Toko online anda mempunyai banyak traffic tapi tingkat konversinya (penjualan) rendah? Jangan buru-buru menyalahkan traffic-nya dulu. Siapa tau memang toko online anda yang tidak mampu menarik konversi ke tingkat yang lebih tinggi dari sekarang. Ini ada 5 (lima) tools yang dapat dipakai untuk meningkatkan penjualan toko online yang anda kelola saat ini :

coffee cupping photo

1. Live Chat! Sudah menjadi rahasia umum apabila komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli akan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pembeli terhadap produk yang kita jual. Komunikasi 2 arah memungkinkan calon pembeli untuk merasa terikat dengan toko online kita. Selain itu, calon pembeli juga bisa mendapatkan informasi yang diperlukan (dan tidak ada di website) melalui komunikasi langsung dengan pemilik atau pengelola atau bahkan customer service dari toko online anda. Dari sisi pengelola, live chat berfungsi lebih banyak untuk mengetahui jenis konsumen yang anda hadapi. Selain itu, tentu saja mengasah kemampuan persuasi penjual.

Pertanyaan selanjutnya adalah live chat seperti apa yang diperlukan? Ini pertanyaan mudah. jawabannya adalah live chat yang bisa dipakai paling mudah oleh calon pembeli anda. YM atau skype bisa menjadi opsi, tetapi keduanya memerlukan login dari pembeli. Untuk lebih simpel lagi Olark adalah salah satu penyedia live chat yang dapat anda pakai. Sangat mudah dipakai, hanya memasang scrypt di footer dan website anda langsung mempunyai live chat. Ketersediaan fasilitas ini akan membuat calon pembeli produk anda juga merasa aman.

Anak bangsa Indonesia yang menyediakan fasilitas live chat hebat : WG Chat. Lebih dari sekedar live chat, WG Chat bahkan menyediakan layanan manajemen antrian, manajemen transkrip, manajemen laporan dan layanan satu aplikasi untuk semua chat. Bagi anda pemilik toko online, bahkan bisa langsung memonitor kegiatan dan percakapan yang dilaksanakan oleh customer service anda. Mengapa ini powerful? Buat saya, konversi harus menjadi yang utama, salah satu caranya ya dengan selalu mengevaluasi cara kerja customer service. Semakin pendek waktu closing transaksi, semakin hebat CS kita itu.

2. Heat Maps! bukan Miami Heat, tapi Heat Maps! Buat apa coba? Heat maps ini sangat berguna untuk mengetahui perilaku traffic yang masuk ke toko online kita. Ibaratnya toko baju offline, kita akan mengetahui apakah pengunjung toko kita lebih banyak melihat-lihat di bagian kemeja, kaos atau jeans. Demikian juga di toko online. Heat Maps akan mendeteksi kemana pengunjung toko online kita berada. Tools ini pada dasarnya merekam pergerakan mouse dan klik pengunjung di website kita.

Dengan Heat Maps kita juga akan bisa meningkatkan user experience. Fokus kepada bagian-bagian yang terdeteksi ‘panas’ oleh Heat Maps dan cobalah membuat ‘sesuatu’ disitu. Misalnya pada saat kita memberikan pilihan bonus, akan terlihat bonus yang mana yang lebih banyak disukai oleh pengunjung. Mengetahui perilaku seperti ini, bagi seorang marketer, adalah sangat penting. Tidak hanya berbicara masalah konversi penjualan, tetapi juga pengalaman berkunjung yang dialami oleh visitor. Hubungkan Heat Maps dengan Bounce rate website anda dan anda mempunyai alat analisis perilaku konsumen yang akurat. Tool heat maps ini bisa didapat salah satunya di : crazyeeg.

3. Riset. Nah ini juga penting. Riset pelanggan akan membuat anda, pemilik toko online, lebih mengerti keinginan pelanggannya. Riset ini bisa dilakukan dengan memasang widget survey di website anda. Jawaban dari setiap pertanyaan akan sangat krusial dan apabila diimplementasikan akan dapat meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk meriset pelanggan anda adalah dengan menggunakan User Testing. Tool ini bisa membantu anda untuk men-test website anda sendiri, website kompetitor bahkan sampai degan kehebatan landing page atau shopping cart yang anda pakai.

Cara lain dengan memakai survey. Qualaroo adalah tool yang menawarkan inline survey dari website anda untuk pengunjung. Dengan tool ini, anda dapat menanyakan pertanyaan yang sangat spesifik. Bahkan anda bisa menawarkan bonus/ hadiah setelah pengunjung mengisi survey yang ada berikan. Hal penting lain dari bagian ini adalah langkah yang anda tempuh setelah anda tahu jawaban dari pengunjung. Bagaimana anda akan memfollow up hasil riset dan survey yang anda lakukan. Disini anda akan bisa mengunci konversi penjualan toko online anda lebih tinggi.

4. Behavioral targeting. Ini menarik. Kalau anda me-list building pengunjung, sangat susah untuk melihat dan mengingat apa yang sudah pengunjung tersebut lakukan di website kita. Munculnya Vero kita bisa men-segmentasi pasar dari visitor yang masuk. Misalnya gini. Kita bisa mengirimkan email yang berbeda dari dua leads yang berbeda segmen. Vero bahka meng-klaim bisa mengirimkan email berdasarkan kepada perilaku pelanggan kita. Seperti, ketika ada pelanggan yang meninggalkan shopping chart begitu saja karena kesibukannya, Vero dapat mengirimkan email kepada pelanggan tersebut dan membuatnya kembali lagi dan menuntaskan proses belanjanya.

Memang ada banyak sekali cara untuk meningkatkan konversi penjualan toko online kita. Semua hal di atas apabila tidak didukung dengan penanganan toko yang baik justru tidak akan ada kemajuan. Maju terus pantang mundur!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock ‘n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. ilhami October 31, 2013 at 2:42 PM - Reply

    wow nice post

    kunjungi juga ya http://www.tokoilhami.blogspot.com

Leave A Response