Orang yang memiliki mental baja melakukan banyak kebiasaan yang menurutnya perlu untuk pengembangan diri, pengaturan ritme kehidupan, emosi dan cara bersikap jugalah yang membentuk mental kuat. Dibawah ini ada beberapa kebiasaan yang orang bermental kuat tidak lakukan, anda mungkin bisa belajar untuk mendapatkan mental yang kuat disini.

lords-of-the-fallen-coming-to-ios-android_9e65.1920

1. Mereka tidak akan mudah terpuruk dalam keadaan
mereka tidak akan mudah terpuruk dalam keadaan dimana mereka sedang mengalami hal-hal terberat dalam hidupnya. Mereka sadar bahwa jika mereka terus terpojok dengan keadaan, makan hal tersebut akan menurunkan kinerja dan produkivitas mereka.

2. Mereka sangat menjaga emosi mereka agar tidak merugikan orang lain
Orang  bermental kuat akan selalu menjaga emosi dari ucapan-ucapan orang atau kejadian diseklilingnya. Jika emosi terpancing maka itu akan dapat merusak semangat kerja yang berefek kepada kinerja yang akan menurun.

3. Mereka selalu terbuka dengan perubahan baru
Mereka selalu menerima positif dengan perubahan baru yang membawanya ke arah kebaikan. Mereka tidak menutup diri dengan perubahan, jika memang perubahan itu diperlukan mereka akan senang hati ikut dengan perubahan tersebut.

4. Mereka tidak akan mensia-siakan waktu dan energi terhadap hal yang tidak dapat dikontrol
komplain terhadap hal-hal yang berada diluar kendali mereka seperti kemacetan di jalan raya atau terjadinya bencana alam seperti banjir yang nantinya akan menghambat kinerjanya. Mereka hanya fokus pada solusi yang setidaknya akan meringakan efek dari keadaan yang tidak terkontrol tersebut.

5. Mereka akan berpikir untuk tidak menyenangkan semua orang disekelilingnya
Orang yang bermental kuat tidak akan menyenangkan perasaan orang disekelilingnya, jika memang mereka harus berkata jujur namun pahit bagi orang disekelilingnya maka mereka akan mengatakannya. Demi kemajuan bersama maka mereka harus tidak memikirkan perasaan orang yang dikecewakan dan membuktikan apa yang mereka katakana itu benar adanya.

6. Mereka berani mengambil resiko dengan perhitungan yang tepat
Mengambil resiko adalah hal yang harus dilakukan untuk mencpai sebuah tujuan, namun bagaimanakah meminimalisir resiko tersebut. Mereka sudah melakukan sebuah perhitungan dulu dengan segala kemungkinan yang akan terjadi kemungkinan membuat perhitungan dan perencanaan yang tepat guna untuk meminimalisir efek dari mengambil resiko tersebut.

7. Mereka tidak akan meilhat ke ‘belakang’
Orang bermental kuat akan melupakan sisi kelam masa lalunya, semua kesalahan yang terjadi hanya diambil hikmahnya. Terus memandang ke depan, dengan bekal kegagalan masa lalu dan terus berinovasi menjadi yang terbaik.

8. Mereka selalu belajar dari kesalahan dan tidak akan mengulanginya
Orang bermental kuat selalu bertanggunga jawab dalam setiap tindakannya, berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Terus belajar dan jatuh bangun di dalam proses belajar yang penuh dengan kesalahan dan terus mengingat agar tidak terulang.

9. Mereka selalu menjadikan kesukesan orang lain sebagai motivasi
Iri atau sirik terhadap kesuksesan orang lain bukanlah identitas mereka. Mereka akan ikut senang dan merayakan kesuksesan yang orang lain dapatkan. Kemudian mereka akan mempelajari pola kesuksesan orang-orang tersebut untuk diaplikasikannya ke dalam usaha mereka.

10. Mereka selalu mencoba walau sudah gagal sebelumnya
Orang bermental kuat akan terus mencoba walau kegagalan terus menerpanya, mereka selalu menjadikan kegagalan sebagai guru terbaik dan juga berkaca dari kegagalan tersebut. Dari sanalah mereka mendapat pelajaran yang nantinya akan lebih menguatkan mental mereka.

11. Mereka selalu berani untuk maju walau sendiri
Mereka tidak takut untuk melakukan hal-hal yang beresiko sendirian. Ketika orang lain pergi meninggalkannya pun mereka akan terus berjuang sendirian, bergerak maju ke depan demi impian yang mereka sudah kejar dari awal. Mereka akan senang bekerja sendiri jika memang tidak ada yang mau membantunya.

12. Mereka tidak berpikir  dunia berhutang sesuatu pada kehidupan mereka
Mereka lahir ke dunia dengan mental yang berpikir bahwa dunia tidak berhutang apapun pada mereka, mereka akan terus berusaha sendiri dengan segala resikonya menggunakan segala kemampuan dan potensi dari dalam diri mereka sendiri. Dengan kata lain mereka tidak manja dan tidak menyerah begitu saja dengan kehidupan.

13. Mereka sangat menikmati proses dan tidak mengharapkan hasilnya dengan cepat
Mereka adalah orang-orang yang menikmati proses jatuh bangun dalam membangun sebuah usaha. Untuk mendapatkan hasil dengan cepat bukanlah prioritas mereka, karena mereka sangat tidak mengingkan hasilnya dengan cepat dan lebih fokus kepada pembelajaran dalam proses.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response