5 Rekomendasi Website untuk Menjual Hasil Foto Anda

Apa itu Stock Photography?

Pertama dan terutama, apa arti istilah “stock photography”? Pada definisi dasarnya, stock photography adalah industri yang menciptakan dan menjual produk dalam bentuk foto, ilustrasi, atau video dan dapat dibeli untuk digunakan melalui berbagai model lisensi.

Pelanggan membayar biaya untuk membeli hak untuk menggunakan stock photo atau video yang mereka inginkan secara legal, memasukkannya ke dalam berbagai proyek sesuai kebutuhan. Biaya ini kemudian dibagi antara artis yang mengambil foto atau rekaman dan agensi atau layanan yang digunakan artis untuk mengelola penjualan foto ke pelanggan. Biasanya fotografer mempertahankan hak cipta mereka atas materi tersebut, dan agensi menghasilkan uang untuk memfasilitasi transaksi.

Stock photo sebagian besar digunakan dalam semua jenis usaha komersial, editorial, hiburan dan artistik, karena mereka memiliki dampak yang lebih tinggi pada audiens target proyek-proyek ini. Stimulasi visual meningkatkan komunikasi, menjadikannya cara yang lebih efektif dan efisien untuk mengirim pesan ke masyarakat luas. Karena itu, fotografi adalah kunci untuk branding, pemasaran, iklan, penerbitan, dan produksi artistik. 

Dengan stock photo, Anda cukup membayar untuk suatu gambar, unduh dan gunakan tanpa harus menunggu waktu penyelesaian fotografer, yang dapat secara signifikan lebih lama sesuai dengan spesifikasi proyek.

Jika Anda memiliki passion terhadap fotografi, Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual gambar Anda di situs stock photo. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari hobi Anda. Namun, meraih kesuksesan dalam menjual stock photo dibutuhkan berbagai persiapan strategi dan juga disiplin. Jika Anda serius ingin menjual stock photo, maka Anda ingin mempelajari pasar tertentu dan membuat gambar yang cenderung diminati oleh klien-klien tertentu.

Ada jutaan foto hebat di luar sana di situs web stok foto. Kuncinya adalah untuk lebih menonjol dari keramaian dengan cara tertentu sehingga gambar Anda akan menarik perhatian pembeli. Anda mungkin berpikir bahwa cara menjual stock photo adalah memiliki gaya yang unik, radikal, artistik yang membuat gambar Anda menonjol. Meskipun ini dapat membantu dalam beberapa kasus, rahasia untuk membuat banyak penjualan biasanya tidak ada hubungannya dengan gambar itu sendiri.

Situs Web Untuk Menjual Foto

Ada banyak situs stok foto di luar sana di mana Anda dapat mengunggah gambar Anda di mana Anda meletakkan stock photo Anda untuk dijual. Beberapa dari mereka membebankan biaya untuk mengunggah gambar Anda, sementara yang lain mungkin membiarkan Anda mengunggah secara gratis.

Situs web ini kemudian mencoba membantu Anda menarik pembeli foto. Semakin banyak foto yang Anda miliki di situs, semakin besar peluang Anda untuk melakukan penjualan. Beberapa situs stock photography ini mendapatkan banyak traffic dan menjual stock photo dalam jumlah ribuan per hari, sehingga volume pekerjaan berkualitas yang Anda hasilkan dan unggah akan menjadi faktor penting dalam kesuksesan Anda.

Berikut adalah beberapa situs untuk menjual stock photo Anda:

Shutterstock

Shutterstock merupakan salah satu situs web stok foto terbaik dan yang sudah ada sejak lama. Mereka memiliki standar teknis yang ketat dan konten yang tampaknya tak terbatas. Situs ini juga memiliki fitur pencarian yang sangat berguna sehingga mudah untuk menelusuri jutaan gambar dan menemukan yang tepat yang ingin Anda gunakan di media sosial, posting blog, dan iklan.

Shutterstock dianggap oleh banyak fotografer sebagai salah satu situs stock photo teratas saat ini. Shutterstock menawarkan pendaftaran gratis, dan tarif komisi mulai dari 25%. Karena Shutterstock adalah salah satu pusat utama untuk stock photography, para fotografer menghadapi persaingan yang cukup ketat. Untuk diterima di Shutterstock, Anda harus mengirimkan 10 foto, 7 di antaranya harus disetujui.

Adobe Stock

Adobe Stock adalah layanan stok foto yang dimiliki oleh Adobe, raksasa perangkat lunak desain, dan dibangun di dasar pustaka foto Fotolia (agen stock photo terkenal yang diakuisisi oleh Adobe). Adobe Stock adalah layanan yang termasuk untuk pelanggan Creative Cloud Adobe dan melengkapi Creative Suite dengan menjadi kompatibel dengan alat desainnya.

Situs web stok foto terbaik ini terintegrasi penuh ke platform Creative Cloud, memungkinkan untuk mengakses lebih dari 80 juta stock photo langsung di dalam aplikasi desain Anda seperti Photoshop, InDesign, Premiere Pro, dan/atau Illustrator, merampingkan proses desain dan menghemat waktu. Ini ideal untuk desainer yang menggunakan aplikasi cloud Adobe, tetapi juga bekerja secara independen, dari situs webnya sendiri. Semua foto boleh digunakan baik untuk komersial maupun non komersial.

Adobe Stock menjual foto hanya melalui berlangganan, tetapi mereka memiliki paket kecil hanya 3 unduhan per bulan, hanya dengan $ 29,99 – jadi $ 9,99 per gambar -, yang dapat Anda sewa selama satu bulan dan bisa diperpanjang. Anda juga dapat memilih komitmen tahunan 10 unduhan per bulan dengan harga bulanan yang sama. Dan kemudian Anda memiliki plan yang lebih besar untuk 40, 350 dan 750 foto per bulan, yang dapat Anda sewa setiap bulan atau setiap tahun dengan harga antara $ 79,99 dan $ 249,99.

Getty Images

Sebuah perusahaan tradisional yang memulai kehidupan sebelum era Internet dan dengan cepat beradaptasi dengan platform online, agensi ini terkenal dengan katalog super bervariasi yang penuh dengan fotografi untuk keperluan komersial, termasuk jutaan gambar eksklusif dari seluruh dunia, ditambah sebuah koleksi konten editorial yang sangat besar.

Di Getty Images Anda dapat membeli foto dengan lisensi Rights Managed, model lisensi yang lebih tradisional yang dirancang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda dan dapat mencakup penggunaan eksklusif foto di antara fasilitas lainnya. Lisensi ini memiliki poin harga yang jauh lebih tinggi daripada Royalty-Free, dengan biaya mulai dari ratusan hingga ribuan dolar. Tetapi mereka memiliki banyak pilihan foto Royalty-Free dan gambar editorial yang dapat Anda beli sesuai permintaan, dengan diskon besar untuk pembelian grosir. 

Sumber daya gambar masif ini, yang merupakan situs web stock photo pertama dalam bisnis lisensi gambar online pada tahun 1995, melayani organisasi di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Saat ini, Getty Images adalah salah satu situs web stock photo terbaik di dunia dengan perpustakaan yang terdiri dari jutaan stok foto, ilustrasi, gambar, dan video. Situs web ini mudah dinavigasi, dan Anda dapat dengan mudah menemukan gambar yang dapat Anda beli secara individual.

Getty Images adalah salah satu perusahaan pertama yang memulai bisnis stock photo secara online. Persyaratan masuk Getty lebih ketat daripada banyak agensi lain, dan mereka hanya membayar komisi 20% untuk fotografer, tetapi jumlah traffic yang diterima Getty berarti lebih banyak penjualan potensial, menjadikannya layak bagi banyak fotografer. 

iStock

iStock adalah situs stock photo milik Getty, dan merupakan salah satu situs stock photo paling terkenal. Untuk mulai berkontribusi, Anda harus mendaftar untuk mendapatkan akun gratis, dan mengirimkan tiga foto terbaik Anda. Jika foto Anda memenuhi standar kualitas, iStock adalah tempat yang tepat untuk mulai menjual stock photo. Mereka menawarkan 15-45% untuk komisi, dan situs mereka mendapatkan cukup banyak traffic. Sama seperti kakaknya, iStock adalah salah satu situs stock photography terbaik karena menawarkan jutaan stock photo yang terjangkau, berkualitas tinggi, dan royalty-free.

Dengan pengalaman hampir 20 tahun di industri ini dan didukung oleh Getty Images yang bergengsi, situs stok iStock menjual foto-foto berdasarkan permintaan dengan paket kredit (semakin besar paket, semakin rendah harga kesatuan) dan langganan. Agensi ini sekarang terkenal dengan perpustakaannya yang sangat bagus yang menampung ratusan juta foto dalam dua koleksi utama. Tetapi Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian situs atau menelusuri gambar berdasarkan kategori.

Essentials adalah koleksi yang menampung gambar berkualitas dan beresolusi tinggi yang dapat Anda gunakan untuk kampanye pemasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat membeli gambar stok tunggal dengan hanya 1 kredit masing-masing – antara $ 8 dan $ 12 tergantung pada paket kredit yang digunakan. Essentials adalah paket berlangganan yang paling terjangkau, memungkinkan Anda memilih antara 10 dan 750 gambar sebulan, dan dengan opsi bulanan dan tahunan. Tentu saja, semakin besar plan yang dipilih dan semakin lama komitmen, semakin rendah harga per gambar.

Koleksi Signature menawarkan foto terbaik yang tidak hanya memiliki potensi komersial lebih besar tetapi juga eksklusif untuk iStock. Membeli berdasarkan permintaan masing-masing 3 kredit – $ 24 hingga $ 33, dan paket berlangganan untuk Signature juga termasuk akses ke Essentials.

Alamy

Alamy adalah situs besar lainnya untuk menjual stock photo Anda. Fotografer dapat menyimpan 60% dari gambar mereka yang terjual. Selain itu, Alamy tidak mengharuskan Anda untuk memberikan mereka hak eksklusif untuk foto Anda, yang berarti Anda dapat menjual foto Anda di situs lainnya.

Alamy adalah agen stock photo dengan sejarah panjang di pasar, menawarkan stock photo berkualitas tinggi dengan lisensi Rights Managed dan Royalty-Free. Mereka memiliki lebih dari 145 juta foto dan sistem penetapan harga sederhana untuk memberi Anda visual yang tepat untuk desain Anda. Mereka fokus pada pasar komersial, desainer, dan editorial yang mencari penggunaan khusus gambar, tetapi mereka juga menyadari kebutuhan yang semakin meningkat untuk mendapatkan foto yang berkualitas dan murah, yang dimungkinkan oleh lisensi royalty-free. Desain situs web baru mereka, yang diluncurkan pada bulan April 2010 telah berhasil menggabungkan beberapa fitur utama yang menarik bagi pembeli, blogger dan perancang web.

Penutup

Saat ini, bagi siapapun yang memiliki hobi fotografi dapat membuat penghasilan dari sesuatu yang mereka sukai, sambil terus mengembangkan bakat mereka di bidang fotografi. Semua ini dimungkinkan dari adanya berbagai situs stock photo yang menawarkan berbagai kemudahan baik bagi fotografer maupun pembeli. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

1 Komentar

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *