Strategi Ekspansi Kopi Janji Jiwa yang Menarik Diulik

Gambar Kopi Janji Jiwa
Gambar: Traveloka

Menjamurnya kedai kopi di beberapa wilayah di Indonesia, dapat mengindikasikan bahwa keberadaan kopi di Indonesia saat ini tengah populer. Banyak kedai kopi yang berlomba-lomba menawarkan cita rasa kopi khas Indonesia. Semakin meningkatnya industri kopi, hal ini membuat kopi menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian besar orang-orang saat ini. Salah satu kedai kopi yang tengah populer di para pecinta kopi adalah Kopi Janji Jiwa.

Sejarah Kopi Janji Jiwa

Janji Jiwa adalah kedai kopi asli Indonesia milik PT. Luna Boga Narayan yang didirikan pertama kali oleh Billy Kurniawan selaku Business Owner di ITC Kuningan pada tahun 2018. 

Sebelumnya, PT. Luna Boga Narayan telah sukses membangun brand bisnis minuman Think Thai Tea dan Go Mango yang merupakan minuman khas Thailand yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai wilayah sejak tahun 2017.

Brand Manager PT. Luna Boga Narayan, Michael, mengatakan bahwa nama kedai kopi Janji Jiwa berawal dari pemilik usaha bisnis minuman ini dulunya memiliki passion di bidang kopi. Brand ini dikeluarkan sebagai janji dari hati yang terdalam untuk menyajikan kopi sebagai salah satu passion-nya.

Kedai Kopi Janji Jiwa menyajikan berbagai pilihan kopi lokal Indonesia dengan harga terjangkau yang mengadopsi konsep fresh-to-cup. 

Terkenal dengan sistem ‘grab and go’, Kopi Janji Jiwa berencana akan menyediakan tempat nongkrong untuk para pecinta kopi dengan harapan ingin memberikan nilai tambah untuk para pelanggannya. Selama ini memang Kopi Janji Jiwa lebih banyak mempunyai gerai kecil dengan beberapa tempat duduk saja, bahkan ada yang berupa gerai penjualan saja.

Beberapa gelas kopi janji jiwa
Gambar: Folder Bisnis

Kopi Janji Jiwa juga mempunyai banyak varian rasa. Salah satu menu favoritnya adalah es kopi susu (espresso, susu, dan gula aren). Mereka juga menjual es soklat (susu segar dan cokelat), es susu matcha (susu segar dan the matcha), es madu yuzu, hingga varian soy series yang menjadi menu favorit tanpa kopi. 

Pelanggan Kopi Janji Jiwa bisa membeli seluruh minuman yang ada di dalam menu dalam bentuk kopi dispenser, yang mana satu kopi dispenser dapat disajikan untuk satu sampai 15 cangkir kopi.

Orang-orang sedang ingin menikmati janji jiwa
Sumber: Twitter

Strategi Ekspansi Kopi Janji Jiwa

Ada beberapa formula yang dibeberkan oleh Billy Kurniawan dalam meraih kesuksesan kedai Kopi Janji Jiwa di tengah persaingan yang semakin ketat dan di usia bisnisnya yang baru berdiri satu tahun lebih. Berikut adalah beberapa strateginya :

1. Sistem Waralaba atau Franchise

Konsep bisnis dari Kopi Janji Jiwa adalah waralaba atau franchise. Uniknya, hal ini juga membuat Kopi Janji Jiwa tidak melakukan promosi yang terlalu agresif. Sehingga mereka lebih mengandalkan sistem waralaba secara maksimal dengan melakukan penyebaran waralaba ke berbagai pelosok Indonesia secara merata.

2. Kualitas Produk

Untuk menjaga kualitas mutu nya, Kopi Janji Jiwa memakai biji kopi yang dibeli langsung dari petani dan diproses secara teliti. Biji kopi yang dipakai adalah biji kopi robusta yang berasal dari Sumatra. Biji kopi yang digunakan juga dipanggang dengan standar internasional oleh roaster yang berkompeten sehingga menjamin cita rasa yang konsisten saat diminum.

3. Menciptakan Inovasi

Janji Jiwa tidak berhenti menciptakan inovasi pada menu minumannya. Mereka tidak hanya menjual minuman kopi saja, mereka juga menjual varian susu, coklat, hingga matcha.

4. Kepuasan Pelanggan

Kopi Janji Jiwa mengharapkan dapat membawa feedback yang baik dari pelanggan agar dapat selalu memperbaiki dan menerima masukan agar menjadi lebih baik. Hal ini sekaligus dilakukan untuk memperkenalkan bisnis kemitraan yang ada di Kopi Janji Jiwa kepada pelanggan.

5. Membangun Komitmen pada Pelanggan

Untuk meningkatkan daya saing dan keunggulannya, gerai Janji Jiwa membangun komitmen pada pelanggannya untuk menghadirkan minuman yang disajikan berkualitas dan fresh. Hal ini dilakukan dengan cara mengetahui asal usul bahan baku yang digunakan seperti pemilihan biji kopi yang dilakukan sendiri, didapat langsung dari petani kopi hingga proses roasting kopi.

6. Kedekatan dengan Pelanggan

Tim dari Janji Jiwa memiliki istilah ‘teman sejiwa’ untuk menyebut para pelanggannya. Hal ini menguatkan kesan kedekatan dengan para pelanggan sehingga usaha kopi ini makin disukai.

7. Tema dan Imej

Kopi Janji Jiwa menjual produk-produknya dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga membuat brand mereka terkesan lebih merakyat. Konsepnya yang sederhana, namun merasuk ke jiwa. Sesuai dengan tagline nya yang puitis dan filosofis, yaitu Kopi dari Hati.

Gambar seseorang di kedai kopi
Photo by Afta Putta Gunawan from Pexels

Dengan menggunakan konsep bisnis waralaba atau franchise, Kopi Janji Jiwa menawarkan kemitraan bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini sebagai waralaba. Jika Anda tertarik, Anda bisa kunjungi langsung ke gerai Janji Jiwa yang ada di ITC Kuningan, Lantai 4, Jakarta, atau bisa langsung saja kontak melalui https://www.lunarabrands.com/contactus karena tarif waralaba yang ditawarkan bersifat eksklusif.

Meski tergolong baru, kedai kopi Janji Jiwa berhasil berkembang dengan sangat pesat. Hingga saat ini terdapat kurang lebih 500 outlet yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi outletnya sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan rencananya mereka akan membuka gerai di Timika, Papua. Untuk saat ini lokasi outlet paling banyak berada di Jabodetabek. 

Selain outlet franchise nya, Janji Jiwa kini sudah memiliki 20 outlet sebagai head office. Sisanya adalah antusiasme pebisnis lain yang membuka outlet Janji Jiwa sebagai franchise.

Penutup

Itu dia informasi mengenai sejarah hingga strategi ekspansi dari kedai kopi Janji Jiwa. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah informasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

1 Komentar

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *