Arti Up dan Fungsinya Dalam Jual Beli Online

arti kata up dalam bisnis online

Saya berasa kek orang dungu ketika pertama kali baca komentar orang di media sosial yang hanya menuliskan kata, “Up.” Apa maksudnya nie orang? Bukannya nanya apa gitu, dan anehnya lagi orang-orang di kolom komentar selanjutnya menuliskan hal yang sama.

Ini terjadi kurang lebih dua tahun yang lalu, dan baru akhir-akhir ini mulai ngeh kalau kata tersebut ternyata punya tujuan khusus dalam jual beli online. Dulu sih sempat cari tahu artinya, tapi enggak mengira bakal sampai kek gini. Arti Up dalam jual beli online ternyata ada banyak penafsiran dan fungsinya.

Ada beberapa hal konyol yang saya lakukan ketika mencari tahu arti kata Up. Dulu, saya pikir “Up” tuh ya dari Bahasa Inggris yang artinya “Naik.” Memang benar, tapi ketika kata ini dipakai dalam komentar di media sosial, apa artinya sama?

“Apa jangan-jangan ini maksudnya saya disuruh ngelihat postingan di atasnya?”

Pelan-pelan saya scroll ke atas, saya baca satu persatu komentar yang ada di sana. Sepanjang saya scroll hingga mentok ke atas, kebanyakan komentarnya ya Cuma “Up.” Ada beberapa sih yang sempat nanya spesifikasi, harga, dan lain sebagainya. Namun, balasan komentar dari pemilik postingan cuma bilang, “PM, Gan.”

Duh, apalagi maksud orang-orang di medsos ini? Akhirnya saya berhenti mencari tahu lebih jauh maksud kata Up tersebut. Setelah hari itu ketika lihat komentar “Up” ya cuma saya lewatin doang.

Waktu itu saya memang enggak begitu ngikuti postingan jualan di media sosial. Biasanya mainan medsos ya sekadar update status atau scroll beranda.

Sekarang saya baru paham kalau ternyata kata Up yang dituliskan orang-orang itu ada maknanya dalam aktivitas jual beli di media sosial. Setelah baca-baca referensi dan mengamati beberapa postingan media sosial, saya semakin paham bahwa ini bagian dari aktivitas jualan.

Apa Arti Up Penting untuk Dipahami?

Jawaban dari pertanyaan di atas, bisa iya, bisa juga tidak. Menjadi penting ketika kita sering melakukan jual beli di media online. Khususnya di media sosial. Namun, arti kata Up bisa saja menjadi tidak penting kalau kita mainan media sosial sekadar stalking status mantan doang.

Menurut saya, pemahaman mengenai apa arti Up sebenarnya bukan hanya sebatas makna Bahasa saja. Melainkan perlu juga didalami berkaitan dengan perilaku para pengguna media sosial. Khususnya yang sering menggunakan kata Up ketika merespon post di media sosial.

Dengan memahami perilaku mereka, kita bisa mendapatkan gambaran kebutuhan mereka. Atau bisa juga mendapat gambaran mengenai engagement terhadap apa yang kita posting di media sosial.

Dari gambaran tersebut, kita bisa melakukan evaluasi. Apakah konten yang kita post tersebut menarik atau enggak. Kita juga bisa evaluasi mengenai apa saja kekurangan dari produk yang kita promosikan tersebut. Bisa jadi, konten kita sudah bagus, tapi belum tepat sasaran.

Sehingga meskipun begitu banyak komentar, tapi konersinya kecil. Hal ini kadang membuat seseorang menjadi ragu apakah hendak meneruskan bisnisnya di media sosial atau disudahi saja. Karena merasa enggak ada yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

So, sekarang tinggal lihat diri kita masing-masing. Apakah kita termasuk orang yang menggunakan media sosial untuk jual beli online? Jika iya, maka penting untuk memahami apa arti Up.

Baca juga: Ini Dia Arti dari PO di Dunia Online Shop

Arti Up Dalam Bahasa Indonesia

Percaya saja ya, kalau arti kata Up dalam Bahasa Indoneia tuh sama dengan “Naik.” Kata ini diterjemahkan dari Bahasa Inggris yang sebenarnya sering dipakai dalam percakapan dialog sehari-hari.

Memang keunikan dari sebuah kata adalah kadang memiliki makna yang berbeda ketika dipakai dalam konteks percakapan yang beda. Gampangnya, makna sebuah kata itu bisa dipengaruhi oleh kepada siapa kata itu diucapkan dan dalam situasi apa kata tersebut diungkapkan.

arti up dalam bahasa indonesia
arti up dalam bahasa indonesia

Sama halnya dengan kata Up tersebut. Ketika dipakai dalam percakapan sehari-hari ya makna katanya “Naik.” Namun, jika dipakai dalam percakapan di media sosial khususnya dalam aktivitas jual beli bisa lain artinya.

Kok bisa? Ya, kenyataannya begitu. Mungkin dulu ada yang memulai menggunakan kata ini untuk merespon sebuah postingan di media sosial.

Kemudian secara perlahan mulai banya orang yang ikut-ikutan menggunakan kata tersebut. Sehingga dengan sendirinya telah menciptakan trend baru dalam bahasan pemasaran di media online.

Arti Up dalam Jual Beli Online di Facebook

Barangkali kita akan sering menemui kata Up ini di Facebook. Apalagi kalau kita nimbrung di postingan yang isinya nawarin produk. Bisa produk fisik, maupun jasa. Umumnya kita akan familiar dengan kata Up yang ditulis orang-orang di kolom komentar.

Setelah dipelajari, ternyata kata Up tersebut memiliki beberapa fungsi. Nah, kira-kira apa saja fungsinya terkait dengan maksud orang-orang yang sering menuliskannya di kolom komentar Facebook?

1. Menaikkan Postingan Lama

Salah satu algoritma Facebook bekerja dengan memperioritaskan post yang memiliki interaksi positif di dalamnya. Termasuk jumlah like, share, dan komentar di postingan tersebut.

arti up di facebook
Sumber: pixabay

Sampai saat ini banyak pengguna Facebook yang meyakini hal ini. Sehingga banyak yang kemudian menyematkan komentar dengan kata “Up” daripada menuliskan komentar negative. Kecuali jika ada yang tersinggung atau sengaja nyari keributan di Facebook.

Jadi, jangan heran kalau ada akun yang komentar di postingannya sendiri dengan menuliskan “Up” berkali-kali. Enggak ada salahnya usaha, kan? Siapa tahu beneran bisa naikin postingan lama.

2. Menandai Jejak Postingan

Biasa ketika kita menemukan postingan di Facebook yang menarik, penginnya ngikutin postingan tersebut. Simpelnya gini, pas kita pengin beli suatu barang apa gitu, kadang kita cari-cari di Facebook. Nyari-nyari di kolom pencarian, kadang juga berkeliaran di grup jual beli.

Nah, ketika ketemu barang yang kita anggap cocok, tapi masih pengin cari barang lain untuk pembanding, biasanya kita tandai postingan tersebut. Harapannya akan dapat notifikasi ketika ada orang yang berinteraksi di postingan itu.

Entah sekadar pengin tahu proses tawar menawar di sana biar kita tahu info range harganya. Atau info lain terkait barang tersebut yang mungkin bisa sangat berguna untuk mempertimbangkan bakal beli barang itu atau enggak.

Hal ini bisa dilakukan dengan meninggalkan komentar di sana, meskipun hanya berupa kata, “Up.”

3. Melepas Negosiasi Tanpa Kata Sepakat

Arti lain dari kata “Up” adalah menyerah, atau semacam melepas negosiasi tanpa kata sepakat. Bisa jadi karena harganya belum cocok, atau ada kekurangan dari barang yang hendak dibeli.

Mungkin saja arti ini dilahirkan dari makna mengangkat kedua tangan ketika dalam posisi terjepit. Layaknya dalam situasi perang atau ketika sedang tertangkap karena suatu kesalahan.

Umumnya setelah membubuhkan kata “Up” negosiasi enggak lagi berlanjut. Bahkan kadang tidak ada respon lagi dari penawar maupun penjual.

Arti Up dalam Jual Beli Online di Whatsapp

Lalu bagaimana dengan arti Up di WhatsApp? Secara umum enggak jauh beda dengan media sosial Facebook. Hanya saja di WhatsApp lebih khusus ke fungsi percakapan chat.

arti up di whatsapp
Sumber: pixabay

Ada beberapa fungsi Up dalam percakapan di WhatsApp, antara lain:

1. Menunjukkan Chat Sebelumnya

Hal yang sering terjadi di dalam percakapan WhatsApp adalah tertutupnya chat sebelumnya ketika grup begitu aktif. Kadang bagi seseorang yang baru buka grup karena jumlah notifikasinya begitu banyak, rada males mau scroll chat di atasnya.

Seringnya sih langsung nanya aja tanpa melihat info apa yang sudah diperbincangkan sebelumnya. Sehingga memicu anggota grup lain untuk menjelaskan informasi yang dimaksud.

Bagi yang malas menjelaskan, biasanya akan cari chat yang dimaksud, kemudian klik replay, terus kasih komentar “Up.” Dengan tujuan menunjukkan postingan tersebut agar dibaca oleh orang yang bertanya tadi.

2. Menutup Chat Lama

Kadang ada yang iseng pengin menutup chat di grup WhatsApp dengan menuliskan banyak pesan. Agar anggota grup yang lain harus scroll ke atas untuk menemukan info tersebut. Ini biasanya murni kerjaan orang iseng, karena jarang sih kasusnya.

Sebenarnya bisa juga dengan menghapus chat tersebut, tapi jika chat itu dari orang lain kan bisanya hanya sebatas menghapus untuk tidak bisa dilihat oleh pengguna perangkat kita. Sedangkan anggota grup lainnya tetap bisa membaca pesan tersebut.

Nah, salah satu jalan agar chat itu enggak dibaca anggota lain di grup WhatsApp adalah dengan menambahkan banyak chat agar chat yang lama tertutup banyak pesan. Sehingga bisa bikin orang malas scroll untuk menemukan chat tersebut.

Nah, kira-kira seperti itu arti Up di online shop yang sering kita temui dalam kolom komentar media sosial. Jadi memang ada makna dan fungsinya, bahkan ada beberapa.

Terkait penting atau enggaknya hal ini, ya kembali lagi ke diri kita masing-masing. Tentu dalam aktivitas jual beli online tuh ada trik-trik dan istilah yang sering dipakai untuk menaikkan omset. So, jangan sungkan kasih komentar “Up” untuk dagangan saya di media sosial ya? [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *