Di tahun 2013 affiliate marketing di Indonesia akan memasuki masa growth. Semua diawali dengan launching forum affiliate marketing pertama : Republik Tycoon; pada 20 Februari 2012, sampai dengan sekarang bentuk pemasaran afiliasi sudah mulai muncul.

bbw

Milestone pemasaran afiliasi di Indonesia tentu saja pada saat EWA Network merambah pasar Indonesia pada bulan April 2012 dengan menunjuk Affiliate Manager lokal di negara kita ini. Sejak saat itu, ratusan, bahkan ribuan affiliate sudah menjalan program affiliasi. Produk lokal dan produk luar negeri bersaing untuk memperebutkan ceruk pasar besar internet Indonesia. Berikut 5 (lima) alasan mengapa pemasaran afiliasi di Indonesia akan terus berkembang :

  1. Banyak muncul produk lokal, baik produk Internet Marketing (IM) atau bukan, yang mulai memakai sistem afiliasi. Para pemasar lokal mulai menyadari bahwa sistem ini memperbanyak peluang pengunjung untuk beli. Walaupun demikian, pemain besar masih belum menyadari kekuatan pemasaran afiliasi. Jadi pemain lama, dengan produk langsung end-user masih akan mendominasi pasar.
  2. EWA Network sebagai yang pertama memasuki pasar Indonesia di bidang afiliasi (CPA) akan terus melakukan berbagai perbaikan yang memudahkan. Tahun depan pembayaran affiliate akan bisa mingguan, bahkan dua kali seminggu. Ini akan membuat publisher konvensional beraliah ke CPA. CPA = Cost per Action
  3. Setelah EWA Network, mulai banyak follower network yang mulai merambah pasar Indonesia, beberapa merupakan network lokal. Semakin ramai pasar afiliasi, semakin lebar ceruk pasarnya.
  4. Akan semakin banyak publisher yang terkena banned Google Adsense dan Amazon. Banned massal ini semakin menguatkan posisi CPA Network di Indonesia karena kemungkinan yang sangat kecil untuk di banned oleh CPA network.
  5. Semakin banyak publisher yang menyadari bahwa SEO bukan satu-satunya sumber traffic yang berkualitas. Social Media dan Media Buy menjadi alternatif yang menjanjikan.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock ‘n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

3 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Suzan Setyo W January 1, 2013 at 6:28 PM - Reply

    “EWA Network sebagai yang pertama memasuki pasar Indonesia di bidang afiliasi (CPA) akan terus melakukan berbagai perbaikan yang memudahkan. Tahun depan pembayaran affiliate akan bisa mingguan, bahkan dua kali seminggu.” <= Ini adalah kabar luar biasa. Tapi kok masih tahun depan Pak Wien ya? 2013 ini kah? Beberapa waktu lalu saya dengar Ryan Eagle akan membuat sistem otomatis untuk mempercepat pembayaran affiliate. Dengan sistem ini cashflow dari affiliate akan sangat terbantu. Dan affiliate bisa fokus pada usaha pemasarannya. Semoga segera terealisasi.

    "Akan semakin banyak publisher yang terkena banned Google Adsense dan Amazon." <= Wah Amazon jangan deh Pak Wien haha. Tapi untungnya saya selalu pingin cara yang berbeda dalam pemasaran produk Amazon. Semoga cara yang berbeda ini bisa menyelamatkan saya dari kemungkinan di atas.

    • Wientor Rah Mada January 1, 2013 at 11:56 PM - Reply

      Sistem otomatis paymentnya seharusnya beres di bulan Januari ini mas Setyo. Ryan Eagle jatuh cinta bener sama Indonesia, jadi kayaknya setelah USA, affiliate Indonesia yang akan menikmati perubahan payment ini 🙂

  2. Miftah Habibi @ Washing Machine Reviews October 27, 2013 at 4:09 PM - Reply

    Ahh masak sih banyak publisher yang dibanned amazon?

Leave A Response