Koneksi internet di Indonesia terkenal dengan kelambatannya atau orang biasa kenal dengan “lemot” namun tidak berlaku di Negara berkembang atau Negara maju. Satu berita yang cukup mengejutkan adalah Alcatel-Lucent dan British Telecom (BT) telah berhasil menembus kecepatan interenet tercepat di dunia, yaitu 1,4 terabit per detik (1 terabit per detik = 1.000.000 megabit per detik/Mbps). Wow sangat mengejutkan, karena dengan koneksi secepat itu sangat memungkinkan anda untuk mentransfer “44 film Full HD” dalam waktu hanya satu detik.

fast photo

Alcatel-Lucent dan British Telecom (BT) melakukan percobaan kecepatan internet pada kabel sambungan sepanjang 410 km yang terletak di menara BT di London dan Ipswich memakai kabel fiber optik dan hardware kelas komersial tentunya. Walaupun masih sangat lama saya rasa untuk konsumen dunia bisa merasakannya, namun hasil percobaan tersebut dinilai dunia sebagai sebuah kemajuan teknologi yang luar biasa karena menggambarkan fasilitas teknologi yang tersedia sudah mampu mendukung kecepatan koneksi internet yang jauh lebih mutakhir tanpa memerlukan biaya yang membengkak.

Bersamaan dengan terkenalnya layanan-layanan “pemakan jalur data”, seperti situs streaming film Netflix berimbas kepada data angka permintaan bandwith yang lebih besar terus menanjak hampir sekitar 35% setiap tahunnya, begitulah menurut Alcatel-Lucent. Dari hal tersebut harusnya para penyedia jasa internet (ISP) harus memberikan cara untuk mentransfer data yang lebih efektif.

Setahu saya memang ada cara lain yang bisa memberikan kecepatan internet agar menjadi lebih baik lagi, yaitu dengan teknologi laser. Namun hasil eksperimen Alcatel-Lucent dan BT ini adalah yang pertama sukses mendapat angka luar biasa tersebut dalam “kondisi dunia nyata”. BBC mengklaim hasil eksperimen tersebut sebagai koneksi internet “terngebut” yang pernah ada di dunia hingga saat ini. Kita tunggu saja sampai layanan internet dengan kecepatan super ini masuk Indonesia.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response