Beberapa hari yang lalu di Twitter booming sebuah permainan yang banyak orang memainkannya termasuk artis dan publik figur lainnya. Permainan tersebut bernama Flappy Bird, permainan apakah ini sebenarnya? Permainan yang sebenarnya dirilis sejak bulan Mei 2013 lalu itu mulai ramai diunduh sejak awal tahun ini saja, dan dalam beberapa hari saja sudah ada 10 juta pengguna smartphone yang mengunduhnya berkat “viral”-nya di twitter yang cukup baik. Permainan tersebut adalah bentukan dari Gears Studio, sebuah perusahaan permainan dari Vietnam yang sebelumnya juga merilis Smashing Kitty, Droplet Shuffle, Shuriken Block dan Ninjas Assault. Perusahaan ini memang dikenal sebagai perusahaan pembuat permainan yang bergerak di permainan yang berbasis piksel dan bit seperti layakanya permainan jaman dulu di Nintendo atau Sega.

Saat ini pengguna iOs dan Android dunia sedang heboh dengan permainan ini, walaupun sebenarnya permainan ini sangat sederhana. Berbekal dengan grafik yang biasa saja dan “game-play” atau metode permainan yang tergolong biasa juga, permainan ini mampu menjadi Trending Topic di Twitter. Cara memainkannya juga sangat mudah, yaitu hanya dengan menekan (tap) layar smartphone anda hingga burung itu melompat-lompat dan melewati rintangan berupa pipa berwarna hijau. Menurut saya mengapa orang ketagihan terhadap permainan ini adalah karena permainan ini bikin “gregetan” atau jengkel tapi bikin ketagihan ingin coba lagi dan lagi. Para pemain permainan Flappy Bird juga bisa membanding-bandingkan skornya dengan yang lain lewat sosial media seperti instagram, fcacebook dan twitter. Hal ini juga yang akhirnya membuat tambah ketagihan.

Ketika saya pertama kali mencoba mengunduhnya dan memainkannya, kesan pertama saya adalah permainan ini biasa saja, namun akhirnya memang bikin ketagihan. Sayapun hanya mentok di skor 10, karena memang permainan ini tidak semudah yang dibayangkan. Permainan ini cukup menguras emosi dan agaknya bisa membuat stress jika permainan ini terlalu dibawa serius. Tips sederhana dari saya yaitu ketika bermain permainan ini adalah “jangan kedipkan mata anda sekalipun, lewat 1 milidetik saja, selesai permainan”

Ketika Dong, selaku perancang permainan ini ditanyakan kenapa permainan ini bisa booming secara tiba-tiba di kalangan pengguna smartphone dunia, dia hanya menjawab “saya juga tidak percaya, saya tidak memiliki apapun selain mengunggah permainan ini ke pasaran (ke Apple App Store dan Google PlayStore), mungkin popularitas itu bisa menjadi keberuntungan saya” ucap Dong dalam wawancaranya dengan Chocolate Lab Apps. Chocolate Lab Apps sendiri berpendapat mengapa permainan ini bisa terkenal tiba-tiba adalah karena ramaianya perbincangan di sosial media, terutama Twitter dan Facebook dengan tanda pagar #Flappybird. Dari sana efek viral dari permainan ini sangatlah berjalan dengan baik.

Untuk anda yang ingin mencoba namun malas mengunduh dari smartphone anda, mungkin anda bisa mencoba bermain online via PC disini. Bahkan sudah ada juga yang membuat tips dan trik untuk memainkan permainan ini, tips tersebut bisa dibaca disini. Tertarikah anda untuk “mengadu peruntungan” anda di permainan terbaru ini? tidak ada salahnya mencoba, tapi tolong jaga emosi anda ketika gagal berkali-kali di permainan ini. 🙂

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response