bisnis cpa

CPA singkatan dari Cost Per Action, ada juga yang menyebutnya sebagai Cost Per Acquisition atau beberapa ada juga yang memakai istilah Pay Per Action. Apapun itu, ketiganya mempunyai arti yang sama. Yaitu, kegiatan pemasaran (biasanya berisi iklan) yang advertisernya hanya membayar ketika visitor melakukan sesuatu (take action) terhadap iklan yang kita pasang. ‘Melakukan sesuatu’ ini bisa diartikan dengan memberikan leads, atau bisa juga menyerahkan emailnya, atau mencoba produk advertiser (trial) atau download dan banyak lagi.

Oke, stop berbicara produk, di CPA, sebuah produk biasanya disebut offers atau verticals. Nah, yang mempunyai produk/offers/verticals, itu dinamakan advertiser atau merchant. Dan yang memasarkan, namanya publisher atau affiliates. Satu merchant biasanya mempunyai beberapa produk yang similar. Ini dikarenakan kebutuhan dari merchant tersebut akan output dari CPA Marketing yang akan dilakukan.

Saya kasih contoh begini. Ada perusahaan asuransi mobil di USA yang memerlukan targeted leads untuk memasarkan produk asuransi mereka karena mereka selama ini memakai email marketing. Perusahaan ini akan meng-hire sebuah merchant, atau bahkan bisa mengurusi offernya sendiri dengan salah satu divisi di perusahaannya. Merchant yang di-hire akan membuat beberapa offers (dalam wujud website) dengan penawaran ‘insurance quotation’. Kuotasi Insurance ini membutuhkan leads berupa email visitor yang targeted, artinya targeted secara geografi (Perusahaan asuransi mobil biasanya bekerja berdasarkan states – aturan setiap states bisa berbeda) dan targeted secara psikografi (Orang yang membutuhkan asuransi mobil).

Setelah offers jadi, karena keterbatasannya, merchant tidak mungkin mencari leads sendiri. Mereka memerlukan orang-orang (baca:internet marketer) yang bisa mendatangkan leads untuk mereka. Disinilah peran sebuah CPA Network semacam EWA Network, Peerfly, Neverblue, dll, yang mempunyai jaringan affiliates. Biasanya ribuan affiliates dari berbagai belahan dunia bergabung di dalam satu network.

Maka kemudian merchant masuk ke dalam salah satu Affiliate Network yang ada setelah bernegosiasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap satu leads yang dianggap berkualitas oleh merchant. Oleh karena itu, untuk setiap Affiliate Network, sangatlah penting untuk menjaga kualitas affiliates-nya. Karena affiliates yang berkualitas, berarti leads yag dibawa juga akan berkualitas. Ini yang menyebabkan kita susah mendapatkan approval untuk menjadi affiliates di salah satu Affiliates Network tersebut.

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Founder EntroBuzz. Passionate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook or Twitter @WRahMada.

15 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Eko nofianto January 3, 2013 at 11:58 PM - Reply

    Beberapa kendala yg sering di alami adalah sulitnya di terima saat mendaftar cpa network. Pengalaman saat mendaftar di peerfly dan as seen on pc. Berkali2 di tolak. Adakah kiat agar bsa d terima? Apakah hrus mewajibkan memiliki website dg high trafic? Atau ada penjelasan atau review yg sperti apakah untk meyakinkan affiliate merchan supaya bsa d terima. Trims mas wien : )

    • Wientor Rah Mada January 4, 2013 at 12:04 AM - Reply

      Tergantung CPA Networknya. Banyak juga yang gak musti punya web dgn traffic tinggi kok sekarang, tetapi memang biasanya pengalaman di affiliate marketing ditanyain. Nanti saya bikin postingan sendiri mengenai tips daftar CPA Network deh ya

  2. Eko nofianto January 4, 2013 at 12:08 AM - Reply

    Ok, d tunggu postinganya : )

  3. yansugie January 4, 2013 at 2:08 AM - Reply

    Terima kasih. Mulai ada bayangan tentang apa itu CPA. Saya tunggu postingan mengenai aktivitas yang harus dilakukan. Saya sudah diterima di EWA tapi untuk mulai melakukan aktivitas masih blank total!

    • Wientor Rah Mada January 5, 2013 at 12:05 PM - Reply

      Cooming soon!

      • ray January 5, 2013 at 3:22 PM - Reply

        CPA network kan kebanyakan musti verifikasi ID pake upload KTP atau sejenisnya.

        nah, saya kan masih <18 tahun, apakah saya musti nunggu jadi 18 tahun dulu padahal saya masih 15 hehehehe,

        atau kira2 om wien mau ngasi alternatif solusi? thanks

        • Wientor Rah Mada January 5, 2013 at 4:01 PM - Reply

          KTP itu cuma bentuk verifikasi saja, kalo ada ID yang lain juga boleh. Yang penting punya rekening bank, buat ngirim PO nya nanti :)

  4. Akbar January 4, 2013 at 7:48 AM - Reply

    kedepannya apa mungkin hotel bisa bekerjasama dengan CPA Network utk mendapatkan leads?
    kalo ga bisa kenapa pak?

  5. Wientor Rah Mada January 4, 2013 at 9:22 AM - Reply

    Sangat mungkin, di Neverblue ada offer CPS untuk Marina Bay Sands SIngapore kalo gak salah :)

  6. Purwanto January 7, 2013 at 10:28 AM - Reply

    Salah satu faktor mudah diterima di CPA network adalah punya website sendiri dengan email yang sama pada website tersebut untuk didaftarkan, contoh anda memakai :emailanda@websiteanda.com, serta mengisi form website dengan nama website tersebut.
    Namun ada juga yang tidak berlaku, mereka mencari affiliate yang benar-benar berkualitas untuk network mereka.
    Saya pernah gagal di neverblue, karena mereka menelpon langsung ke saya tengah malam untuk interview dan berkesimpulan saya tidak dapat berkomunikasi saat itu (lha bagaimana bisa konsen, jam 12 tengah malam ditelpon dari Amrik pakai bahasa inggris, mana ngantuk lagi jelas nggak tahu mereka ngomong apa :))
    Maxbounty paling sulit ditembus, berkali-kali daftar pakai domain yang berbeda tetap saja tidak diapprove.
    Yang diapprove cuma clickbooth, peerfly dan beberapa CPA network yang tidak begitu terkenal.
    Clickbooth juga pernah nelpon, lho..cuma itu masih jam 9 malam jadi otak masih segar dan bisa jawab :)

    • Wientor Rah Mada January 7, 2013 at 2:09 PM - Reply

      Bener banget mas, NB sekarang ada perwakilan di HK, jadi kalo nelp pagi/siang :)

  7. andre January 12, 2013 at 7:31 AM - Reply

    om wintor buat produk course donk khusus untuk orang indonesia khusus tentang CPA kayak om agung dengan WSOnya…

  8. si ujang March 5, 2013 at 2:04 PM - Reply

    kang, Kumaha carana ngadamel web CPA? Gaduh tutorialna teu?

Leave A Response

*