voluum logo

Tracking Software adalah perangkat wajib bagi seorang Affiliate Marketer. Ibarat perang, tracker adalah pasukan intel yang dikirim ke medan perang agar memperoleh data-data intelejen yang akurat guna mempersiapkan serangan, semakin akurat dan detail data yang diperoleh maka semakin besar kemungkinan serangan-serangan yang dilancarkan akan meraih kemenangan dalam peperangan. Dan keterampilan menggunakan serta memanfaatkan tracking adalah hal wajib yang harus dimiliki dan dipelajari oleh seorang affiliate marketer. Sangat mustahil rasanya seseorang bisa sukses di dunia affiliate dan mencapai level seorang Super Affiliate tanpa memiliki keterampilan ini.

Hampir 2 tahun lebih lamanya saya meninggalkan dunia Affiliate Marketing, dan ketika bersemangat kembali memasuki dunia ini ahir Juli 2014, seorang sahabat saya mereferensikan Voluum sebagai Tracking Tools. Kesan pertama saya ketika pertama kali mencoba Voluum ini adalah WOW! Amazing!

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia Affiliate Marketing, saya telah mencoba banyak Tracking Software seperti: CPVLab, Prosper202, LinkTrackr, iMobiTrack dsb, tapi belum pernah saya terpesona seperti ketika melihat yang satu ini. Begitu lengkap fiturnya, detil capture datanya (terutama untuk mobile), dan yang paling saya suka adalah: Voluum bukan Tracking yang “selfhosted” artinya saya tidak direpotkan lagi oleh urusan sewa dedicated server, setting server dsb, yang sering kali ini sangat merepotkan dan mengganggu fokus kita. Apalagi melihat kenyataan bahwa platform Voluum sudah base on Cloud System, jadi performance tracking ini akan kurang lebih sama walaupun diakses dari berbagai penjuru dunia.

Berikut ini beberapa fitur dari Voluum…

Interface

voluum1

Dashboard yang tersedia sangat user-friendly, mudah digunakan dan lengkap. Semua informasi yang dibutuhkan tersaji lengkap, ada pilihan menu Drill-Down sehingga penyajian dan analisa data menjadi lebih mudah dan lebih informatif. Report juga sangat lengkap, cukup detail sehingga memudahkan anda untuk melakukan analisa.

Realtime Statistic

Semua data dan laporan yang ada diperbaharui secara realtime, mempermudah keputusan-keputusan anda dalam melakukan optimasi.

Platform & Database

Ini salah satu yang saya sukai dari Voluum, dibangun bukan menggunakan basis data MySQL. Berdasarkan pengalaman saya, tracking yang berbasis MySQL ada sedikit kelemahan, ketika jumlah click sudah melebihi 1 juta click, maka kinerja dari tracking menjadi jauh berkurang, seringkali kita harus melakukan reset terhadap database. 1 juta click untuk seorang affiliate yang biasa-biasa saja mungkin bisa tercapai hanya dalam hitungan minggu, kalau super affiliate mungkin hanya sehari saja.

Platform yang dipergunakan juga menarik, kombinasi html + javascript di front-end, memungkinkan tracking ini bekerja lebih cepat dan sangat cocok untuk tracking di Mobile. Seperti kita ketahui untuk Mobile Campaign kecepatan adalah segalanya, dan tracking berbasis PHP cukup menimbulkan masalah pada mobile campaign.

Web & Mobile Tracking

Saat ini dunia Affiliate Marketing terbagi menjadi dua golongan besar Campaign, yang berbasis Web/Desktop dan yang berbasis Mobile baik itu Mobile Web maupun Mobile Apps. Voluum sangat mendukung untuk kedua jenis Campaign ini, anda tidak perlu menggunakan dua jenis Tracking Software yang berbeda untuk kedua jenis Campaign, cukup gunakan satu Voluum saja untuk keduanya.

voluum2Cloud Hosting

Fitur ini juga yang membuat saya sangat jatuh cinta pada Tracking ini. Anda tidak perlu repot-repot sewa Dedicated Server untuk Voluum. Kebanyakan Tracking Software yang bagus, menuntut anda untuk memiliki dedicated server sendiri. Tracking Software tersebut akan di Install dan running pada dedicated server Anda. Ini cukup merepotkan, karena terus terang saja pengetahuan teknis saya sangat minim. Dan biasanya juga, requirement Server untuk Tracking Software itu sangat tinggi, anda tidak bisa menggunakan sembarangan hosting. Kalau soal biaya mungkin menjadi relatif, tapi urusan pernak-pernik dalam memelihara performance server dan tracking pada server itu sering kali bikin jengkel dan menyita sebagian fokus kita.

Voluum melepaskan anda dari beban ini. Anda tinggal gunakan dan fokus pada Campaign. Selain daripada itu, Hosting Voluum sudah menggunakan Cloud Based System, dengan demikian Campaign menjadi cepat di akses dari belahan dunia manapun, dan Cloud Based System ini mengurangi resiko Server Voluum Down sampai hampir 0%.

Advanced Split & A/B Test

Melakukan Split Test maupun A/B Test di Voluum sungguh merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan sekali. Anda tidak hanya bisa melakukan test terhadap banyak Lander (LP Anda) ke banyak LP Offer sekaligus, namun juga anda bisa melakukan test untuk beberapa konfigurasi Multi-Lander ke Multi-LP Offer sekaligus dalam satu Campaign.

A. Multi Lander -> Multi LP Offer

B. (Multi Lander -> Multi LP Offer) (Multi Lander -> Multi LP Offer) (Multi Lander -> Multi LP Offer)

voluum3

Ada lagi satu fitur yang menurut saya luar biasa, Anda bisa membuat RULES pada Campaign berdasarkan Country, Carrier, Device, dsb, ini yang jarang saya temukan pada Tracking lain. Jadi Anda tidak membutuhkan lagi mis GEO-IP pada Landing Page Anda untuk membelokkan IP dari negara tertentu untuk tujuan tertentu.

Pada Voluum, problem seperti misalnya: Traffic dari Desktop/Computer harus dilarikan ke LP A dan Traffic dari Mobile harus dilarikan ke LP B atau Traffic dari negara A harus dilarikan ke LP A dan Traffic dari negara B harus dilarikan ke LP B, dst itu menjadi sangat mudah dilakukan pada Voluum. Fitur ini tersedia pada setting Campaign. Two Thumb untuk Voluum!!

Pricing

voluum5

Nah ini kabar buruknya, walaupun pada tabel harganya Voluum terlihat lebih murah dari yang lain, tapi kenyataannya Voluum adalah Tracking paling mahal terutama mereka yang telah memanfaatkan Voluum secara maksimal. Setiap Click pada Voluum dihitung sebagai EVENT, jadi EVENT = Visit + Clicks + Conversion.

Saya berlangganan yang PRO – $99, hanya dalam hitungan kurang dari 10 hari sudah habis wkwkwkwkw… Cukup mahal, tapi setelah dihitung-hitung terutama dengan manfaatnya yang bisa saya peroleh, untuk sementara Voluum ini masih tetap saya pergunakan, biayanya masih bisa tertutupi.

Untuk para Affiliate Marketer yang trafficnya masih sekitar 10-50rb/day menurut saya Voluum masih lebih murah dari yang lain, tapi kalau traffic Anda sudah mencapai lebih dari 100rb/day memang agak menyengat harganya…

Namun demikian semua bisa dihitung, artinya juga kita harus betul-betul memanfaatkan Tracking ini secara optimal, sehingga keuntungan yang kita peroleh juga masih tetap bagus, sambil menunggu ada Tracking lain yang sama bagusnya tapi lebih murah. Affiliate Marketing itu bisnis koq, Revenue – Cost = Profit

Demikian sekilas tentang Voluum, di kesempatan berikutnya saya akan bahas bagaimana setting awal di Voluum, bagaimana setting Voluum untuk berbagai kebutuhan dan sebagainya. Mudah-mudahan ada waktunya dan lagi pengen nulisnya, sambil cari-cari Tracking lain yang sama powerful-nya tapi lebih murah biaya-nya…

voluum4

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , , , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Indonesia's internet marketing guru, who's now focusing on affiliate marketing. Famous with KebunEmas.com, his tremendous works have inspired most of Indonesian who works online.

3 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. ilman November 6, 2015 at 10:28 AM - Reply

    ada video previewnya gak bang

  2. alhakam April 11, 2016 at 5:00 PM - Reply

    bang.. minta review nya adsbridge

  3. vintage December 5, 2016 at 10:38 PM - Reply

    the pointed point “Revenue – Cost = Profit”
    thanks

Leave A Response