Meramalkan ini seperti kembali mengingat ucapan Steve Jobs bahwa Netbook itu perwujudan yang salah dari komputer yang : movable, small dan fast. Dahulu, ketika semua produsen komputer berlomba-lomba menafsirkan ketiga kata itu menjadi sosok Netbook, Apple (baca : Steve Jobs) dengan bangganya tidak lari ke mainstream. Untuk Steve, Netbook adalah sekedar komputer kecil yang murah. Apple justru merumuskan iPad sebagai jawaban dari : movable, small dan fast (+music).

Di tahun 2013, kita akan berkata goodbye ke Netbook. Di awal terbitnya, Netbook menyasar ke segmen market remaja dan anak sekolahan, atau bahkan pekerja pemula. The Guardians melaporkan bahwa Asus akan berhenti memproduksi Eee Netbook di 2013. Di tahun 2012, hanya Asus dan Acer yang masih gencar di Netbook.

Memang masih terdapat stok di Asus dan Acer yang akan dikeluarkan di awal 2013. Artinya, penampakan Netbook hanya akan ada di awal tahun, sementara produksinya sudah dihentikan dari tahun lalu. Semakin meningkatnya kekuatan middle-income family di Indonesia, serta makin sadarnya user dengan spesifikasi laptop akan membuat mereka tetap memilih laptop dengan kapasitas yang mumpuni. dari tahun 2010 ke tahun 2011, penjualan Netbook dunia turun drastis dari 2 juta unit di 2010 menjadi 750.000 unit di 2011. Diperkirakan pasar Netbook, yang ternyata swinger, akan beralih ke iPad dan Android.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook or Twitter @WRahMada.

Leave A Response