Terus terang, saya bukan ahli tentang Google Adsense, tetapi saya pernah mendapatkan sesuatu dari Adsense. Buat saya, pemahaman tentang Adsense barangkali sedikit berbeda dengan teman-teman. Mohon dikoreksi apabila saya salah, tetapi melihat kepada apa yang terjadi, sepertinya yang ada dipikiran saya bisa dipastikan benar.

Satu-satunya problem bagi Publisher Adsense adalah tidak punya kesabaran. Bagi saya, bermain dengan Google Adsense itu seperti kita mancing. Semua hal harus kita persiapkan terlebih dahulu, seperti pancingannya, umpan, topi, baju bahkan sampai dengan tempat duduk yang nyaman. Apakah setelah kita persiapkan semua, ada jaminan akan dapat ikan? Tentu saja tidak. Dan satu-satunya senjata yang harus dipunyai oleh pemancing adalah kesabaran. Umpan yang dipakai harus berkualitas dan pancingnya juga musti kuat buat mendapatkan ikan yang besar.

Publisher Google Adsense seringkali kehilangan kesabaran. Selalu ingin cepat-cepat mendapatkan hasil. Akhirnya muncullah berbagai tools buat membantu kita secepat mungkin mendapatkan posisi di search engine. Sebagian besar tools ini membantu kita untuk pasang backlinks, grabbing konten dan bahkan sampai dengan tools putus asa : click jacking! Saya bilang tools putus asa karena ya memang itu menunjukkan kalau kita sedang sangat desperado. Ngeklik iklan Adsense yang muncul di web sendiri adalah sangat ngawur (walaupun pake tool juga). Dijamin pasti ketahuan. Saya pernah soalnya hahaha..

blogger photo

Jadi, sebetulnya apa yang harus dilakukan? Sebetulnya sangat simpel. Ada 3 (tiga) aturan untuk menciptakan konten yang berkualitas dan disukai oleh Google, yaitu

  • Jangan pernah membuat konten yang duplikat. Ibarat makanan, ini adalah hal yang haram. Dan kalau bicara haram, dari sisi manapun juga ya akan tetap haram. Google sangat menyarankan kita untuk fokus membangun website yang berkualitas daripada mempunyai web yang banyak tetapi tidak ‘berisi’. Dalam pandangan Google, mungkin, ya kayak kita pacaran. Kalau punya banyak pacar bakalan repot sendiri. Mendingan punya satu tetapi sangat sayang. Punya web satu tetapi diurusin dengan penuh kasih sayang jauh lebih berarti daripada web banyak tapi tidak maksimal ngurusinnya. Selain itu, apabila kita fokus terhadap satu web, diyakini oleh Google, informasi yang disampaikan akan lebih berharga dan memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Nulisnya pasti pakai cinta. Pret!
  • Sediakan konten yang membuat pembaca berkunjung dan kembali lagi ke web kita. Menurut saya ada banyak hal yang membuat web kita bolak-balik dikunjungi oleh visitor. Yang pertama, adalah karena web kita memberikan informasi yang dicari oleh mereka. Ekses dari alasan ini berarti, menurut saya, web kita harus fokus kepada satu tema atau topik. Tidak perlu gado-gado, fokus saja (kecuali kita bisa ngalahin Detik). Ambil topik tertentu yang anda kuasai kemudian jadilah nomer satu ditopik tersebut. Yang kedua, web harus penuh dengan update. Pengunjung sangat ingin mendapatkan ‘sesuatu’ dari web anda. Jadi, update-lah web anda sesering mungkin. Pastikan ketika ada pengunjung yang balik lagi dia mendapatkan sesuatu yang baru. Dan yang ketiga, gaya bahasa. Menurut saya, cara menulis setiap orang berbeda-beda. Khas dari BixBux ini adalah gaya tulisan yang sangat kasual, tidak basa-basi dan jauh dari kesan formal. Bukan disengaja, tetapi mungkin karena memang gaya saya menulis seperti ini. Jujur saja, pernah saya membeli beberapa artikel, tetapi pada akhirnya gak pernah pas dengan gaya bahasa yang dipakai. Padahal isinya bagus-bagus. Jadinya tetap saja saya modifikasi dengan gaya bahasa khas BixBux.
  • Konsisten dengan informasi yang diberikan. Ini juga penting. Ini bukan masalah seberapa sering kita update konten di web kita. Tetapi lebih kepada upaya kita untuk jujur kepada pembaca setia blog yang kita punyai. Jangan pernah membuat blog atau web untuk Google Adsense! Maksudnya begini, kalau bikin web, ya fokus ke konten, jangan pikiran kita selalu dipenuhi oleh bagaimana mendapatkan uang dari Adsense ketika membangun sebuah blog. Ini pola mindset. Sebagian besar publisher, membuat blog karena ingin mendapatkan pendapatan dari Adsense. Jadi mereka melakukan banyak riset keywords, kemudian memakai banyak tools untuk mempercepat pekerjaan. Lupakan saja. Bangun blog/ website sesuai denga keinginan anda. Kalau senang dengan game, bangun website yang berhubungan dengan game. Tulis sebanyak-banyaknya yang anda tahu tentang game, dan seterusnya. Ketika blognya sudah besar, pengunjungnya banyak, baru pasangin Adsense. Itu yang benar.

Jadi, membangun website yang disukai Google Adsense tidak ada jalan pintasnya. Bagi saya, membangun blog atau website yang berkualitas selalu memerlukan waktu, usaha dan tenaga yang intens. Tetapi apabila kita melakukannya dengan penuh rasa cinta, pasti tiba-tiba tak terasa blog kita sudah terisi ratusan bahkan ribuan artikel yang kita tulis sendiri. Selain aman dari banned Adsense, punya blog seperti ini rasanya bangga bener. Sungguh!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

16 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Yayan Sugiana November 27, 2014 at 10:13 AM - Reply

    Sabar, penuh cinta, itulah sikap yang juga sedang saya lakukan dalam membangun blog. Semoga ke depan blog tersebut bisa mencapai tahap paripurna dari sisi monetize-nya. Google Adsense? Ah, itu masa lalu saya. Soalnya blog yg saya bangun itu telah di-banned dg dasar tuduhan yang tak pernah saya lakukan.

    • Wientor Rah Mada November 27, 2014 at 10:29 AM - Reply

      Pak Yayan, apa kabar? Kalau belum pernah ke banned rasanya kita gak akan naek kelas pak. Matur suwun sudah mampir 🙂

  2. Lutfi December 10, 2014 at 11:49 AM - Reply

    Gw bingung deh gan sama ” buat artikel jangan kopas “. sekarang kalo kita ngetik sendiripun belum tentu gak ada nilai atau kata yang plagiatnya, jadi tetep check di plagiarism / copyscape .. trus bedanya apa sama article yang kita spin kemudian kita check dan 100% lolos.
    …??

    Mohon sharing pencerahannya gan .. thanks sebelumnya nih, harap balas yah ..

    1 lagi, salam kenal hehehhe

    • Wientor Rah Mada December 10, 2014 at 2:16 PM - Reply

      Google melihat artikel itu kayak sidik jari. Nah, tidak ada sidik jari yang sama di dunia ini, begitu juga artikel. Tidak boleh copas itu aturan baku yang nomer satu. Prinsip dari spinner juga kan bikin artikel jadi unik gan. Spinner itu tugasnya hanya memudahkan kerjaan kita, jadi lebih cepet juga. Tapi tetep, tulisan sendiri jauh lebih berkualitas. Gak perlu cek copy scape, pasti lolos 🙂

  3. Kamera December 13, 2014 at 1:16 AM - Reply

    You Rock Men!!

    Artikelnya ini benar2 memberikan pencerahan buat saya Publisher boleh dibilang masih pemula di dalam bidang Adsense.

  4. Dody Suhendra Putra August 4, 2015 at 4:55 PM - Reply

    Gans salam kenal Semua saya Murid kelas x di jakarta barat , saya ingin bertanya biasa y orang lebih suka dengan website yg ngimna ? kalau boleh saya minta cara agar blog sedikit aman secara singkat aja nih gan !
    trus saya juga pengen tau cara buat masang iklan gan

    Terima kasih Gan !
    blog agan kya nya Keren Juga Tuh

    • Wientor Rah Mada August 5, 2015 at 12:18 AM - Reply

      Dari semua pertanyaan, yg saya ngerti maksudnya cuma yang paling bawah : blog agan keren juga tuh..haahaha thks gan!

  5. Aditya Irviano December 3, 2015 at 4:58 PM - Reply

    Pak Wintor, terima kasih artikelnya banyak yang berguna buat saya. Saya baru belajar menulis blog tahun ini dengan tujuan spesifik, yaitu menyebarkan informasi mengenai jasa dan produk yang saya pasarkan. Blog saya http://livingzlife.org
    Izinkan untuk terus “mencuri ilmu” dari tulisan bapak.

    p.s : saya adik kelas dan murid bapak, jadi nampaknya saya akan terus menimba ilmunya nih… hehehe

    wassalam

  6. nano April 22, 2016 at 9:39 PM - Reply

    bagus uy selera saya ,, belajar di sini ah 🙂

  7. Garmen Studio November 21, 2016 at 8:04 AM - Reply

    Udah dijual adsense nya hehe..

    Tapi siap daftar lagi utk yg lebih serius.. Bismillah..

  8. Rizal November 21, 2016 at 3:36 PM - Reply

    Salam kenal gan, Ane baru terjun ke dunia blogging masih awam dan tidak tau arah, setelah baca-baca banyak pencerahaan. Masalah utama saya adalah di konten buat artikel 500 kata aja beresnya 7 jam. Ada pencerahaan?

    • Wientor Rah Mada November 23, 2016 at 5:57 AM - Reply

      Kalo susah nulis artikel, solusinya ada dua gan : 1. Banyak baca (dijamin kalo banyak baca bakal lebih mudah nulis) atau 2. Beli artikel

  9. Cinto hati February 9, 2017 at 5:23 PM - Reply

    Salam kenal Mas,Maaf bukan nya saya malas,tapi untuk kejar target mau nulis sendiri rasanya Penggel,Minta rekomendasi nya mas,Spinner yang bagus Buat ngeblog Adsense.

Leave A Response