Facebook banyak melakukan updates selama beberapa minggu terakhir ini. Salah satunya adalah dengan optimalisasi pengguna aplikasi facebook dengan menggunakan instant articles. Cara membuat instant articles ini sangat mudah.

Buat saya, instant artikel adalah strategi Facebook agar penggunanya tetap berada di facebook selama mungkin. Sayangnya instant articles hanya bisa dipake di smartphone yang memakai aplikasi Facebook.

Cara kerjanya begini : Selama ini kita meng-klik tautan web yang di share di Facebook, maka kita akan keluar dari Facebook dan menuju ke web tersebut (dengan web browser), sekarang tidak lagi. Dengan instant articles, tautan web akan tetap bisa dilihat di dalam platform Facebook. Ini membuat tautan dapat dilihat 10x lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas.

Instant articles hanya bisa dibaca via smartphone. instant artikel adalah strategi Facebook agar penggunanya tetap berada di Facebook selama mungkin.

Gambar : Brokencoils

Setelah dalam masa beta sekian lama, akhirnya melalui instant articles, publisher dapat mendapatkan sejumlah uang dari iklan. Prinsipnya hampir sama dengan Google Adsense, hanya perbedaannya adalah : disini kita tidak perlu berpikir keywords dan SEO. Selama satu artikel banyak yang baca, karena banyak yang share misalnya, maka kemungkinan publisher mendapatkan uang menjadi lebih banyak.

Instant articles juga akan sangat menguntungkan bagi anda yang mempunyai fanpage dengan likers yang banyak atau grup dengan member yang banyak. Traffic bisa didorong dari sana untuk melihat artikel.

Baca juga1200+ Inspirasi Dasyat AdCopy Facebook Ads Yang Bisa Dipakai Langsung Saat Ini Juga

Untuk mengetahui cara membuat instant articles ini, blog anda (untuk saat ini) harus mempunyai platform WordPress. Ini panduannya cara setting dengan plugin WordPress.

> DAFTAR

1. Daftar instant articles di sini : https://instantarticles.fb.com kemudian pilih fanpage atau anda bisa langsung masuk ke fanpage yang akan anda jadikan basis untuk instant articles.

2. Klik menu Publishing Tools di bagian tengah kemudian masuk ke Menu Instant Articles di bagian kiri bawah halaman. Klik Configuration kemudian pilih Connect Your Site.

cara membuat instant artikel

Gambar : bixbux

> META TAG & CLAIM URL

4. Facebook akan men-generate <Meta Tag> (yang warna hitam) yang harus anda masukkan di bawah <head> di website anda (silakan langsung masukkan saja ke website/blog anda).

5. Simpan nomor WordPress plugin users yang ada dibawah <Meta Tag> (di plugin ini namanya : Facebook Page ID) yang merupakan angka-angka harus dimasukkan ke Plugin nantinya.

6. Klik Claim URL!

cara membuat instant artikel

Gambar : bixbux

> STYLE

7. Anda bisa memilih berbagai macam style di dalam artikel yang akan di publish di instant articles. Masuk lagi ke menu Instant Articles, kemudian ke Configuration dan klik Style.

8. Klik di tulisan ‘default’ kemudian silakan masukkan logo dan pilih style artikel yang anda mau. Di sebelah kanan juga terdapat preview dari style yang anda pilih.

cara membuat instant articles

Gambar : bixbux

> INSTALL PLUGIN

9. Masuk ke blog WordPress anda, install Plugin Instant Articles For WP. Setelah terinstall dengan baik, masukkan kode dr Instant Articles Fanpage ID di kolom Facebook Page ID.

cara membuat instant articles

Gambar : blogsupporter

cara membuat instant articles

Gambar : bixbux

10. Kemudian di bagian bawah, pada menu Publishing Settings, centang pada kolom : Publish articles containing warnings. Ini penting, agar artikel yang tidak sesuai layout (by default) akan tetap bisa ter-publish dengan baik.

11. Instant articles hanya akan men-detect semua artikel yang ditulis setelahnya. Jadi apabila blog anda sudah mempunyai banyak artikel anda harus memasukkan artikel yang ditulis sebelumnya secara manual. Canya dengan klik Toogle Debug Information yang ada di plugin anda. Kemudian copy paste ‘transfomed markup’-nya ke dalam instant articles.

> PRODUCTION ARTICLES

12. Kalau anda memilih untuk manual, masukkan copy Transformed Markup tadi kemudian balik lagi ke instant articles di fanpage, pilih Production Articles kemudian klik +Create yang ada di kanan atas. Tetapi kalau blog anda sudah terisi banyak artikel, pegel juga kalo manual dipindahin satu-satu.

Baca juga : Tips Memilih Gambar Untuk Mendapatkan CTR Tinggi di Facebook Ads

13. Nanti setelah semua terpasang dengan baik, anda bisa klik Update di setiap dashpoard artikel blog anda, maka otomtis artikel tersebut akan masuk ke instant articles.

cara membuat instant articles

Gambar : bixbux

> AUDIENCE NETWORK DAN PEMBAYARAN

14. Nah kalo sudah sekarng tinggal setting Audience Network dan pembayaran. Masuk ke Instant Articles di fanpage kemudian ke Configuration dan klik Audience Network, klik lagi Your Dashboard yang ada di bawahnya.

cara membuat instant articles

Gambar : bixbux

15. Kemudian masuk ke ke menu PRODUCTS dan Audience Network, pilih menu Placement. Klik tombol Create Ad Placement yang ada di menu tersebut. Setelah muncul Placement ID kemudia copy-kan ID tersebut ke dalam plugin WordPress di bagian Ads, Audience Network Placement ID. Jangan lupa set juga Ad Type ke Facebook Audience Network kemudian pilih Ad Dimensions ke Large (300×250).

cara membuat instant articles

Gambar : bixbux

16. Balik lagi ke Dashboard di Audience Network, pilih Payout di sebelah kiri kemudian klik Create/ Select Payout. Pilih Full Create kemudian isi semua data yang diminta oleh Facebook.

cara membuat instant articles

Gambar : bixbux

> ARTICLES FEED

17. Terakhir anda harus setup feeds-nya. Kemudian anda masuk ke Configuration kembali, klik Production RSS Feed. Masukkan RSS feed blog anda dengan format : http://namadomain/feed/instant-articles kemudian klik save.

> REVIEW

18. Setelah ini, artikel anda akan di review oleh Facebook. Biasanya berlangsung selama 3-5 hari.

19. DONE! Selamat mencoba.

PS : Artikel ini adalah hasil ngobrol dan praktek langsung saya dengan salah satu santri jomblo yang rajin ngaji dari Jogja. Saya gak usah sebut namanya tetapi bagi yang ingin mengenal lebih jauh yang ngajarin saya, silakan klik disini : Mufid  (ini sebut nama yak hahahaha). Dengan sabar dia meng-instant articles-kan Bixbux. Saya hanya men-summary-kan saja. Thks Mufid!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock ‘n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

18 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. dedi surawan September 15, 2017 at 8:50 AM - Reply

    admin,mau bertanya. Ketika pengisian Info Pembayaran. ID pajak dan jenis ID pajak itu di isi dengan apa ya? minta tlong mas

  2. Nasrudin September 16, 2017 at 2:36 PM - Reply

    Yah, ada NPWP segala. 🙁 Kalau nggak ada berarti nggak bisa dong om?

  3. pindar September 19, 2017 at 2:47 PM - Reply

    Saya kok masih kesulitan nyari tulisan yang Toogle Debug Information, apa ada settingan yang saya lewatkan ya, hehe

    • Wientor Rah Mada September 19, 2017 at 2:51 PM - Reply

      Ada plugin wp-nya. Bawah artikel.

      • pindar September 19, 2017 at 3:50 PM - Reply

        Siap .. trimakasih infonya mas. Sudah ketemu sekarang, siap action 🙂

  4. link key September 19, 2017 at 9:54 PM - Reply

    mas, pluginnya berbayar yah?…biasanya kan free

  5. Ricky Rachmanto September 25, 2017 at 10:53 AM - Reply

    Bisa jadi alternatif Google Adsense nih.

    Apakah dari setiap artikel yg dimaksud harus direview dan disetujui ? atau hanya nunggu 1 situs kita disetujui dan mulai mendapatkan iklan dari FBIA ini ?

    • Wientor Rah Mada September 26, 2017 at 4:13 AM - Reply

      Hanya 5 artikel terlebih dahulu yg akan direview, kalau disetujui selebihnya sudah secara otomatis langsung jd instant articles

  6. Lensa Nasrul September 27, 2017 at 9:27 PM - Reply

    Ternyta feed link nya begitu, oke mau di coba di review lagi semoga di terima, capek dr kmrin otak atik artikel produksi gk jadi jadi…

  7. Rush October 14, 2017 at 6:23 PM - Reply

    Sayangnya, instant article hanya menerima blog dengan platform wordpress..

  8. Aizs WHite November 8, 2017 at 12:09 PM - Reply

    om, mw tanya ane kok pilihan negaranya ga ada indonesia nya yah. cm ada maerika, australia, inggris, kanada, sm argentina?

  9. Udin November 11, 2017 at 10:44 AM - Reply

    Saya udah lakukan semua tutorial di atas. artikel instan dan audience network saya juga sudah disetujui…

    Di aplikasi halaman facebook saya dalam Artikel produksi juga sudah ada artikel instannya secara otomatis…

    Tapi kenapa ketika artikel instan saya share kok gak muncul sebagai artikel instan ya? Tetap seperti sebelumnya, yakni diarahkan ke website saya…

    Gimana solusinya mas?

    Terima kasih

    • Wientor Rah Mada November 12, 2017 at 11:34 PM - Reply

      kalo artikel lama harus dipencet ‘update’ lagi di setiap artikel yang ingin dimunculkan di instant articles

Leave A Response