Tutorial WordPress Lengkap Bagi Kamu Yang Mulai Ngeblog Sekarang Juga!

Wordpress

Banyak sekali platform yang sering digunakan oleh para Blogger dan salah satunya adalah WordPress, tetapi apakah kalian tahu bahwa WordPress memiliki dua jenis yang bisa digunakan yaitu WordPress.com dan yang kedua adalah WordPress.org.

Bagi Anda para Blogger pasti sudah tidak asing dengan dua website diatas.

Tetapi apa perbedaan dari kedua platform yang memiliki nama yang sama ini?

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara lengkap tentang seluk beluk CMS WordPress ini, tetapi sebelumnya izinkan saya untuk membahas terlebih dahulu tentang perkembangan internet.

Tahukah Anda bahwa Internet sangat cepat berkembang dan bertumbuh sangat pesat ? Di era sekarang ini, internet bukan lagi sebuah hal asing lagi. Bahkan penggunaan internet telah tersebar diseluruh dunia dengan jaringan yang sangat luas.

Dengan adanya internet Anda dapat dimudahkan untuk mencari informasi yang dibutuhkan Untuk itu Anda juga harus bisa memanfaatkan internet secara bijak agar dapat mendapatkan manfaat dari perkembangan zaman ini.

Berkembangnya teknologi juga akan mempengaruhi kebiasaan manusia, seperti halnya ketika dulu orang bangun pagi akan menyalakan Televisi untuk mendapatkan berita , maka sekarang orang akan lebih sering mengecek handphone atau gadgetnya untuk mendapatkan informasi yang terkini dan sesuai dengan waktu yang sedang berlangsung.

Baca juga: 6 Alasan Kuat Mengapa Anda Harus Mempunyai Produk Digital Sekarang Juga!

Mendapatkan berita semakin mudah dengan menggunakan portal- portal berita yang ada. Di dunia maya memudahkan Anda untuk mengetahui situasi yang sedang terjadi dimana saja dan kapan saja.

Selain itu dengan menggunakan internet informasi apapun dapat Anda dapatkan dengan mudah dengan mengklik kata kunci yang ingin Anda cari. Ketika Anda ingin melihat cuaca maka kata kunci cuaca dan lokasi dapat Anda masukan untuk menemukan bagaimana kondisi cuaca di lokasi yang sedang ataupun akan Anda kunjungi, sehingga tidak khawatir dengan kondisi cuaca burung yang akan terjadi saat Anda ingin bepergian jauh.

Dengan menggunakan bantuan internet juga Anda juga bisa melakukan transaksi dan juga melakukan jual beli sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Saya biasanya menggunakan internet dengan pemakaian 50 persen media social 50 persen untuk pencarian umum serta market place yang biasa saya gunakan untuk mencari barang –barang yang saya perlukan.

Tentunya setiap orang memiliki porsi sendiri dalam menggunakan Internet . Hal ini memang sangat membantu dalam berkehidupan karena dengan internet perputaran informasi sangat cepat.

Biasanya orang akan mencari informasi di google sesuai dengan apa yang mereka cari dengan kata kunci tertentu agar mereka bisa mendapatkan informasi secara cepat.

Baca juga: Cara Mudah Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner

Sebagai contoh ketika Anda mencari informasi tentang gejala penyakit yang sedang Anda rasakan ditubuh maka biasanya Anda akan mengetik sesuai dengan apa yang Anda rasakan, ketika merasakan pusing maka kata kunci yang akan muncul sesuai dengan apa yang Anda ketikan. Misalnya Anda mengetik “pusing dan mual” maka google akan langsung menampilkan artikel mengenai pusing dan mual yang Anda masukan.

Lalu dari mana artikel artikel itu muncul?

google
Source: pexels

Artikel tersebut muncul dari artikel yang ditulis oleh orang-orang yang menulis tentang kata kunci yang Anda maksudkan tadi dan orang-orang ini biasa disebut dengan penulis konten atau content writer. Para Blogger ini ( sebutan lain dari content writer) menuliskan beberapa informasi yang Anda butuhkan sesuai dengan ilmu yang mereka geluti.

Google memberikan informasi melalui website yang dikelola oleh para penulis content.  Melalui website Para Blogger biasanya menggunakan CMS atau Content Management System untuk menyajikan karya mereka.

Apa sebenarnya CMS ini ?

Content Management System
source : alphapacificsystems

CMS adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk membuat, mengatur, dan mempublish kontent digital. biasanya CMS memiliki user yang dapat mengakses secara bersama sehingga seorang publisher bisa menggunakan satu CMS untuk bareng- bareng.

Sistem ini memiliki fitur yang dapat memuat teks, mengaploud video, foto, peta atau maps, audio maupun kode yang Anda buat sendiri. Atau dengan kata lain CMS hampir mirip sebagai media social yang dapat kita atur apapun yang ingin kita posting.

System ini juga memiliki manajemen konten yang terdiri dari dua komponen utama yang membangun sistemnya :

  1. Content Manajemen Application (CMA) atau aplikasi managemen konten CMA berfokus pada pengguna gratis yang memperbolehkan user untuk membuat, memodifikasi, menghapus, serta mempublish konten tanpa mewajibkan user untuk memliki pengetahuan tentang HTML dan bahasa pemograman yang biasa digunakan.
  2. Content Delivery Application (CDA) Atau aplikasi pengiriman konten yang bertanggung jawab atas beck-end service mengirim serta mengolah konten setelah diproses dalam aplikasi manajemen konten sebelumnya.

Lalu apa saja jenis- jenis CMS itu ?

Jenis- jenis CMS yang digunakan sangat banyak mulai dari untuk mempost gambar, audio, maupun untuk kepentingan toko online, dan Jenis jenis CMS ada beberapa macam seperti berikut :

1. Joomla

jommla

Penggunaan CMS ini biasanya untuk company profil, website sekolah maupun toko online. CMS ini memang didesain untuk jenis website yang powerfull dan juga memiliki level kerumitan yang agak tinggi dibandingkan dengan CMS lainnya.

CMS Joomla memiliki fitur kelebihan yang bisa untuk perbandingan dengan CMS lainnya seperti system caching, peningkatan peformansi, RSS, blog, polling, simple, flexible, elegan dan juga proses installasi yang mudah.

2. Drupal

CMS Drupal

Jenis CMS ini dapat digunakan untuk membuat blog dan juga membuat forum online dengan komunitas yang besar. CMS ini sangat mudah untuk di costomize dan juga ada kelebihan yang menarik dari Drupal yaitul memiliki search tool dan search engine friendly URL.

3. AuraCMS

aura cms

CMS yang satu ini dapat dibilang bisa membanggakan karena CMS ini adalah CMS buatan anak Indonesia. kelebihan dari CMS ini adalah sederhana dan mudah untuk dimodifikasi, dan bagi pemula CMS ini sangat cocok untuk belajar, selain itu diterapkannya system modul sehingga dapat memudahkan kita untuk membuat modul baru selain itu adanya theme juga akan mempermudah untuk mengganti layout dengan sangat mudah.

Tetapi CMS ini memiliki kekurangan seperti tidak adanya proteksi pada nama file yang di aploud melalui system default dan juga dokumentsi sangat minim, CMS ini dibanding dengan yang lain memang tidak populer sehingga jarang yang menggunakan.

4. Moodle

CMS moodle

CMS Moodle merupakan CMS yang biasa digunakan oleh Instansi Sekolah dan biasanya CMS ini digunakan untuk membuat e- learning yang bisa digunakan untuk mendukung kepentingan pembelajaran untuk siswa dan guru.

Fitur- fitur yang disuguhkan juga sangat lengkap muali dari test yang bisa dilakukan secara onine maupun forum untuk diskusi. tetapi untuk memahami CMS ini memang agak rumit dibanding dengan CMS lainya.

5. Opencart

CMS Openchart

 

CMS satu ini adalah CMS yang khusus untuk membuat sebuah toko online. CMS Openchart ini sudah banyak digunakan oleh banyak pengguna online shop karena banyak memiliki kelebihan yaitu fitur-fitur yang powerfull dan juga lengkap dibandingkan dengan CMS lainnya selain itu juga customisasi dari CMS ini juga merupakan kelebihan dari openchart yang memiliki proses loading yang cepat sehingga pengunjung akan menyukai toko online ini dibandingkan dengan CMS lainnya.

Openchart memiki fitur yang user friendly yng sangat memudahkan user untuk menggunakan CMS ini. Saat penyettingan openchat kita juga tidak membutuhkan koneksi internet sehingga hal ini akan memudahkan user untuk menyetting openchart.

CMS Openchart sangat direkomendasikan untuk digunakan untuk Anda yang memulai pembuatan website toko online dengan mudah dan bisa untuk Anda yang pemula atau Anda yang sedang mememulai untuk merambah dunia website toko online.

6. WordPress

 

CMS WordPress adalah jenis CMS yang paling sering digunakan dan populer dikalangan Blogger dan pengguna website lainnya. WordPress banyak disukai oleh banyak orang karena fitur yang mumpuni dibandingkan dengan CMS lainnya.

WordPress adalah CMS powerfull dan bisa dugunakan untuk berbagai kepentingan yang diantaranya adalah digunakan untuk website perusahaan, profil sekolah, dan juga dapat digunakan untuk toko online

Jika Anda mencari sebuah artikel di Internet maka Anda akan banyak menemukan tampilan WordPress dari pada Tampilan CMS yang lainnya.

Baca juga: Jurus Jitu Cara Menulis Artikel SEO yang Dioptimalkan di WordPress

WordPress sendiri Merupakan CMS yang muncul pada tahun 2013 oleh matt mulenweg dan mike little. sebenarnya pada awal pembuatannya CMS WordPress ini fokus pada blog pribadi tetapi setelah beberapa waktu berkembangnya WordPress menjadi website yang bisa untuk digunakan toko online, atau Company Profil lainnya.

Saat ini telah banyak yang menggunakan CMS WordPress, tetapi mengapa Anda harus menggunakan CMS WordPress dibandingkan dengan CMS yang lainnya ?

Alasan Anda harus menggunakan WordPress adalah karena menurut situs http://w3techs.com, dan https://wappalyzer.com terhitung hingga bulan november 2014 WordPress telah memiliki pengguna sebanyak 60 % dari keseluruhan pengguna CMS. bisa dibayangkan kan dari banyaknya CMS yang ada lebih dari setengahnya menggunakan WordPress.

Tahukan Anda bahwa Sekarang ini WordPress telah mencapai versi ke- 4nya, jadi bisa dipastikan bahwa CMS ini dari segi kematangan telah banyak berpengalaman. Semakin banyak pengguna WordPress semakin mudah juga penggunanya untuk sharing tetang CMS ini. sehingga untuk Anda yang ingin menggunakan WordPress tidak perlu khawatir jika Anda akan kesulitan.

Jika Anda lihat situs bixbux.com ini pun menggunakan WordPress sebagai media untuk membagikan artikel-artikel yang bermanfaat.

bixbux

Alasan utama saya menggunakan WordPress memang awalnya agar memudahkan saya untuk memosting sesuatu karena memang WordPress banyak sekali fitur yang bisa memudahkan untuk menjalankan website.

Selain itu juga theme, plugin juga sangat mudah digunakan dan diatur ulang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.  WordPress memang sangat tepat digunakan sebagai CMS yang membantu memenuhi kebutuhan dalam dunia website ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai WordPress dan cara penggunaannya. Karena meskipun sudah  banyak  yang menggunakan tetapi banyak juga yang belum  tahu mengenai worpress. Untuk itu saya akan membahasnya terlebih dahulu.

Worpress memiliki dua fitur yang bisa digunakan bagi Anda yang ingin menggunakan worpress versi gratis. Karena CMS WordPress memang memiliki keunggulan layanan gratis bagi penggunanya sehingga untuk Anda yang ingin mulai menggunakan WordPress Anda tidak perlu khawatir soal biaya tambahan lagi.

Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu tentang dua jenis WordPress, jenis yang pertama adalah WordPress.com. Jenis ini bisa Anda gunakan untuk Anda yang tidak memiliki hosting maupun domain. Dengan mengakses WordPress.com Anda bisa langsung  menggunakan WordPress dengan. Hosting dari worpress.com telah di hosting oleh server WordPress sendiri. Sehingga Anda tidak perlu pusing dalam memikirkan hostingnya. Dengan wordpres.com Anda juga tidak perlu untuk memback up data karena semua telah diatur oleh worpress sendiri.

Dengan WordPress.com Anda biasanya akan memiliki komunitas yang akan saling mengunjungi sehingga akan berpengaruh pada traffic Anda, selain itu WordPress.com juga memiliki fasilitas SSL yang dapat men secure web Anda sehingga akan aman dari penyusup.

Tetapi WordPress.com juga memiliki kelemahan yaitu penggunaan theme sangat dibatasi sehingga Anda tidak bisa memilih lebih banyak theme premium yang sering banyak dijual untuk digunakan dalam website Anda.

Dengan menggunakan WordPress.com Anda juga sangat dibatasi untuk menggunakan plugin yang ada. Hanya plugin stAndart yang bisa digunakan. Padahal plugin ini sangat penting untuk menambah powerfull dari website Anda. Dan juga ketika digunakan oleh programmer wordpres.com tidak bisa diubah kode PHPnya.

Dan yang paling disayangkan penggunaan WordPress.com adalah tidak bisa digunakan untuk berbisnis sehingga Anda akan sesulitan untuk mendapatkan uang dari internet, untuk itu bagi Anda yang ingin make money online saya menyarankan Anda untuk memulai WordPress dengan WordPress.org.

Apa itu WordPress.org ?

WORDPRESS.ORG

WordPress.org atau biasa disebut dengan WordPress self hosted adalah WordPress yang harus Anda install di hosting Anda. WordPress.ord juga memiliki fasilitas layanan gratis yang dapat Anda manfaatkan sama seperti WordPress.com

Dengan menggunakan wordpres.org Anda bisa mendapatkan banyak kelebihan diantaranya adalah bisa menggunakan theme premium yang dapat memperindah tampilan website Anda, biasanya theme ini dapat Anda beli dari para Developer theme.

Kelebihan lain dari wordpres.org adalah Anda dapat menggunakan plugin-plugin gratis yang dapat Anda install di WordPress serta menggunakan plugin premium yang dapat Anda gunakan untuk mendukung website Anda.

Bagi Anda para programmer Anda juga dapat mengotak- atik kode PHP yang ada pada WordPress yang Anda buat. Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan Dengan menggunakan WordPress.org Anda dapat make money online dengan memberikan iklan, melakukan afiliasi, dan melakukan make money online lainnya dengan menggunakan WordPress.org

Baca juga:

Part 1: Ingin Memulai Affiliate Marketing Tapi Gak Tau Awalnya Dari Mana? Ini Semua Hal Yang Dibutuhkan! Bagian #1

Part 2: Ingin Memulai Affiliate Marketing Tapi Gak Tau Awalnya Dari Mana? Ini Semua Hal Yang Dibutuhkan! Bagian #2

Tetapi kekurangan dari menggunakan WordPress.org adalah Anda harus mempunyai pengalaman atau skill untuk menggunakan.

Eittsss. Tetapi jangan galau dulu sobat, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menggunakan WordPress.org agar Anda dapat mempunyai penghasilan dari internet engan menggunakan WordPress. Berikut adalah tutorial untuk pemula yang ingin menggunakan WordPress.

Karena WordPress.org memerlukan hosting, pertama-rama Anda harus membeli hosting terlebih dahulu sebelumnya. Anda dapat menggunakan website penyedia hosting seperti hostinger, domainesia, idhostinger, dan penyedia hosting lainnya.

Para penyedia hosting ini biasanya akan menawarkan paket- paket hosting sesuai dengan fasilitas yang mereka tawarkan seperti disk space, bandwith, email address, SSL dan selain itu mereka biasanya akan menawarkan domain gratis juga.

Sebenarnya menginstall WordPress dapat dilakukan dengan beberapa cara tatapi kali ini saya akan memberikan tutorial WordPress melalui cpanel.

Pertama kali Jika Anda sudah mendapatkan membeli hosting dan domain Anda akan mendapatkan akses ke Cpannel, nah Cpannel inilah yang dapat Anda gunakan untuk mengintall WordPress.

Untuk Anda yang sudah mendapatkan acces cpanel Anda bisa masuk ke cpanel dengan mengetikan nama domain/cpanel.  Misalnya nama domain Anda adalah www(dot)namadomain(dot)com maka Anda harus mengeklik www(dot)namadomain(dot)com/cpanel kemudian Anda  akan mendapatkan tampilan sebagai berikut ini.

cpanel

Anda akan diberikan pemberitahuan nama pengguna dan kata sandi pada email Anda kemudian masukan nama pengguna dan kata sandi pada kolom yang ada di tampilan awal cpanel tersebut. Kemudian akan muncul tampilan awal sebagai berikut ini

tampilan awal cpanel

Nah tampilan awal dari cpannel adalah seperti diatas. Banyak menu yang bisa Anda coba sebenarnya, tetapi untuk menginstall WordPress silahkan scroll ke bawah ke dalam menu softaculous apps installer

Softaculous

Di dalam menu softaculous apps installer tersebut ada berbagai pilihan salah satunya adalah CMS- CMS yang telah saya bahas sebelumnya. dan untuk menginstall WordPress silahkan klik WordPress disebelah kiri.

wordpress

Selanjutnya akan Anda tampilan seperti diatas Anda cukup mengeklik install now dari kedua pilihan yang ada pada tampilan tersebut. Anda bisa membaca terlebih dahulu preview yang ada pada tampilan tersebut sebelum Anda menginstalnya.

Ada empat jenis protocol yang bisa Anda gunakan dalam kolom tersebut, Anda tinggal memilih mana yang Anda inginkan.

https

Jika hosting Anda support menggunakan SSL Anda bisa menambahkan https kedalam kolom Choose protocol hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap webside Anda. Selain itu dengan mengganti dengan https website Anda akan lebih cepat terindeks oleh google.

Isi kolom choose domain dengan nama domain Anda dan diatas saya mengisinya dengan nama domain saya yaitu bancak.com. Kemudian pada kolom bawahnya Anda tidak perlu menggantinya atau Anda bisa mengosongkannya.

wordpress

Anda dapat menuliskan nama situs Anda pada kolom site name kemudian Anda juga bisa menambahkan diskripsi dari website yang Anda buat ke dalam kolo site description

Kemudian untuk kolom berikutnya adalah tentang akun Anda yang berisi admin user ini akan berfungsi ketika Anda akan login ke WordPress yang sudah jadi kemudian juga password yang bisa Anda masukan untuk password WordPress Anda.Setelah itu kolom terakhir adalah kolom email, Anda bisa memasukan alamat email Anda yang aktif pada kolom email tersebut.

tema wordpress

Setelah itu mengisi bahasa yang Anda gunaka pada kolom language, kemudian jika Anda ingin memilih theme yang akan digunakan juga bisa langsung memilih dengan template yang sudah tersedia.

email

Sebelum Anda mengklik install pastikan Anda menuliskan email aktif dikolom  bawah, kemudian Ketika sudah selesai  Anda bisa tombol install pada menu yang sudah tersedia.

proses menginstall wordpress

Proses installasi akan berlangsung selama beberapa menit tergantung oleh kecepatan internet yang Anda gunakan selama menginstal. Tunggu sampai benar-benar selesai saat sudah selesai aka nada pemberitahuan sukses menginstall

Kemudian ada bisa megeceknya apakah sudah tersedia. Jika sudah Anda bisa mengakses WordPress melalui nama domain/wp-admin. Setelah itu tampilan WordPress akan seperti ini

tampilan awal wordpress

Tampilan awal WordPress adalah seperti diatas, Anda bisa melihat bahwa WordPress memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membagikan apapun yang ingin Anda bagikan ke Internet.

Menu-menu sebelah kiri adalah menu yang bisa Anda gunakan untuk mendukung karya Anda melalui WordPress.

Jika Anda ingin memposting sesuatu Anda tinggal mempost melalui menu post kemudian klik Add new pada submenunya . Biasanya tampilan dari menu add post Anda sebagai berikut

tampilan wordpress

Kemudian Anda bisa memposting tulisan, audio, maupun video dengan menggunakan postingan WordPress tersebut.Setelah Anda selesai mengedit postingan, kemudian klik publish pada tombol sebelah kanan.

Mudah bukan?

Selain itu Anda juga bisa menggunakan plugin-plugin yang telah disediakan seperti yoast SEO yang akan membantu Anda dalam hal Search engine optimation yang berguna untuk mengoptimasi artikel Anda agar keyword pada artikel Anda sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari di google.

Selain plugin yoast SEO ada juga plugin lain yang bisa Anda coba untuk mengoptimasi apa yang telah Anda posting.

Baca juga: 8 Plugin Dari WordPress Yang Wajib Ada Di Blog Anda

Dengan menggunakan CMS WordPress Anda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Dan tentunya dengan menggunakan CMS WordPress Anda bisa menjadikan website sebagai sumber penghasilan.Jika traffic pada website Anda sudah banyak Anda bisa memasang iklan sehingga Anda bisa memiliki income dari website yang Anda kelola tersebut.

Untuk Anda pemula yang ingin belajar website, tentunya WordPress adalah pilihan yang pas untuk Anda karena WordPress sangat mudah digunakan.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *