Comfort zone adalah sebuah zona yang kadang disebut zona nyaman bagi kita sebagian orang Indonesia, zona ini adalah zona dimana kita sudah sangat nyaman dengan apa yang kita jalani dan kita dapatkan dalam hidup, sehingga kita merasa takut keluar dari zona nyaman tersebut, menghindari hal-hal yang menakutkan seperti kebangkrutan atau beban hidup yang menambah. Padahal zona nyaman sangat berbahaya, zona tersebut membuat kita akan stuck atau mentok pada kondisi kehidupan terutama keuangan yang terkesan begitu-begitu saja atau tidak ada kemajuan sama sekali. Sangat disarankan untuk anda keluar dari zona nyaman, namun banyak yang tidak tahu caranya, disini saya akan memberikan beberapa tips untuk keluar dari zona nyaman yang disadur dari Marla Tabaka (Inc.com) :

1. Bertemu dengan orang baru
Carilah teman yang memiliki visi dan misi yang sama, cobalah berbagi dengannya apa yang menjadi kendala anda, yang sekiranya akan membantu anda keluar dari zona nyaman. Tapi hindari memiliki teman baru yang hanya menarik anda untuk tetap di dalam zona nyaman dan menjauhkan dari pintu keluar zona nyaman.

2. Jauhkan segala harapan yang terlalu tinggi dan siapkan untuk konsekuensi
Zona nyaman membuat orang-orang kadang takut terhadap hal yang mudah ditebak dan takut akan ketidakpastian. Cobalah sesekali jauhkan harapan anda yang terlalu tinggi terhadap sesuatu dan mulailah mengambil resiko.

3. Berkaca dan temukan kekurangan dalam diri anda
Setiap orang ingin terlihat sempurna tanpa terlihat ada kekurangan dalam dirinya dan membuatnya jarang berkaca dan melakukan hal baru. Ketika anda terus memikirkan ucapan orang lain mengenai anda dan takut membuat mereka kecewa, disanalah anda akan selalu berada di zona nyaman. Lakukanlah sesuatu yang “out of the box” sesekali akan membuat anda merasa berbeda.

4. Berteman dengan banyak orang yang berbeda
Banyak orag cenderung ingin memiliki lingkunga teman-teman yang memiliki banyak kesamaan, terutama dalam cara berpikir. Cobalah masuk ke sebuah lingkungan atau komunitas yang sama sekali berbeda dengan anda. Biasanya hal tersebut akan membuka pikiran anda dan dapat melihat sebuah masalah dari sudut pandang yang berbeda.

5. Lawan rasa takut dalam diri anda
Pikirkan apa yang anda takutkan dalam hidup anda, hewan, benda atau bahkan kegiatan apa yang anda takutkan? Bayangkan dan buatlah daftar tentang ketakutan anda. Segera tantang diri anda untuk melawan semua ketakutan itu dan mengalahkannya. Hal tersebut akan membuat anda lebih percaya diri terhadap diri anda dalam mengejar masa depan.

6. Imajinasikan kesukesan yang akan anda dapatkan
Bayangkan impian anda dan tuliskan diatas sebuah kertas, bayangkan bahwa impian itu akan menjadi impian anda tidak lama lagi, namun ingat jangan targetkan impian yang terlalu tinggi. Kemudian analisis resiko,hambatan dan rencana yang akan anda ambil untuk mengambil keputusan tersebut. Hal-hal tersebut akan membuat anda lebih siap dalam mengejar mimpi anda.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response