Teknologi travel. Bagi sebagian orang traveling merupakan cara terbaik untuk keluar dari rutinitas kerja yang melelahkan. Namun tidak jarang juga traveling menjadi bagian dari pekerjaan sebagian orang lainnya. Seiring perkembangan zaman kegiatan perjalanan telah menjadi industri tersendiri yang menjanjikan keuntungan besar.

orang surfing

Saat ini dunia modern disebut juga sebagai dunia digital: teknologi berperan besar di setiap industri. Tidak terkecuali industri perjalanan, salah satu industri teratas yang menikmati evolusi teknologi.

Teknologi telah menguntungkan para pelancong, agen perjalanan, dan penyalur. Penyalur, dalam hal ini, adalah perusahaan yang menawarkan layanan perjalanan. Agen perjalanan hanya menjual layanannya atas nama perusahaan transportasi. Semua pemain ini menikmati keuntungan teknologi tersebut.

Jadi, apa saja inovasi yang telah mengubah industri perjalanan itu? Nah, simak bahasan Tech.co tentang 6 inovasi industri perjalanan ini, ya!

  1. Pemesanan Online

Inovasi yang satu ini telah meringankan beban bahu pelancong. Bertahun-tahun lalu pelanggan harus menjalani antrian panjang penantian pemesanan tiket penerbangan atau bus. Ini telah berubah dalam tahun-tahun belakangan dan perjalanan jadi lebih mudah tanpa harus mengantri.

Pelancong dapat memesan tiket penerbangan dan bus online secara sederhana. Ini artinya, pelanggan . Harapannya adalah layanan pemesanan online akan menjadi lebih baik ke depannya. Sehingga mengurangi kebosanan dalam pembayaran perjalanan dan memaksimalkan kenyamanan pelancong.

  1. Global Positioning System

Global Positioning System (GPS) adalah inovasi lain yang sangat menguntungkan industri perjalanan. Fitur teknologi ini pertama kali diperkenalkan di perangkat bergerak. Namun kini digunakan oleh para pelancong dan agen perjalanan lintas dunia. Pelancong menggunakannya untuk menjelajahi tempat-tempat baru yang menggantikan ketergantungannya pada seorang guide perjalanan.

Perangkat GPS lebih kecil dan lebih efisien ketimbang peta besar. Juga perangkat ini lebih akurat dan dapat diandalkan. Apalagi telah ada perangkat GPS genggam yang memudahkan navigasi dan nyaman bahkan ketika kamu bepergian, berperahu, memancing, atau pergi ke tempat-tempat yang hanya sedikit pengunjungnya. Agen-agen perjalanan juga menempatkan perangkat pelacak GPS pada armada mobilnya. Dengan ini mereka dapat melacak kendaraan di manapun demi keamanan.

  1. E-Tiket

Inovasi lain yang mengubah industri perjalanan adalah sistem tiket elektronik. Biasanya ini diterapkan pada transportasi udara. Contohnya, setiap anggota Asosiasi Transportasi Udara Internasional disarankan menggunakan sistem tiket elektronik untuk para pelanggannya. Dengan tiket seperti ini maka pelanggan tidak perlu menunggu tiketnya jadi dalam bentuk surat standar.

E-tiket juga berfungsi pada pemesanan online dan tiket akan dikirimkan kepada pelancong melalui email saat mereka siap pergi atau berdasarkan pemesanan mereka. Fitur ini menguntungkan agen perjalanan dan pelancong. Di sisi pelancong mereka tidak perlu khawatir kehilangan tiket kertasnya. Agen perjalanan juga tidak perlu khawatir tentang biaya seperti pengadaan kertas dan keperluan cetak mencetak. Selain itu juga lebih mudah membawa e-tiket daripada tiket kertas.

  1. Chip Identitas untuk Pelacakan Tas

Perusahaan perjalanan tidak perlu khawatir tentang pertanggungjawaban atas kehilangan kopor. Hampir semua perusahaan penerbangan dan bus menyematkan chip identitas pada kopor pelanggan. Dengan cara ini mereka dapat menggunakan sistemnya untuk melacak dengan tepat lokasi tas.

Pelanggan juga menyematkan perangkat pelacak di tasnya dan mereka dapat dengan mudah mengontrolnya melalui aplikasi di teleponnya. Dalam hal ini para pelancong tidak harus selalu mendatangi bagian customer support untuk meminta bantuan jika kehilangan tasnya.

  1. Analisa Prediksi

Inovasi ini khusus digunakan oleh perusahaan perjalanan. Para travel perjalanan menggunakan alat dan aplikasi terkait untuk mengakses data yang terukur. Dengan cara ini mereka dapat mengetahui aktivitas atau kegiatan pelancong sebelumnya beserta tingkat keaktifannya pada waktu tertentu sepanjang tahun.

Mereka dapat juga menentukan tren ke depan yang akan membantu mereka mempersiapkan manajemen dengan lebih baik. Terima kasih, analisa prediksi.

  1. Manajemen Media Sosial

Jaringan sosial media mendominasi dunia internet hari ini. Pelancong bergantung padanya saat mereka ingin mengetahui pengalaman di tempat wisata atau agen perjalanan tertentu. Mereka juga membagikan pengalaman perjalanannya di media sosial.

Para agen perjalanan memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan layanan mereka dan memperluas jangkauan pelanggannya. Beberapa darinya juga berhubungan dengan pelanggannya di media sosial hanya untuk mengetahui tingkat kepuasan dan pengaduan mereka.

Teknologi telah berkembang pesat sejak diperkenalkan ke dunia. Agen perjalanan dan pelancong akan mendapatkan keuntungan dari inovasi-inovasi masa depan, menjadikan seluruh layanan tersampaikan dengan lebih baik dan lebih cepat.

Nah, kalau kita telah sering menggunakan inovasi-inovasi teknologi tersebut, maka kini kita sadar betapa mudah dan nyamannya bepergian di era digital seperti saat ini dibandingkan zaman dulu. Sebagai pelancong mudah kita temukan di pasar aplikasi seperti Google Play Store dan App Store aplikasi terkait perjalanan. Misalnya aplikasi pemesanan tiket online, pemesanan hotel, panduan wisata, peta digital, hingga kompas digital.

Para pelaku industri perjalanan berlomba-lomba menyediakan layanan terbaik. Berbagai iklan kreatif terkait inovasi layanan perjalanan tidak jarang kita temui di media massa maupun internet. Para pelanconglah yang kini harus semakin jeli terhadap layanan yang ditawarkan masing-masing pelaku industri perjalanan seperti agen perjalanan, agen penginapan, atau waktu terbaik untuk bepergian.

Kamu yang menyukai traveling akan dan tentu sangat terbantu dengan hadirnya inovasi-inovasi tersebut. Kini waktunya kamu ambil tas, kemasi pakaian, siapkan kamera, dan pergilah ke tempat-tempat baru yang menakjubkan!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Blogger tulen. Penggemar sejati Benyamin Sueb dan Rhoma Irama. Tidak takut untuk berkata tidak. Bertekuk lutut pada kopi kental tanpa gula.

Leave A Response