Memang program promosi ini udah lewat. Tetapi yang dilakukan oleh Booking.com sungguh merupakan hal yang sangat menarik dan tidak mungkin dilewatkan. Secara mengejutkan, Booking.com membuat menantang pengunjungnya untuk tinggal di hotel-hotel yang paling berhantu di Amerika. Edan!

Promosi ini dibuat oleh Booking.com dalam rangka menyambut halloween tahun ini. Dan serta merta promosi ini menjadi perbincangan di seluruh dunia. Keseriusan Booking.com dalam menggarap promo ini dengan mengerjakan iklan di TV, You Tube dan berbagai poster yang memuat mengapa 7 hotel yang ditawarkan penuh dengan hantu. Khusus untuk iklan TV, dipilih Hotel Queen Anne, dimana di kamar 410nya dihantui oleh arwah Miss Mary Lake, kepala sekolah yang tewas di kamar itu. Hotel ini dulunya adalah sekolah.

Kampanye brilian Booking.com ini berhasil menarik niche market yang tidak pernah disangka sebelumnya. Secara tidak langsung, ini juga membuktikan bahwa Booking.com serius memperhatikan aspek psikologis. Ini keunggulan campaign ini :

1. Booking.com jauh lebih mengerti

Pada saat website-website yang menawarkan reservasi hotel yang lain fokus berkampanye tentang bagaimana mereka mempunyai lebih banyak hotel, Booking.com membuktikan bahwa mereka tidak hanya mempunyai hotel (yang bekerja sama) yang banyak, tetapi juga mengerti betul hotel-hotel tersebut. Tingkat pemahaman dan kedalaman yang ditunjukkan sungguh luar biasa. Untuk customer, ini berarti Booking.com dapat memberikan pilihan pengalaman berkunjung yang tidak akan didapat di website lain.

2. Tarik perhatian

Yang dilakukan oleh Booking.com saya yakin bukan untuk menargetkan penjualan. Baiklan, di beberapa hotel berhantu itu akan terjadi peningkatan jumlah tamu. Tetapi saya rasa tidak akan cukup signifikan untuk Booking.com. Campaign ini adalah untuk menarik perhatian. Bukankah semua jenis pemasaran selalu dimulai dengan menarik perhatian? Setelah mendapatkan perhatian dari pasar, apapun bisa dilakukan. Betul begitu?

3. Waktu adalah segalanya

Promosi ini digelar pada saat Halloween.Semua yang berbau hantu akan diliat oleh pasar, terutama di Amerika Serikat sana. Perfect timing!

Yang dilakukan Booking.com adalah menghindari pertempuran dengan website sejenis yang selalu mengklaim lebih unggul. Mencari pasar niche seperti ini akan memudahkan setiap perusahaan untuk menggali income baru di ‘untapped market’. Memang, pasar niche tidak akan pernah sebesar mass market, tetapi apabila digali dalam, duwitnya bisa jadi lebih besar dari yang kita kira. Nah, jadi, beranikan menerima tantangan Booking.com? Kalo berani silakan booking disini.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Garmen Studio November 18, 2016 at 7:37 AM - Reply

    Sangat kreatif atau out the box atau udah ga ada bix-nya kayanya..

    Perlu ditiru strateginya

Leave A Response