Coba Cara Ini Untuk Mematikan Update Windows 10 Dengan Mudah

Windows

Apakah kamu terganggu dengan update pada Windows 10? Nah, jika begitu coba ikuti Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 yang ampuh dan tentunya bermanfaat untuk kamu ini.

Jika kamu adalah pemakai Windows 10, pasti tau nih kalau Windows 10 punya fitur otomatis dimana software Windows akan melalukan update secara otomatis baik untuk menambah fitur baru ataupun untuk memperbaiki kinerja Windows 10 di PC kamu.

Meskipun termasuk inovasi, tidak semua pengguna Windows 10 suka nih dengan inovasi tersebut. Hal ini mungkin bisa jadi karena aplikasi atau fitur tertentu tidak sesuai dengan yang ada pada PC atau bisa juga karena aplikasi atau fitur tersebut tidak bisa dioperasikan. Maka dari itu, banyak yang berfikir untuk menonaktifkan Windows update di windows 10 ini.

Tujuan mematikan update windows ini adalah kamu dapat mencegah update otomatis dan mengatur sendiri apa saja aplikasi dan fitur yang ingin kamu update. Selain itu tentu juga lebih hemat kuota karena pembaharuan tidak dilakukan secara otomatis. Apalagi bagi kamu yang menggunakan modem atau kuota data dan tidak menggunakan Wifi atau LAN.

Coba ikuti cara dibawah ini bagaimana mematikan update windows 10 yang sedang kamu gunakan dengan gampang.  Cara Mematikan Windows Updates Windows 10 yang Simpel dan Mudah.

Baca juga: Cara Install Windows 10 Lengkap dengan Langkah-Langkah Praktis

Ada 3 nih cara mematikan windows update windows 10 yang dapat kamu lakukan dengan cukup mudah. Apa saja?

3 Cara Mematikan Update Windows 10

1. Service Control Panel

Cara ini dinilai cukup mudah karena semua langkah-langkahnya pasti jelas dan cukup singkat. Caranya yaitu:

  • Pertama, Bukalah Control Panel. Caranya adalah klik kanan start menu dan pilih Control Panel.

cara mematikan auto update windows 10

  • Kedua, pilih System and Security kemudian pilih Administrative Tools.

cara mematikan windows update di windows 10

  • Ketiga, setelah muncul berbagai tool maka pilih Service kemudian di dalamnya ada banyak opsi kemudian klik 2x Windows Update.

cara mematikan windows update windows 10

  • Keempat, pilih Startup type dan jadikan Disabled kemudian klik tombol Stop pada pilihan Service status. Lalu pilih OK.

Cara ini cukup mudah bukan? Untuk mengaktifkannya kembali , kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah tersebut diatas dan pilih enable dan non-aktifkan tool Stop kemudian pilih OK.

2. Melalui Metered Connection

Untuk cara yang kedua, juga cukup mudah dipraktekkan, namun cara ini hanya dapat kamu lakukan ketika kamu menggunakan WiFi. Lalu bagaimana caranya?

Klik kanan pada nama WiFi yang sudah terkoneksi dengan PC kamu, kemudian klik kanan lalu pilih properties.

cara mematikan auto update windows 10 secara paksa
Setelah itu muncul kotak slide bar dan pilih Set as metered connection. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian kamu hanya perlu mengubah tools yang ada pada Set as metered connection menjadi Off.
cara mematikan windows 10 update assistant

Sama dengan cara sebelumnya, kamu bisa melakukan langkah tersebut diatas dan mengubah Set as metered connection menjadi On jika ingin menghidupkan update windowsnya kembali.

Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 versi Profesional, Education dan Enterprise

Windows 10 sebenarnya memiliki banyak versi. Jika PC kamu adalah Windows 10 pada umumnya maka gunakan dua langkah atau cara sebelumnya yang kami bahas. Namun jika Windows 10 yang kamu miliki adalah versi Profesional, Education dan Enteprise maka kamu tidak bisa menggunakan 2 cara sebelumnya. Lalu bagaimana caranya mematikan windows update di Windows 10 versi Profesional, Education dan Enteprise? Ini dia caranya:

1. Configure Automatic Updates

Untuk menu dan tools yang akan kita gunakan mungkin agak sedikit berbeda dengan yang terdapat pada Windows 10 pada umumnya. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama, Klik logo Windows pada keyboard + R, lalu ketikan gpedit.msc kemudian klik OK .

cara meematikan update otomatis di windows 10

  • Kedua, Pilih Computer Configuration lalu kemudian pilih Admitistrative Templates

cara mematikan windows update windows 10 permanent

  • Ketiga, pada Administrative Templates pilihlah Windows Components, lalu pilih Windows Update.
  • Keempat, setelah itu akan muncul beberapa tool kemudian pilih dan Klik 2 kali Configure Automatic Updates, kemudian pilih Disabled dan terakhir tekan OK.

Nah, Windows update sudah di non-aktifkan. Dan untuk mengaktifkan atau menyalakan update Windows 10 kamu kembali, maka kamu hanya perlu ulangi langkah-langkah sebelumnya dan ganti option terakhir menjadi Enabled pada Configure Automatic Updates.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 versi Windows 10 Pro

Selain Windows 10 pada umumnya dan versi Profesional, Education dan Enteprise, ada juga versi Windows 10 yang mungkin adalah versi Windows 10 di Pc kamu yaitu versi Windows 10 Pro. Untuk mematikan auto update windows 10 pada versi ini tentu berbeda lagi dengan dua versi sebelumnya. Tak perlu bingung, kami akan berikan 3 cara mudah bagi kamu pengguna Pc dengan Windows 10 Pro untuk mematikan auto update windows. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan Defer Upgrade

Sebelum pada langkah-langkahnya, kamu perlu tahu bahwa kamu bisa mematikan automatic update melalui langkah Defer Upgrade. Apa itu Defer Upgrade? Defer Upgrade adalah meminta Windows 10 Pro kamu untuk tidak melakukan download dan menginstall update software pada jangka waktu yang cukup lama yaitu hingga maksimal 8 bulan.

Nah, jika menggunakan opsi ini kamu tak perlu khawatir karena kamu tetap bakal mendapatkan patch security. Jadi Windows 10 kamu tetap aman, sedangkan untuk update berupa fitur baru dan peningkatan fitur tidak dilakukan secara otomatis, jadi kuota kamu tetap aman hehe.. Nah, jika kamu menghendaki untuk melakukan update Windows maka hanya tinggal mematikan Defer Upgrade tersebut. Gimana mudah sekali bukan? Ya. Lalu bagaimana caranya?

  • Pertama, perlu kamu buka Windows Update kemudian pilih Advance Options.

cara mematikan windows update

  • Kedua, dalam Advance Options ada banyak pilihan dan kamu hanya tinggal centang atau pilih saja Defer Upgrade.

2. Modifikasi Group Policy

Berbeda dengan cara sebelumnya yaitu Defer Upgrade, cara ini termasuk cara yang bisa dibilang memaksa atau cara paksa. Pada awalnya cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang sudah kita bahas untuk Windows 10 versi Profesional, Education dan Enteprise. Namun pada langkah-langkah selanjutnya akan berbeda. Langsung saja ikuti cara mematikan update windows dengan cara modifikasi group policy.

  • Pertama, bukalah Run dengan menggunakan Win + R. Kemudian ketikkan gpedit.msc lalu enter.

cara meematikan update otomatis di windows 10

  • Kedua, Browse ke Computer Confoguration. Lalu pilihlah Administrative Templates. Setelah itu pilihlah Windows Components. Nanti akan muncul berbagai pilihan dan pilihlah Windows Update.
  • Ketiga, pada Configure Automatic Update, selanjutnya klik kanan kemudian pilih Edit.

cara mematilkan auto update windows 10 home

  • Keempat, pada Configure Automatic Updates, pilihlah atau centang Enabled, kemudian ubah juga Configure Automatic Updates ke Notify for download and Notify For Install. Selanjutnya pilih OK kemudian Apply.

3. Command PowerShell

Nah, untuk cara ketiga ini juga temasuk pada cara paksa yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya ini hampir sama juga, namun kamu bisa lakukan dengan lebih cepat menggunakan cara ini:

  • Pertama, buka PowerShell. Kemudian lakukan command seperti berikut ini:
    Stop-sevice-wuauserv
    Set-sevice wuauserv-startuo disabled
  • Kedua, Jika belum yakin maka periksalah dengan mengetikkan command ini:
    Get-wmiobject win32 sevice-filter “name=’wuauserv’”

Bila sudah stop maka StartMode nya adalah Disable dan State nya Stopped.

Nah, jika kamu ingin menghidupkan Windows Update service lagi, maka cukup lakukan command ini:
Set-sevice wuauserv-startup manual
Start-sevice-wuauserv

Selain banyak cara yang sudah kita bahas diatas, Bisa juga dilakukan Cara Mematikan Auto Windows 10 dengan menggunakan aplikasi yaitu salah satunya dengan aplikasi Win Update Stop. Cara ini termasuk yang paling praktis dan dapat kamu gunakan secara gratis. Selain itu kapasitas aplikasi ini juga tidak besar yaitu hanya berukuran 2Mb.

Caranya kurang lebih seperti ini, pertama install aplikasi tesebut di PC kamu kemudian buka aplikasi tersebut dengan pilih tombol Disable untuk mematikan auto update. Nah, Windows Update otomatis akan mati jika muncul Windows Updates are Disabled. Untuk menghidupkannya kembali, kamu hanya tinggal melakukan hal yang sama dan klik tombol enable.

Nah, mungkin itu beberapa cara yang bisa kami berikan kepada kamu untuk mematikan windows update. Ada banyak tujuan mematikan Update Windows ini. Selain itu, karena update windows secara otomatis maka tentu membutuhkan kuota yang banyak (padahal kamu tidak menghendakinya). Nah, mematikan Windows Update ini juga bisa bertujuan untuk menghemat kuota kamu nih hehe..

Namun kami juga tidak merekomendasikan mematikan update otomatis secara total. Mengapa? karena Update software perlu juga dilakukan untuk menjaga performa sekaligus keamanannya dari ancaman virus yang ada di dunia maya. Matikan Windows Update namun tetap lakukan pembaharuan atau update secara berkala untuk menekan resiko yang bisa terjadi.

Demikian artikel kali ini yang saya buat mudah-mudahan aga guna dan manfaatnya untuk kalian yang ingin mematikan auto update windows 10, Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat!!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *