita adalah, kita tahu berapa bid tertinggi. Jadi, buat campaign di kategori yang sesungguhnya dengan harga bid yang tidak jauh dari bid tertinggi itu.

Rahasia lain adalah, LeadImpact memakai mekanisme ‘string match’ dalam menilai keyword yang dibidik. Artinya, keyword dengan kata yang lebih pendek akan lebih diprioritaskan untuk impresi trafficnya. Misalnya gini, pasti banyak orang yang membidik keyword ‘insurance’ untuk offer asuransi. Daripada kita perang bidding dengan menaikkan bid kita, mendingan ubah keywordnya menjadi ‘insuranc’. Kurangi satu huruf belakangnya dan kemudian traffic akan mengalir deras.

Rahasia terakhir, bisa memakai sistem jebakan. Intinya adalah, biarkan para kompetitor berperang harga bid, tunggu sampai budget mereka menipis atau habis sama sekali dan kemudian baru kita masuk ke medan perang dengan bid yang sewajarnya. Ini juga salah satu cara ampuh mendapatkan traffic.

Kalau yang di share rahasia negara begini mudah-mudahan berguna buat teman-teman pemain CPA. Selamat mencoba!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

5 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. nyenzo fidel pragata May 30, 2015 at 2:01 PM - Reply

    auto-bid ternyata ngaruh ya om..?
    terima kasih artikelnya, sangat mencerahkan.

  2. machmud November 5, 2015 at 11:06 AM - Reply

    om untuk ngecek tinggi rendahnya bid competitor dimana ya, trims

  3. krool December 22, 2016 at 2:40 PM - Reply

    bau2nya just for profesional nih ya mas?rekomendasinya daftar harus deposit minimal $1000.. harus diabisin dalam jangka waktu tertentu itu mas?

    boleh tau tampilan setting2nya newbie friendly ga mas?

    atau ada rekomendasi utk newbie biar ga bangkrut sia2?
    belum pake vps hosting soalnya ini, yg shared aja masih lontang-lantung settingnya.

Leave A Response