2 Cara Download Dokumen di Scribd dengan Laptop/PC & Smartphone

Gambar seseorang memegang Kindle
Gambar: Freestocks

Bagi kalian yang suka mencari sumber bacaan secara online. Saya yakin situs bernama Scribd sudah tidak asing di telinga kalian? Sumber bacaan di sini bermacam-macam. Tetapi pada artikel ini saya merujuk pada sumber bacaan berbentuk PDF. Yap, seperti buku yang bisa dibaca pada laptop, iPad, atau smartphone kalian. Jadi mungkin ada versi cetak yang bisa kalian temukan di toko buku kesayangan kalian.

Bukan hanya itu saja. Scribd menyediakan lebih dari itu. Apa saja memangnya? Berikut yang disediakan oleh mereka:

  • Buku: Coba cari buku yang kalian butuhkan. Saya yakin ada di sana. Buku untuk serius atau menghibur bisa kalian temukan dengan mudah.
  • Buku Audio: Bagi kalian yang suka mendengar dibanding membaca. Coba unduh atau download buku dalam bentuk suara di sana. Sehingga akan ada audio dengan durasi berjam-jam yang akan kalian dengar.
  • Majalah: Para penggemar majalah dengan tema tertentu, coba cek di menu magazines. Kalian seperti melihat tumpukan majalah dengan berbagai genre.
  • Jepretan: Saya menerjemahkan kata Snapshots. Seperti rangkuman dari sebuah tulisan. Rata-rata dibaca hanya +/- 10 menit.
  • Dokumen: Hmm, ini cocok untuk para researcher atau peneliti. Butuh referensi atau ingin menambah daftar pustaka di penelitian Anda? Coba main ke Scribd deh. Seabrek dokumen bisa diunduh dan dijadikan referensi.

Scribd pun memiliki slogan untuk para pengunjung. “Read Without Limits: Enjoy an unlimited* number of books, audiobooks, magazines, and more.” Tuh, mantap betul ya? Kutu-kutu buku mari gas ke sana. Siapa tahu stok bacaan di kamar sedang habis. Boleh lah sekali-kali baca lewat gadget kalian. Memang tidak bisa dipungkiri. Beberapa orang suka pusing ketika membaca melalui gadget seperti laptop, smartphone, dll. Saya juga demikian, saat kelamaan membaca PDF di laptop. Tidak betah gitu mata ini.

Tetapi ada satu gadget (dan aplikasi) yang dikembangkan oleh Amazon. Katanya sih reading friendly. Masa sih? Saya akhirnya coba cari tahu tentang Kindle ini. Googling dengan keyword: “Pengalaman menggunakan kindle” akhirnya membaca pengalaman seseorang saat menggunakan gadget satu ini. Ternyata memang benar. Gadget sudah didesain sedemikian rupa agar reading friendly.

Bentuknya persis seperti tab atau iPad. Lebar dan berbentuk kotak. Pastinya ada merek yang tertera “Kindle.” Namun kelebihan dari gadget satu ini. Di mana brightness serta tampilan seperti melihat buku asli. Bisa kalian atur sedemikian rupa. Beberapa sumber yang saya baca, bahkan warna latar belakang tulisan bisa kecoklatan gitu. Ya mirip kertas buku pada umumnya. Sangat ramah untuk mata yang lelah dikala membaca pada gadget biasa. Btw, gambar Kindle bisa dilihat pada cover picture di tulisan ini. Scroll ke atas guys.

Eh iya. Kindle ada aplikasinya juga loh. Mungkin bisa coba dulu aplikasinya sebelum membeli gadgetnya. Kalian bisa mengunduh di Google Play, App Store, atau web resmi Kindle. Coba nikmati file PDF kalian melalui aplikasi ini. Saya rasa juga reading friendly. Sehingga Amazon berani mengembangkan aplikasi ini untuk berbagai platform.

Cara Download di Scribd

Mari kita mulai bahas, bagaimana cara untuk mendapatkan file PDF atau ebook di Scribd. Bagaimana sih cara download di Scribd supaya bisa menikmati ebook yang diinginkan? Kemudian, bisa kita baca dengan gadget kita.

Melalui Browser PC

Ini cara pertama yang akan kita coba. Di mana browser atau peramban web sebagai alatnya. Kalian bisa menggunakan Google Chrome, Safari, Firefox, dan lainnya.

Pertama, akses dulu situs Scribd. Sehingga akan tampil seperti ini. Lalu, klik tombol Read Free For 30 Days seperti yang saya tunjuk.

Klik Read Free For 30 Days

Kedua, akan tampil form yang perlu diisi. Di sini seperti registrasi untuk pengunjung atau pengguna baru. Silakan lengkapi form tersebut. Bagi yang ingin mendaftar melalui Facebook atau Google, bisa kalian klik (opsional):

  • Sign Up With Facebook
  • Sign Up With Google

Melengkapi Form

Ketiga, setelah kita melengkapi form. Biasanya akan dikirim email verifikasi dari Scribd. Jadi, pantau email yang kalian gunakan untuk daftar. Kemudian, klik link tersebut untuk mengaktivasi akun Anda. Baru setelah itu boleh melakukan Sign In atau masuk ke Scribd dengan email dan kata sandi Anda.

Sign in atau masuk ke Scribd

Keempat, begini tampilan ketika kalian berhasil Sign In atau masuk ke Scribd. Anda akan langsung ditawarkan banyak ebook yang bisa dibaca. Namun ini belum selesai. Pasalnya jika kalian klik salah satu buku. Silakan pilih buku yang sekiranya menarik untuk dibaca.

Memilih buku yang diinginkan

Kelima, misalnya saya memilih buku “Risalah Tuntunan Shalat Lengkap” maka akan tampil detail dari buku tersebut. Mulai dari jumlah halaman, penilaian (rating) para pembaca Scribd. Hingga informasi lain terkait publikasi buku tersebut.

Sekarang perhatikan pada tombol “Mulailah 30 Hari Gratis Anda”. Kemudian klik tombol tersebut untuk lanjut ke step berikutnya.

Klik Mulailah 30 Hari Gratis Anda

Keenam, beruntung bagi kalian yang memiliki kartu debit dan kredit. Di situ tinggal input informasi kartu debit/kredit untuk menikmati trial selama 30 hari dan menikmati semua ebook secara gratis. Tetapi, bagi yang tidak memiliki kartu debit/kredit bagaimana? Oke, baca sampai habis.

Mengisi info kartu kredit/debit

Ketujuh, kembali ke halaman sebelumnya. Cukup klik arah panah back supaya kembali ke halaman buku sebelumnya. Sekarang kalian perhatikan URL di browser Anda. Silakan copy URL tersebut terlebih dahulu.

Copy URL buku

Kedelapan, buka situs downloader ini untuk paste URL yang telah kita copy sebelumnya. Pilih salah satu atau bisa kalian coba semuanya.

Percobaan yang telah saya lakukan. Ternyata downloader di atas tidak worked di laptop saya. Ada pesan seperti di bawah ini. Saya yakin ini bentuk keamanan yang dilakukan oleh Scribd. Sehingga tidak bisa lagi untuk download dengan cara ini. Bagaimana jika di laptop kalian?

Layanan sedang offline

Kesembilan, info penting (terbaru)

Eh, saya akhirnya menemukan solusi (penyebab). Yah tapi memang sangat disayangkan. Ternyata downloader di atas tidak mendukung untuk download buku di Scribd. Hanya mendukung dokumen (PDF). Jadi bagi kalian yang ingin mengunduh buku, mohon maaf tidak bisa melalui downloader di atas.

Pilih dokumen (hanya dokumen yang bisa di download)

Kesepuluh, pilih (cari) dokumen PDF yang ingin kalian unduh. Cukup klik salah satu. Setelah itu kalian arahkan kursor ke URL di bagian atas browser. Silakan CTRL + C atau copy URL tersebut.

Copy URL untuk dokumen yang di download

Kesebelas, buka situs downloader yang telah saya rekomendasikan di atas. Paste URL yang telah kita copy sebelumnya di form yang disediakan. Kemudian, klik Get Link untuk mendapatkan link atau tautan download dari dokumen PDF Scribd.

Paste URL dan klik Get Link

Keduabelas, centang dulu untuk memastikan Anda bukan robot. Kita ikuti prosedur dari downloader ini ya. Terakhir klik Check And Download PDF untuk persiapan mengunduh dokumen dari Scribd tadi.

Verifikasi robot dan check & download

Ketiga belas, langkah terakhir untuk mengunduh dokumen PDF dari Scribd. Silakan klik tombol yang saya tunjuk. Maka proses download akan berjalan.

Klik Download PDF

Keempat belas, biasanya akan muncul dialog box untuk memilih penyimpanan hasil download. Klik Save untuk melanjutkan.

Klik save pada Komputer

Ini dia file PDF yang telah berhasil kita download secara free (gratis tanpa bayar). Sehingga bisa kita buka di PC atau laptop masing-masing. Selesai. Selamat membaca.

Dokumen yang telah berhasil di download

Melalui Smartphone (Android, iPhone)

Saya coba beralih ke smartphone. Mungkin kalian malas repot untuk membuka laptop. Atau, mencari cara yang lebih praktis. Oleh karena itu, saya akan memberi tutorial melalui smartphone/Hp. Bisa kalian coba pada OS Android atau iOS. Berikut hal yang perlu dipersiapkan:

  • Smartphone
  • Koneksi internet
  • Browser

Langkah-langkah download dokumen Scribd di smartphone:

  • Pertama, buka browser di smartphone Anda. Lalu akses Scribd.com hingga tampil di peramban web Anda. Pada smartphone tampilan sudah pasti berbeda dengan di PC/Laptop. Maka kalian bisa sentuh 3 garis yang bertumpuk, seperti yang saya tunjuk.
  • Kedua, pilih dokumen. Dikarenakan kita ingin mengunduh dokumen (PDF) pada Scribd.

 

  • Ketiga, pilih dokumen yang Anda inginkan. Scribd menyediakan banyak sekali dokumen yang bisa kita unduh. Silakan pilih salah satu.
  • Keempat, hingga masuk ke salah satu dokumen. Jika kalian klik Download di situ, kalian harus registrasi terlebih dahulu. Sehingga jangan diklik tombol download tersebut. Kita perlu copy URL terlebih dahulu yang ada di bagian atas (saya menggunakan browser Opera Mini).

 

  • Kelima, URL yang telah kita copy sebelumnya. Silakan paste pada form yang saya tunjuk (Kalian sudah masuk ke situs downloader ya). Caranya dengan tahan sentuhan kalian, kemudian sentuh paste. Pastikan URL sudah tampil di form tersebut. Lalu, klik Get Link untuk mendapat tautan download.
  • Keenam, akan diarahkan ke halaman berikutnya. Di sana perlu verifikasi I’m not a robot, pastikan telah tercentang seperti di bawah ini. Baru kita bisa klik Check And Download PDF.

Paste URL dan Get Link

  • Ketujuh, sentuh Download PDF supaya proses unduh berjalan pada smartphone Anda. Harap tunggu sejenak sebelum membuka dokumen tersebut.

Download PDF di Smartphone/HP

Itu dia cara mudah download dokumen melalui hp Anda. Btw, kita tidak perlu masuk (tanpa login) di Scribd untuk melakukan proses download dokumen. Alih-alih registrasi akun seperti yang saya lakukan di awal. Sehingga praktis untuk kalian terapkan.

Oya, Scribd tidak hanya mendukung download dokumen. Melainkan boleh upload dokumen yang kalian punya di sana. Hal inilah yang memerlukan register akun. Supaya kita bisa melakukan unggah dokumen di Scribd.

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai cara download di Scribd sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *