Review of: Oppo A37
Price:
1.700.000 - 2.000.000

Reviewed by:
Rating:
4
On September 20, 2017
Last modified:September 24, 2017

Summary:

Oppo A37 adalah smartphone dengan body elegan dan mampu di gunakan seharian penuh berkat dukungan Prosessor, RAM dan kapasitas baterainya yand yahud.

Oppo tidak mau kalah dengan pesaingnya. Apalagi kini telah beredar smartphone oke dengan kelas menengah ke bawah  lainnya, seperti Xiaomi Redmi 4x dan Samsung Galaxy J3 yang telah menguasai pasaran yang lebih dulu. Nah walaupun begitu, Oppo akhirnya merilis smartphone menengahnya pada bulan Juni 2016 yang diberi nama Oppo A37 (Neo 9).

Langkah peluncuran produk A37-nya ini adalah kesempatan besar bagi vendor asal tiongkok ini, karena sekarang banyaknya smartphone yang beredar di pasaran dengan spesifikasi yang lebih canggih tapi harganya pun relatif mahal. Maka dari itu, Oppo merilis smartphone Oppo A37 dengan harapan mampu meramaikan pasar dengan spesifikasi yang cukup dan harga relatif murah.

Hal ini sengaja dilakukan Oppo untuk bisa mencangkup berbagai segmen berkat body dan spesifikasi Oppo A37 yang tergolong lumayan ditunjang dengan harga yang murah. Oppo pun yakin, Oppo A37 ini juga tampaknya bakal menjadi penantang besar di pasar gadget ini karena Oppo sendiri sudah memilki brand yang baik di mata masyarakat.

Gambar : gsmarena

Memiliki layar 5 Inc Dan Desain Premium

Pembahasan yang pertama, sengaja saya mulai dari sektor tampilan terluar dari spesifikasi Oppo A37. Dimulai dari pendahulunya, Oppo selama ini lebih condong menggunakan desain simpel, elegan dan yang paling penting adalah mempunyai kesan ‘premium’. Meski smartphone ini dibanderol dengan harga yang relatif murah, namun Oppo A37 ini justru dibekali desain yang apik berkat kontruksi unibodi yang dikombinasikan dengan balutan aluminium alloy (metal) ditambah lagi dengan varian pilihan warna gold dan rose gold.

Baca juga : OnePlus 5 > Smartphone Harga Terjangkau Dengan Spesifikasi Impian Untuk Para Gamers

Di sisi dimensinya, Oppo A37 memiliki panjang 143.1 mm, lebar 71 mm, dan ketebalan 7.7. Yang membuat betah menggenggam smartphone ini adalah beratnya yang ringan yaitu 140 gram sehingga terasa nyaman ketika digenggam maupun di bawa kemana-mana.

Disektor layar, Oppo A37 telah membekali layar IPS LCD dengan ukuran 5.0 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel yang memiliki kerapatan hingga 294 ppi. Tidak ketinggalan  dengan melapisi layar dengan Corning Gorilla Glass 4  yang mampu melindungi dari goresan dan juga telah dipadu dengan kaca lengkung 2.5D untuk menambah kesan layar jernih dan HD. Yang sangat disayangakan adalah Oppo A37 ini masih belum di lengkapi Fingerprint (sensor sidik jari).

Secara penampilan, anda tidak akan malu untuk menggenggam Oppo A37 ini ditangan anda 🙂

Gambar : wow.lk

Performa Tangguh dan RAM 2 GB Disertai Kapasitas Internal 16 GB

Setelah selesai membahas tampilan fisik luar Oppo A37, maka akan dilanjutkan ke sektor utamanya yaitu dapur pacu.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, memang smartphone ini kelas menengah ke bawah namun soal performa jangan di remehkan karena Oppo A37 ini sudah di bekali Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan berkolaborasi dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz  ARM Cortex-A53.

Dapat dipastikan dengan Chipset dan Prosesor tersebut mampu diklaim untuk menjalankan games dan sosmed dengan lancar karena berkat dukungan RAM berkapasitas 2GB. Oppo A37 juga mendukung jalannya aktivitas multitasking yang lancar dan di padukan dengan kapasitas internal 16GB yang mampu untuk menginstal aplikasi yang banyak.  Oppo A37 juga bisa dipasang Micro SD sampai dengan kapasitas 256GB.

Baca juga : Tips Foto Produk Dengan Handphone Untuk Jualan Di Instagram Oleh @Ariana_Arriana

Dari segi grafis, Oppo A37 mengandalkan GPU Adreno 306 yang terkenal dengan hemat daya. Menuju ke software, tak lupa Oppo telah mengusung  sistem operasi Android v5.1 Lollipop dan juga UI ColorOs 3.0 yang kinerjanya sudah dibilang cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Paduan Kamera 8MP dan 5MP

Gambar : bgr.in

Agak berbeda dengan pendahulunya seperti Oppo F1S yang terkenal dengan Fitur Selfie Expert karena memiliki kamera beresolusi tinggi dan juga mendapat julukan camera phone. Di seri Oppo A37 ini mengusung kamera yang tak begitu tinggi yaitu beresolusi 8 MP. Namun, jangan dianggap remeh karena Oppo A37 ini telah dibekali dengan berbagai fitur menarik dan bisa merekan Video sampai dengan kualitas Full HD [email protected]

Kamera ini sudah ditemani dengan fitur autofocus dan LED flash sehingga bisa digunakan untuk menangkap objek serta bisa digunakan dalam kondisi yang gelap. Buat anda yang suka selfie tenang aja, karena sudah dibekali kamera depan 5 MP dengan aperture f/2.4 yang mampu membantu selfie anda lebih menawan dan bisa buat Video Call.

Berbagai fitur pendukung kamera utama dan depan  seperti touch focus, geo-tagging, face detection,panorama, dll. Belum lagi ditunjang dengan 1/3.2” sensor size dan 1.4 µm pixel size yang membuat jepretan anda semakin bokeh.

Dual SIM 4G LTE dan Konektivitas Lengkap

Gambar : gsmarena.com

Oppo A37 ini memiliki 2 slot SIM yang telah didukung dengan jaringan 4G LTE yang mampu mengunduh dengan kecepatan 150 Mbps dan unggah data dengan kecepatan Up to 50 Mbps. Namun tak usah khawatir jika di tempat anda belum mendukung 4G LTE, telah tersematkan jaringan alternatif seperti GSM dan HSPA. Untuk konektivitas jarak dekat, Oppo A37 menyediakan jaringan Nirkabel Wi-Fi 802.11 dan hotspot. Konektivitas tambahan lainnya adalah Bluetooth v4.0, A2DP,  microUSB v2.0 dan yang tidak paling utama adalah support A-GPS.

Kapasitas Baterai 2.630 mAH

Segmen terakhir yang kita bahas adalah kapasitas baterai. Untuk memenuhi kebutuhan daya komponen sehari-hari, Oppo A37 dibekali baterai Lithium Ion yang memiliki kapasitas 2.630 mAh non-removable. Kapasitas baterai tersebut mampu digunakan untuk kebutuhan seharian seperti chatting, memutar musik dan video, dll.

Harga Oppo A37

Setelah membahas panjang lebar smartphone ini, sudah saatnya kita akan membahas harga Oppo A37 ini. Dilihat dari spesifikasi yang tergolong sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan memberikan performa yang lumayan baik di kelas menengah kebawah. Untuk mendapatkan smartphone Oppo A37 ini, anda harus merogoh kocek sebesar 1.7 Juta – 2 Juta. Dengan spesifikasi tersebut  saya rasa harganya sudah wajar.

Kelebihan Oppo A37

  • Support Dual SIM dan 4G LTE
  • Desain Premium danBodi metal
  • Layar 5.0 inci dilengkapi IPS LCD
  • Proteksi layer Corning Gorilla Glass 4 & 2.5D Curved Glass
  • OS Android v5.1 Lollipop dan ColorOS 3.0
  • Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • Prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • RAM 2 GB serta Internal 16 GB
  • GPU Adreno 306
  • Support MicroSD up to 256 GB
  • Dual kamera 8 MP dan 5 MP
  • Daya baterai 2.630 mAH

Kekurangan Oppo A37

  • Kamera depan tidak ada LED Flash
  • Tidak ada fingerprint sensor
  • Baterai Non Removable atau tak bisa dilepas
  • Belum dilengkapi fast charging

Saya sendiri suka dengan Oppo A37 ini, karena desainnya pun elegan, kamera lumayan bagus, enak digenggam dan tentunya baterai yang tergolong awet. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

NameOppo A37
RilisJuni 2016
jaringan4G, 3G/HSPA, 2G
Dimensi143.1 x 71 x 7.7 mm
Berat136 gr
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~67.8% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Perlindungan
Corning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ChipsetQualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
RAM2 GB
Card slotup to 256 GB
Kamera Belakang8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
Fitur1/3.2
Video[email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.4, 1/4
Jenis AlertVibration; MP3, WAV ringtones
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSA-GPS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
SensorAccelerometer, proximity, compass
PesanSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML5
Daya Baterai2630 mAh Non-removable Li-Ion
Harga1,7 juta - 2 juta

 

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: ,

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

Leave A Response