Cara Menghapus Grup WA Di WhatsApp Web Dan Android

Apakah Anda memiliki segudang grup chat di WhatsApp? Dan Anda berkeinginan untuk menghapus grup tersebut dikarenakan kebanyakan percakapan yang dilakukan adalah unfaedah?

Anda akan terhapus (ter remove) dari grup jika Anda “keluar” dari grup tersebut. Dengan meninggalkan grup, Anda akan terhapus dari grup secara otomatis. Akan tetapi, masih memungkinkan Anda untuk melihat kembali history chat grup tersebut.

Namun, jika Anda adalah admin dari pada grup tersebut, maka ketika Anda hendak meninggalkan grup, Anda harus memilih salah satu dari peserta untuk menggantikan posisi sebagai admin grup Anda. Untuk keluar/ meninggalkan grup chat. Berikut ini langkah-langkah/ cara menghapus grup WA adalah sebagai berikut;

1) Silahkan buka grup WhatsApp yang ingin Anda tinggalkan. Disini saya menggunakan WhatsApp Web, kalian bisa mengakses WhatsApp versi Web seperti ini di https://web.whatsapp.com/ atau klik pengaturan atau ikon (…) lalu pilih WhatsApp Web). Lakukan scan barcode terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan akses masuk.

2) Klik pilihan tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu klik tulisan “Exit Grup” atau “Keluar dari Grup” jika Anda menggunakan pengaturan Bahasa Indonesia.

Cara menghapus grup wa
3) Jika muncul pop up seperti dibawah ini, klik “Exit” atau “Keluar”

Stel by step keluar grup wa

4) Pemberitahuan yang akan muncul di grup member lain bahwa Anda meninggalkan/ keluar dari grup chat, seperti gambar dibawah ini

Cara mudah keluar grup di wa
5) Meski Anda telah keluar, namun Anda masih bisa melihat history chat grup chat tersebut.

Setelah Anda berhasil keluar dari grup, maka Anda akan memiliki list/ daftar grup yang tidak berguna. Mengapa dikatakan tidak berguna? Karena Anda tidak akan bisa mengirim pesan di grup tersebut, dan Anda juga tidak bisa mendapatkan update informasi tentang grup tersebut, jadi grup tersebut seperti sampah, tidak begitu berguna. Maka solusi yang harus Anda lakukan adalah menghapus grup tersebut.

Berikut ini cara menghapus grub di WA yang bisa Anda lakukan:

1) Ketuk tombol titik tiga yang ada di pojok kanan atas
2) Lalu pilih “Delete Grup”

Cara mudah menghapus grup wa
3) Jika muncul pop up yang menanyakan apakah Anda ingin menghapus grup, maka klik “hapus” atau “Delete saja”

Hapus grup di wa
4) Walla, dan Anda telah menghapus grub tidak berguna Anda

Cara menghapus chat di grup WA

Semenjak hadirnya fitur “hapus pesan terkirim”, maka kita juga bisa melakukan hal yang sama di grup WhatsApp, dengan tujuan agar semua orang tidak bisa membaca pesan tersebut lagi.Anda bisa melakukan hal tersebut untuk satu atau lebih chat.

Baca juga: Fitur Keren & Terbaru WhatsApp yang Harus Anda Tahu

Berikut ini cara menghapus chat di grup WA yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Menghapus satu chat

1) Semisal Anda tidak menghendaki adanya chat grup yang singkat, maka Anda bisa menghapus chat tersebut. Saya menggunakan versi web, jadi tampilannya seperti ini. Klik tombol arah kebwah pada chat yang ingin Anda hapus, lalu klik”Delete Message”Cara hapus grup

2) Karena tidak semua anggota grub menghendaki hal yang sama seperti Anda, maka tidak semua ingin menghapus chat tersebut. Jadi, terhapusnya chat tersebut hanya berlaku untuk Anda.


3) Jika Anda menggunakan android, maka di tab Chat, klik dan tahan chat yang ingin Anda hapus.

4) Ketuk simbol tempat sampah untuk menghapus chat.

  • Menghapus beberapa chat

1) Lakukan seleksi terhadap chat yang ingin dihapus, klik pojok kanan atas, lalu pilih “Select Message”

2) Seleksi/ pilih pesan yang ingin dihapus. Jika sudah terseleksi, klik tombol tempat sampah untuk menghapus chat.

3) Saya ingatkan sekali lagi, karena tidak semua anggota grup menghendaki hal serupa, maka terhapusnya chat hanya berlaku untuk Anda

  • Menghapus chat sekaligus

Jika Anda tidak ada waktu untuk melakukan seleksi chat, dan Anda merasa isi percakapan tidak banyak hal penting, maka Anda bisa menggunakan pilihan untuk menghapus chat secara sekaligus, tutorialnya berikut ini;

1) Seperti biasa, menu pilihan berada di pojok kanan atas, klik dan pilih “Clear Messages”

2) Silahkan centang “Keep Starred messages” jika Anda telah menAndai pesan-pesan penting. Jika sudah, klik “Clear”

Seperti yang kita tahu, WhatsApp adalah aplikasi serba bisa yang bisa memudahkan jalan komunikasi kita di keseharian. Mulai dari bertukar pesan, kirim gambar, panggilan video, mengirim lokasi terkini, melakukan update life report, bahkan juga bisa mengirimkan suara. Meski begitu, terkadang kita juga ceroboh ketika hendak mengirimkan apapun ke rekan kita. Untuk mengurasi kesan ceroboh, WhatsApp menghadirkan fitur tarik pesan/ menghapus pesan yang sudah terkirim. Berikut ini cara menghapus pesan di grup WA yang bisa Anda jadikan referensi;

1) Tap/ klik pesan yang salah kirim di grup tersebut, lalu pilih “Delete Message”

2) Berbeda dengan tutoial sebeumnya, kali ini tujuan dihapusnya pesan di grup adalah agar anggota tidak melihatnya, lantaran kita melakukan kesalahan pada saat mengirimkan gambar. Untuk itu, kita bisa menghapus gambar yang sudah terkirim tersebut, agar para anggota grup tidak melihatnya. Maka dari itu pilih opsi “Delete for Everyone”

3) Maka yang akan ditampilkan di WhatsApp anggota grup adalah keterangan bahwasannya Anda telah menghapus kiriman Anda. Setelah melakukan cara ini, maka gambar akan hilang dari grup WhatsApp maupun galery anggota grup. Dan gambar ataupun pesan lainnya hanya bisa di delete/ hapus oleh si pengirim pesan tersebut. Bahkan admin grup pun tidak bisa melakukannya.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri dengan Mudah

Cara menghapus grup WA tanpa keluar dari grup

Grup WA (WhatsApp) yang kerap kali ramai dengan obrolan bisa sangat mengganggu. Selain datangnya notifikasi yang bertubu-tubi, cukup mampu membuat kinerja smartphone menjadi lambat.

Pernah punya keinginan keluar tapi takut ketahuan dan ngerasa gak enak sama member yang lain?

Jika di pembahasan pertama kita sudah membahas cara left/ keluar grup dan menghapus grup, maka pembahasan kali ini juga masih seputar tentang keluar grup dan menghapus grup. Akan tetapi, kali ini agak sedikit spesial, karena kita akan membahas tentang cara left grup tanpa ketahuan oleh anggota grup yang lain.

Terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan guna meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui orang lain. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut ini ya;

  • Cara pertama, Mengganti nomor WhatsApp

1) Klik icon titik 3 di pojok kanan atas, kemudian pilih setting (pengaturan)

2) Setelah masuk di halaman profile, pilih “Account”, setelah itu pilih “Change Number”

3) Masukkan nomor WhatsApp lama dan yang baru, pastikan kedua nomor masih dalam keadaan aktif ya. Kalau sudah selesai, klik “Done”. Selesai deh. WhatsApp Anda telah berganti nomor, dan benar-benar dalam keadaan fresh dan baru.

  • Cara Kedua, Clear Data WhatsApp

Lakukan pencadangan pesan terlebih dahulu jika tidak ingin kehilangan data-data dpercakapan penting. Jika sudah, buka pengaturan telepon, dan temukan menu “Aplikasi”. Kemudian cari aplikasi WhatsApp, kemudian pilih “hapus chace” atau “clear data”. Setelah melakukan cara ini, maka data yang ada di WhatsApp akan hilang (bersih), kecuali jika kita sudah mencadangkan pesan sebelumnya (sebelum proses ganti nomor/ hapus chace). Jika sebelumnya telah melakukan pencadangan chat, maka chat bisa dipulihkan kembali.

Ketika kalian masuk ke dalam aplikasi WhatsApp, semua chat akan kembali lagi (karena telah dilakukan pemulihan chat). Tidak ada yang berubah kecuali nama grup chat Anda. Grup chat Anda akan berubah nama menjadi “Subyek tidak dikenal”. Dengan begitu, di Grup WhatsApp ada pemberitahuan bahwa kamu melakukan penggantian nomor, tetapi tidak dengan pemberitahuan Left dari grup, padahal fakta sebenarnya adalah Anda telah left/ keluar dari grup tanda ada yang menyadari hal tersebut.

  • Cara Ketiga, mengeluarkan anggota grup

Untuk cara ketiga ini hanya bisa dilakukan jika Anda adalah admin dari sebuah grup. Anda bisa menghapus grub tanpa harus keluar dari grup chat. Namun sebagai gantinya, Anda harus mengelarkan anggota grup chat yang lain. Karena anggota tidak akan mampu menghapus grup, karena hanya adminlah yang memiliki akses tersebut.

Setelah mengeluarkan seluruh anggota grup, Anda hanya perlu menghapus grup tersebut. Menghapus grup chat hanya bisa dilakukan jika semua peserta sudah di remove/ dikeluarkan, jika belum maka proses menghapus grup tidak bisa dilakukan.

Nah itu dia ulasan mengenai cara menghapus grup WA dari kami. Sekarang kalian sudah bisa terlepas dari obrolan grup yang unfaedah, sarang hoax, maupun wacana yang tak kunjung terwujud.

Walaupun begitu, kami sarankan alangkah baiknya jika Anda adalah anggota yang hendak meninggalkan grup berpamitan terlebih dahulu kepada admin grup. Sebaliknya juga admin grup yang hendak menghapus grup, baiknya mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada seluruh anggota grup. Agar sama-sama jelas, dan tidak ada yang merasa dirugikan.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *