Hackintosh: Solusi Install Mac OS (Macintosh) di Windows

Mac OS atau OS X merupakan operasi sistem yang dirancang khusus untuk device besutan Apple, yakni Macbook dan iMac. Sistem operasi ini menyajikan pengalaman yang jauh berbeda dengan sistem operasi yang umum digunakan oleh masyarakat umum, yakni Windows. Saya pribadi, sebagai pengguna kedua sistem operasi tersebut juga sepakat bahwa Mac OS memiliki beberapa hal yang cukup menarik, meskipun harus diakui pula bahwa pada beberapa hal saya terpaksa harus menggunakan Windows, misalnya untuk urusan pekerjaan yang membutuhkan aplikasi yang mayoritas hanya tersedia untuk Windows.

Terlepas dari itu, muncul banyak pertanyaan “Apakah bisa menginstall Mac OS di PC atau Laptop Windows?”. Pertanyaan tersebut umumnya datang dari, pengguna Mac sendiri yang ingin merasakan sensasi Mac OS di PC Windows atau orang yang belum pernah sama sekali mencoba Mac OS namun minim budget untuk membeli device dari Apple yang terkenal akan kemewahan harganya.

Dan jawaban dari pertanyaan itu cukup sederhana, MAC OS adalah sebuah sistem operasi yang bersifat “closed source”, yang mana pihak developer tidak memperkenankan sistem operasi mereka digunakan untuk device lain.

“Yah, berarti gak bisa dong Install Mac OS di Windows?”

Jika yang ditanyakan adalah Mac OS resmi, jawabannya jelas tidak bisa. Namun jika kamu tetap ingin merasakan Mac OS di PC atau Laptop Windows, Hackintos adalah jawabannya!

Apa itu Hackintosh?

hackintosh
Sumber: Hackintosher.com

Singkatnya, Hackintosh adalah sistem operasi yang dikembangkan dengan fitur yang semirip mungkin dengan Macintosh (MacOS). Dengan Hackintosh ini, pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan MacOS di komputer atau laptop Windows. Menariknya lagi, Hackintos juga selalu up-to-date dengan update terbaru dari MacOS, dan saat artikel ini di tulis, Hackintosh sudah mendukung MacOS versi terbaru, Mojave (10.14).

Kekurangan Hackintosh

Terlepas dari kelebihan yang ditawarkan (bisa merasakan MacOS di PC / Laptop Windows), Hackintosh sendiri tidak lepas dari kekurangan. Hal ini jelas tak lepas dari kenyataan bahwa sistem operasi ini bukan versi resmi dari Apple, sehingga banyak komponen seperti misalnya driver yang menggunakan driver hasil modifikasi pihak ke-3. Alhasil, ada beberapa masalah yang umum terjadi, misalnya keyboard dan mouse sering macet, VGA tidak terbaca, komputer berjalan dengan lambat dan beberapa masalah lainnya.

Cara Install Hackintos di PC / Laptop

Disini, saya tidak akan menjabarkan secara lengkap mengenai cara untuk menginstall Hackintos, untuk mempermudah kalian bisa mencari banyak tutorial dalam bentuk video di Youtube. Tapi disini saya akan sedikit menjabarkan bahwa setidaknya ada 2 cara yang bisa digunakan untuk melakukan Installasi Hackintos di PC atau Laptop. Cara yang pertama yakni seperti layaknya kita melakukan install Windows, yakni dengan cara membuat bootable. Cara kedua yang menurut saya relatif aman adalah dengan menggunakan VirtualBox.

Jadi, mau masih mau merasakan sensadi Mac OS di Laptop / PC Windows? Buat kamu yang hobi oprek komputer, tentu tidak masalah jika kamu ingin coba-coba, namun jika kamu adalah pengguna komputer yang awam akan dunia oprek-mengoprek, silahkan pertimbangkan matang-matang segala risiko yang mungkin akan ditimbulkan ya 🙂

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

1 Komentar

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *