Aplikasi Play Store Hilang? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini!

Apa jadinya ketika aplikasi play store hilang dari android milik kita? Pastinya bakal ada masalah dengan aplikasi lain yang terinstall di android. Sebagaimana yang kita tahu bahwa aplikasi play store ini merupakan induk bagi aplikasi lainnya. Maka, ketia aplikasi play store ini hilang, aplikasi lain akan terganggu.

Bahkan di beberapa perangkat android atau tablet, aplikasi google play store ini menjadi aplikasi bawaan. Kadang sudah terinstall di android ketika pertama kali kita aktifkan. Untuk beberapa handphone bahkan alikasi google play store ini terkunci dan enggak bisa dihapus. Mungkin hal ini dilakukan karena ingin mencegah terhapusnya aplikasi play store.

Namun, ada beberapa handphone android yang menjadikan google play store ini bukan merupakan aplikasi bawaan. Alias aplikasi yang diinstall sebagaimana aplikasi lainnya yang ada di android. Bisa jadi karena memang enggak ada kontrak kerja sama antara vendor handphone dengan pihak google. Jadi bebas aja mau pakai aplikasi mana sebagai aplikasi bawaan.

Sefatal apa akibatnya, jika aplikasi play store hilang?

Gagal update aplikasi adalah salah satu efek yang bisa diakibatkan dari hilangnya aplikasi play store. Ketika ada pembaharuan aplikasi, kita enggak bisa melakukannya. Padahal pembaharuan ini sangat penting untuk menjaga stabilitas fungsi aplikasi.

Memang sih kadang aplikasi masih bisa kita pakai meskipun enggak diupdate, tapi hal ini enggak bisa menjamin bisa bebas dari bugs. Karena sebenarnya update aplikasi itu selain memperbarui system dan informasi data, juga membersihkan bugs yang bisa membahayakan system.

Sumber: pexels.com

Jika bahaya ini dibiarkan, maka bisa menimbulkan kerusakan pada perangkat android. Atau bisa juga melemahkan system proteksi privasi, sehingga ada risiko pencurian data-data privasi kita oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin saat ini kita belum aware, ya karena kita memang enggak belajar secara mendalam tentang itu. Sehingga hanya tahu hal-hal dasar, sebatas fungsi dari aplikasi yang kita install di android. Enggak salah sih, karena nanti toh kita sendiri juga yang nanggung akibatnya.

Akibat lain yang bisa ditimbulkan dari hilangnya aplikasi play store adalah enggak bisa menambah atau menginstall aplikasi baru dari play store. Pastinya bakal ribet banget nih. Apalagi buat kita yang space memori handphonenya terbatas dan sering bongkar pasang aplikasi di android. Ya, untuk bisa menjaga kecukupan ruang memori internal aja.

Secara umum sih dampaknya enggak parah ya, tapi tetap saja enggak enak banget kalau enggak bisa bebas install dan gonta-ganti aplikasi.

Dari kedua masalah yang ditimbulkan ini saja bikin enggak nyaman, apalagi kalau sampai kejatuhan dampak yang lebih parah. Jelas kita enggak ingin mengalaminya, kan?

Kira-kira apa sih penyebab hilangnya aplikasi play store di android?

Saya pernah mengalaminya. Waktu itu sempat panic juga, kok beberapa aplikasi ada yang hilang. Ketika hendak menginstall ulang, ternyata aplikasi play storenya enggak ada di handphone. Kecurigaan tentu mengarah ke anak saya. Jangan-jangan dia hapus aplikasi-aplikasi itu biar bisa install aplikasi game.

Memang benar, aplikasi-aplikasi itu hilang setelah handphone saya dipinjam untuk main game anak saya. Ada aplikasi game baru yang terinstall, juga ada beberapa aplikasi media social saya yang hilang. Namun, secara logika seharusnya anak saya enggak bisa menghapus aplikasi play store. Apalagi dia kan Cuma sebatas tahu cara install download via play store.

“Ah, jangan-jangan aplikasi play store hilang karena settingan handphone baru saja kurestore?”

Kemungkinan besar itulah penyebabnya. Gara-gara kurestore setting aplikasi di handphone. Memang sih penyebabnya bukan hanya itu. Bisa juga disebabkan karena ke-replace dengan aplikasi lain yang sejenis. Missal aplikasi seperti mobogenie atau apptoidea.

Baca juga: Kabar Gembira Untuk Kita Semua! Google Play Store Kini Bisa di Chromebook

Bisa terjadi karena unsur kesengajaan. Semacam penasaran pengin nyoba aplikasi lain untuk menggantikan play sore, atau juga bisa karena enggak sengaja. Bagaimana pun juga kita harus berpikir dua kali jika hendak menginstall aplikasi sejenis play store. Pertimbangkan efek dan dampaknya.

Lalu bagaimana nih jika sudah terlanjur hilang? Aplikasi play store enggak ada lagi di handphone kita.

Download Aplikasi Google Play Store Android

Nah, langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja kita harus punya master file aplikasi google play store. Master file ini yang nantinya kita pakai untuk install ulang ke android.

Ada beberaca cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan masterfile aplikasi play store. Salah satunya dengan melakukan download menggunakan laptop atau computer. Bisa juga dengan handphone android yang kita miliki. Langkahnya simple banget sih. Hanya butuh beberpa langkah dan enggak sampai lima menit selesai.

Sebelumnya, pastikan dulu laptop atau handphonenya terkoneksi dengan internet. Lalu buka browser internet. Bisa pakai chrome, firefox atau yang lainnya. Terserah kita paling nyaman pakai yang mana.

Ketik di browser, “download play store android.” Lalu klik enter. Maka di laman google akan disajikan beberapa daftar situs yang bisa kita kunjungi untuk mendownload aplikasi play store. Ada banyak situs penyedia, tapi di sini akan saya tunjukkan cara download melalui situs apkpure.com.

Silakan saja langsung buka situs apkpure.com di browser. Lalu ketikkan “play store” pada kolom search. Maka nanti akan ditunjukkan link download aplikasinya.

Klik “Download APK” dan tunggu prosesnya beberapa menit. Kecepatan download file ini dipengaruhi oleh koneksi internet. Jika koneksi lancar, maka hanya butuh waktu enggak sampai satu menit selesai. Oleh karena itu, pastikan koneksi internetnya bagus.

Jika sudah selesai, maka master file aplikasi akan tersimpan di folder download. Silakan cari dan pindahkan ke folder yang mudah dicari. Kalau filenya kita download menggunakan laptop atau PC maka, pindahkan dulu master file-nya ke directory handphone. Bisa pakai flashdish, kabel data, atau pakai aplikasi transfer file.

Setelah file aplikasinya tersimpan pada directory handphone, maka langkah selanjutnya adalah install aplikasi play store di android. Untuk langkah installnya nanti akan saya jabarkan di bawah.

Google Play Store Apk Mirror

Selain melalui apkpure.com ada cara lain enggak? Atau situs lain yang rekomended. Ada dong. Coba deh ke situs www.apkmirror.com. Beberapa orang merekomendasikan website ini untuk mengunduh aplikasi-aplikasi android. Enggak ada salahnya kita coba download dari website ini.

Di web apkmirror.com kita bisa melihat beberapa aplikasi google play store dengan berbagai versi. Silakan pilih versi terbaru untuk di download. Bisa juga sih sebenarnya pilih versi lama, lalu nanti setelah selesai install lalu update aplikasinya untuk mendapatkan versi terbaru.

Silakan klik icon download untuk memuali mendownload filenya. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Maka file akan tersimpan pada folder download. Bisa pakai laptop maupun handphone.

Langkah selanjutnya tinggal pindahkan file ke directory handphone. Langkah detailnya sama seperti yang saya jabarkan di atas. Ikuti saja. Selanjutnya kita akan coba install aplikasinya di handphone.

Install Ulang Play Store yang Hilang

Sampai tahap ini saya anggap file master aplikasinya sudah tersimpan pada directory handphone kita. File biasanya masih dalam bentuk zip dan perlu diekstrak dulu. Namun, ketika nanti kita klik sudah bisa running untuk proses instalasi.

Silakan buka aplikasi file eksplorer di handphone. Klik icon “APKs” atau buka folder tempat file tersebut disimpan jika enggak ditemukan di folder “APKs.” Klik saja file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Setelah proses ekstrak selesai, akan ada jendela untuk meneruskan proses install aplikasinya. Klik “INSTALL” dan tunggu prosesnya untuk beberapa saat. Jika ada jendela konfirmasi untuk meanjutkan instalasi, klik saja “INSTALL.”

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Mungkin akan memakan waktu beberapa menit saja sebelum aplikasi play store terinstall dan bisa digunakan.

Selama proses instalasi berlangsung usahakan tidak mematikan handphone agar filenya enggak corrupt. Oleh karena itu sebelum mulai menginstal pastikan baterai terisi cukup untuk beberapa menit saat proses install.

Setelah proses install selesai, silakan buka aplikasinya dan lanjutkan dengan log in menggunakan akun gmail. Setelah log in nanti otomatis kita sudah bisa menggunakan aplikasi play store seperti semula. Bisa update aplikasi lagi, juga install aplikasi dari sana.

Nah, sekarang sudah tahu kan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika aplikasi play store hilang? Udah, engaak usah panik lagi. Tinggal ikuti langkah-langkah praktis ini, masalah bakal beres.

Silakan share info ini ke teman-teman, barangkali ada yang belum tahu. Atau silakan tinggalkan komentar di bawah artikel ini untuk diskusi. Boleh sekadar sharing pengalaman yang pernah dialami. Semoga bermanfaat. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *