Adsense. Mungkin sebagian orang masih belum mengenal atau memahami mengenai adsense. Terutama jika mereka tidak bermain blog ataupun website. Mudahnya, adsense adalah cara mendapatkan uang dari Google dengan memasang iklan. Uang ini akan masuk ke pundi-pundi setiap ada orang yang mengklik iklan yang sudah terpasang di blog atau website mereka.

Jika beruntung, seseorang yang memasang adsense di blog atau website mereka bisa mendapatkan jumlah uang yang sangat banyak tidak hanya ratusan ribu, tapi hingga jutaan. Siapa yang tidak terguir dengan cara ini? Namun, banyak juga yang sudah memasang adsense, tapi uang yang mereka dapatkan masih sangat sedikit dan jauh dari harapan. Karena itulah mendapatkan uang dari adsense itu susah-susah gampang.

Baca juga : Cara Membuat Blog Berkualitas dan Dijamin Aman Dipasang Google Adsense

Kamu mungkin termasuk orang-orang yang suka bermain blog atau website dan sudah memasang iklan adsense dengan harapan akan mendapatkan uang dalam jumlah yang cukup banyak. Akan tetapi, hingga kini kamu masih belum bisa mendapatkan jumlah uang sebanyak yang kamu harapkan.

Mendapatkan atau menghasilkan uang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan atau berharap uang akan jatuh dari langit layaknya hujan. Kamu perlu memberikan usaha yang keras, tekad yang kuat, dan bersungguh-sungguh ketika melakukannya. Bila kamu ingin mencapai apa yang menjadi harapanmu, kamu harus mau berusaha lebih keras lagi.

Kamu harus mencari cara untuk lebih mengoptimalkan adsense milikmu agar dapat menghasilkan uang tidak hanya ratusan ribu, tapi hingga jutaan! Kamu dapat melakukan 7 cara jitu ini untuk membantu mengoptimalkan adsense milikmu!

1. Dimana kamu akan tempatkan iklan itu!

Perhatikan letak adsense
Perhatikan letak adsense via distilled.net

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dan pikirkan baik-baik adalah di mana kamu akan menempatkan iklan atau adsense dalam blog atau website milikmu. Jangan menganggap remeh masalah penempatan ini karena dengan pemilihan penempatan yang benar dan tepat, bukan tidak mungkin uang yang akan kamu dapatkan akan meningkat!

Pikirkan di mana tempat yang pas dan cocok agar para pengunjung dapat langsung melihatnya begitu membuka blog atau website milikmu. Pastikan para pengunjung dapat dengan mudah menemukan dan mengkliknya. Semakin bagus tempat yang kamu pilih, maka akan semakin tinggi kemungkinan para pengunjung untuk mengklik adsense. Untuk memudahkannya, cobalah untuk memikirkannya dari sudut pandang pengguna.

Kamu dapat menempatkan adsense di awal tulisan atau paragraf, di tengah-tengah tulisan, atau di akhir dari tulisan tersebut. Ini merupakan tiga tempat yang sangat strategis untuk menempatkan adsense. Ada satu tempat lagi yang dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk memasang adsense yaitu bagian pinggir website atau sidebar. Yang sebaiknya tidak kamu lakukan adalah meletakkan adsense di bagian teratas dari tulisan sehingga membuat tulisan itu menjadi terdorong ke bagian bawah. Jangan lupa juga untuk meletakkan adsense dekat dengan isi tulisan yang menarik minat para pengunjung.

2. Pentingnya kata kunci!

Kata kunci!
Kata kunci! via feldmancreative.com

Kata kunci atau keyword merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk mengoptimalkan adsense di blog atau website milikmu. Saat memilih kata kunci, pilihlah kata kunci yang memiliki jumlah klik paling tinggi. Selain itu, pilih kata kunci yang memiliki nilai klik yang tinggi sehingga jumlah uang yang akan masuk ke dalam pundi-pundi kamu pun akan meningkat. Biasanya nilai klik untuk kata kunci dalam bahasa Inggris lebih mahal dibandingkan dengan kata kunci dalam bahasa Indonesia.

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, kamu dapat menggunakannya ketika menulis isi dari blog atau website milikmu. Kamu dapat menyebarkan kata kunci itu sebanyak mungkin di dalam isi tulisan. Hal ini dikarenakan semakin banyak kata kunci yang ada, maka adsense akan semakin sering muncul.

3. Pakai ukuran iklan sesuai aturan!

Ikuti aturan main agar hasilnya maksimal
Ikuti aturan main agar hasilnya maksimal via worthofblog.com

Bukan hanya masalah di mana kamu akan meletakkan iklan, tapi juga berapa ukuran yang akan kamu gunakan untuk iklan tersebut. Setelah kamu menemukan tempat yang pas dan cocok, kamu harus tahu berapa ukuran iklan yang harus digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan mengikuti aturan ukuran iklan, kamu dapat mengoptimalkan adsense sehingga mendatangkan uang lebih banyak ke pundi-pundimu.

Jika kamu memilih iklan dengan menggunakan kotak berukuran besar, kamu harus menggunakan ukuran sebesar 336×280. Iklan ini akan lebih baik kalau diletakkan di dalam isi tulisan atau di bagian akhir tulisan. Kemudian jika memilih iklan dengan menggunakan kotak yang berukuran sedang, kamu harus memakai ukuran sebesar 300×250. Iklan ini juga sangat bagus jika diletakkan di dalam isi tulisan atau di bagian akhir tulisan.

Apabila kamu menggunakan kotak panjang horizontal atau biasa disebut dengan spanduk utama, kamu harus memakai ukuran 728×90. Posisi terbaik dari iklan ini adalah di bagian teratas dari isi tulisan. Kamu juga bisa menggunakan ukuran 300×600 jika ingin menarik perhatian para pengunjung karena memakan hampir dari separuh halaman tulisan. Ukuran ini juga memiliki dampak yang cukup baik untuk blog atau website milikmu.

Semua ukuran iklan ini dapat digunakan untuk iklan yang berupa gambar maupun tulisan (teks). Ingatlah untuk memilih ukuran iklan yang sesuai dengan blog atau website agar tidak mengganggu penampilan.

4. Rajin-rajinlah buat tulisan terbaru!

Young guy using laptop at desk

Jangan malas buat tulisan via greenhouse.io

Tidak ada cara yang mudah untuk mendapatkan uang, kamu perlu berusaha sebaik mungkin! Oleh karena itu, janganlah pernah merasa malas untuk membuat tulisan atau konten untuk mengisi blog atau website milikmu. Rajin-rajinlah untuk selalu meng-up to date isi dari blog dan website. Kalau perlu kamu dapat membuat jadwal kapan akan membuat tulisan baru untuk membiasakannya menjadi kegiatan yang rutin.

Kamu sebaiknya membuat tulisan yang memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung sehingga pengunjung akan terus berdatangan dan kembali membaca isi blog atau website milikmu. Jika kamu memiliki blog atau website yang ramai pengunjung secara otomatis jumlah uang yang akan kamu dapatkan akan meningkat. Hal ini dapat terjadi karena jumlah klik pada adsense meningkat.

5. Manfaatkan Google Analytics!

Google analytics
Google analytics via ballmedia.com

Untuk mengoptimalkan adsense, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Google Analytics. Google Analytics ini dapat membantu kamu untuk menemukan strategi apa yang cocok dan pas untuk diterapkan di blog atau website milikmu. Aplikasi ini dapat memahami dan melihat bagaimana karakteristik pengunjung yang datang ke blog atau website milikmu.

Kamu dapat menggabungkan penggunaan adsense dan Google Analytics secara bersamaan untuk mendapatkan keuntungan seperti iklan yang akan bekerja lebih baik lagi sehingga uang yang kamu hasilkan juga menjad lebih banyak.

Dengan Google Analytics, kamu akan dapat mengetahui di mana para pengunjung paling lama menghabiskan waktu atau tulisan seperti apa yang membuat mereka tertarik. Dari sini kamu dapat menentukkan di mana akan meletakkan iklan sehingga para pengunjung akan melihatnya.

6. Buat desain yang mudah diakses dan menarik!

Desain yang sederhana
Desain yang sederhana via imcd.com

Sebaiknya kamu membuat desain blog atau website yang mudah diakses sehingga para pengunjung tidak akan kebingungan atau merasa tidak nyaman ketika berkunjung dan membaca isi dari blog atau website milikmu. Jika para pengunjung merasa tidak nyaman, mereka kemungkinan tidak akan kembali ke blog atau website milikmu sehingga membuat jumlah pengunjung menurun dan tentu saja uang kamu hasilkan akan menurun juga.

Kamu dapat membuat blog atau website milikmu menjadi menarik dengan menggunakan template dan widget, namun jangan sampai terlalu banyak sehingga mengalahkan iklan yang ada. Cukup gunakan saja seperlunya. Kamu juga dapat mendesain blog atau website sesuai dengan karakteristik isi ataupun pengunjung yang ingin kamu jadikan target.

7. Pakai iklan responsive!

Iklan responsive
Iklan responsive via theawsc.com

Kamu ingin mengoptimalkan adsense dan mendulang uang dalam jumlah yang cukup besar? Pakai iklan responsive! Dengan menggunakan iklan responsive, kamu akan memiliki peluang yang lebih luas dan besar untuk menambahkan uang ke pundi-pundi penyimpanan karena dapat mencakup tidak hanya personal computer dan laptop, tapi juga handphone dan tablet.

Baca juga : Ingin Jadi Internet Marketer? Kenali Dahulu Sifat Yang Harus Dihindari Ketika Berhasil Nanti

Iklan yang ada di blog atau website milikmu akan mengatur dan menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan perangkat yang digunakan. Ini merupakan cara yang sangat bagus mengingat semakin banyaknya orang yang mengakses internet dengan menggunakan handphone dan tablet.

Jika memang benar-benar berniat untuk mendapatkan uang tambahan hingga jutaan, maka jangan pernah malas untuk mempraktikkan 7 cara jitu yang sudah disebutkan di atas. Kamu juga tidak boleh berharap akan langsung mendapatkan uang dalam jumlah yang baik secara cepat. Oleh karena itu, kamu harus bersabar, tekun, dan terus berusaha keras.

Jadi, selamat praktek!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook or Twitter @WRahMada.

8 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. ZAINUL ARIFIN April 24, 2016 at 7:34 AM - Reply

    Makasih Infonya Kak… sangat Membantu

  2. Widodo May 7, 2016 at 7:56 AM - Reply

    ilmu yang bermanfaat jadi semagat unuk belajar
    salam kenal mas

  3. dian sasono May 7, 2016 at 8:43 AM - Reply

    Blognya sangat menginspirasi saya untuk menghasilkan uang dari adsense. Tapi saat ini blog saya masih sedikit trafficnya…mau tanya untuk mendaftar ke adsense, traffic harus sudah mencapai berapa untuk bisa dipasang adsense..

  4. Kaisar Ali May 16, 2016 at 1:44 PM - Reply

    Woow tips yang menarik kakak :), thanks ya kakak 😀

Leave A Response