Youtube lagi rame.

Well, dari dulu juga udah rame, cuma sekarang lebih rame lagi. Menurut statistik, situs ini mempunyai 1 milyar pengguna. Setiap tahunnya ada lebih dari 1 trilliun views. Setiap hari, ratusan juta jam video dilihat oleh orang di seluruh belahan dunia. Di Amerika, Youtube bahkan mengungguli jaringan televisi berbayar di usia 18-34. Sekali orang melihat video, dia akan menghabiskan rata-rata 40 menit. Lebih dari separuh pengguna Youtube berasal dari mobile.

anak kecil

Traffic yang sedemikian besar sudah dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menjadi Youtubers. Ini nama orang yang naekin video di Youtube. Di Indonesia, subscriber terbanyak (per 26 Oktober 2016) secara sukses diraih oleh :

Raditya Dika

Kalo nggak ngerti siapa Raditya Dika ya kebangetan. Artis, producer, komik – StandUp komedian, sampai dengan Blogger masih disandangnya saat ini. Sori kebalik ding, mustinya blogger duluan baru yang laen, karir awalnya kan dari situ. Tapi tetep saja, saya lebih suka liat radit ngeblog daripada maen film. Sayang blog-nya udah gak keurus. Mungkin doi lagi sibuk. Aktingnya, menurut saya, pas-pasan banget. Sori dit.

raditya-dika

Youtube channel : Raditya Dika

Walopun begitu, tetap aja dia punya subcriber terbanyak di Youtube se-Indonesia. Dua juta orang lebih sudah subcribe dan video views nya mendekati gila : nyaris 200 juta views. Videonya berkisar di komedi. Selain cerita tentang ‘Malam Minggu Miko’ yang dulu diputar di KompasTV, ada juga beberapa tips, kegiatan shooting film-nya termasuk teaser film-nya yang akan rilis. Berapa kira-kira pendapatannya dari Youtube? Menurut Socialblade, ini dia :

raditya-dika-earning

***Hahaha..Raditya Dika dengan 363 video aja bisa segitu earningnya. Konsisten lagi. Lah elu, udah kesana kemari nyari backlink, kelimpungan nyari konten, susah-susah manual upload, pake seribu satu macam tools yang bikin kantong kempes belum lagi mikir VPS sama diusir hosting (khusus yang pake AGC), tetep aja kena banned sebelum tanggal 25. Hiks. << paragraf ini dikhususkan bagi yang ngerti saja.*** #kaboooorrrrrrr

Edho Zell

Jujur saja, saya gak tahu siapa orang ini. Setelah browsing-browsing baru paham,  doi ini ternyata seorang full time Youtuber. Isinya channelnya kebanyakan tentang parodi, ada juga sketsa komedi dan prank. Lucu-lucu bro. Sampe ngakak ngeliatnya. Walopun masih jauh dibawah Radit, tapi subcriber Edho terus bertambah.

edho-zell

Youtube channel : Edho Zell

Mau tau kira-kira si Edho ini dapet berapa earningnya? Videonya udah 262 dan berjanji akan ada video baru setiap hari senin dan kamis. Durasi video juga beragam, ada yang 2 menit tetapi ada juga yang 11 menit. Mungkin karena Edho ini fulltime di Youtube maka konten yang disajikan sangat terurus. Maksud saya, beneran ada tim dan studio yang mengurusi setiap video yang tayang. Salut.

edho-zell-earning

Kalo diliat dari statistik, pendapatan Edho lebih banyak dari Raditya Dika. Berarti engagement terhadap iklan juga lebih banyak. Yang berulangkali disebut oleh Youtube. Mereka tidak membayar karena jumlah views, tapi karena orang yang melihat video ads atau yang nge-klik iklan. Bisa jadi dikarenakan video-nya Edho lebih pendek dan dengan konten yang bertema sama jadi kesesuaian iklan yang nongol lebih terjaga.

Musica Studio

Dari jumlah subscriber, Youtube channel dari Musica Studio termasuk yang jawara. Subscribernya nyaris 1 juta. Video yang sudah diupload juga gak nanggung-nanggung, ada 719 video. Kebanyakan video klip dari artis yang bernaung di label Musica, seperti D’Masiv, Noah, Geisha, Nidji, Project Pop bahkan sampai dengan Iwan Fals. Video views-nya gila, setengah milyar lebih.

musica

Youtube channel : Musica Studio

Melihat kepada statistik, tentu saja dengan views yang sedemikian besar, Musica Studio mempunyai pendapatan yang bikin ngiler. Setiap hari diperkirakan meraup $193-$3.100. Dengan kurs 13 ribu saja, Musica Studio mendapatkan 40an juta setiap bulannya. Selamat melongo.

musica-earning

Masih banyak Youtuber laen dengan pendapatan yang luar biasa. Tapi gak akan dibahas lebih lanjut. Nanti bisa bikin Baper yang udah lama di Internet Marketing tapi $1.000 per hari aja masih bingung caranya gimana.

Nah, hampir semua dari top 5 ini, bahkan di top 10, berada dalam kategori Entertaintment atau Komedi. Top 10 di tingkat dunia juga rata-rata berada dalam kategori tersebut. Ada 4 artis yang masuk ke daftar subscrber terbanyak : Justin Bieber, Rihanna, One Direction dan Taylor Swift. Sedangkan selebriti Youtube dengan views dan subcriber terbanyak adalah Youtuber dari Swedia : PewDiePie dengan 2992 video, total subcriber hampir 50 juta dan lebih dari 13 milyar video views. Edan!

pewdiepie

Penempatan Iklan di Youtube

Ada banyak rumor, gosip dan bahkan hoax yang disemburkan tentang bagaimana cara Youtubers ini dapet uangnya. Pernah dapet infografik hoax yang bilang kalau semakin banyak orang share status di Facebook maka kita akan dapet uang? Di Youtube juga beredar hal yang sama. Kebanyakan orang berpikir, semakin banyak orang yang melihat video kita maka akan semakin banyak juga pendapatan. Well, itu memang yang biasanya terjadi, tetapi sebetulnya bukan seperti itu.

Youtube berulang kali menegaskan, mereka tidak membayar karena jumlah views, tapi karena orang yang melihat iklan di channel kita. Semakin banyak orang yang melihat full ads atau meng-klik iklan yang nongol, semakin banyak uang yang didapat.

Ini seperti maen bola, semakin banyak assist yang kita buat, maka kemungkinan untuk gol juga lebih besar. Jadi tetep saja, semakin banyak orang liat views, ya semakin besar kemungkinan orang nge-klik iklan yang ada. Secara kasar, Youtubers bisa mendapatkan $5-$9,35 per 1000 video ad views (iklan video yang nongol sebelum video benerannya). Kalau iklan banner, rata-ratanya di $0,8 per 1000 views (tergantung juga bagaimana CTR iklannya sih).

TubeMogul, penyedia jasa iklan video menyebutkan, rata-rata Youtubers dapat $2.000 di setiap 1 juta views, dan YouTube ambil sekitar 45%-nya. Di situs yang lain disebutkan, dari setiap 1 juta views, seorang Youtubers bisa mendapatkan $5.000. Ini artinya banyak faktor yang mempengaruhi pendapatan sebagai seorang Youtubers, tetapi memang semakin besar jumlah views on video, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

Display Ads

displayads-youtube
Hanya ada di desktop saja. Ukuran 300×250 atau 300×60. Muncul disebelah kanan video dan di atas video suggestion. Format yang lebih besar bisa muncul di bawah video player.

Overlay Ads

a-overlay-ads

Iklan semi-transparan yang muncul interupsi pada saat video diputar. Posisi berada di 20% bagian bawah video. Hanya muncul di desktop dengan ukuran 468×60 atau 728×90, bisa berupa text atau image ads.

Skippable Video

a-videoadsSecara konsep, iklan ini bisa muncul di depan, tengah atau di akhir video. Tapi kebanyakan yang kita liat ya yang ada di depan. Iklan ini bisa di skip setelah 5 detik. Muncul di desktop, mobile, TV atau di game consoles.

Non-skippable Video Ads

non-skippable-ads
Ini iklan yang maksa banget. Lagi liat video tiba-tiba berhenti dan nongol iklannya, video sepanjang maksimal 30 detik dan gak bisa di skip. Biasanya ada di tengah dan belakang video, tapi rupanya sering muncul juga di depan.

Bumper Ads

Ini tetap non-skippable tapi videonya lebih pendek. Rata-rata durasi 6 detik saja. Muncul di desktop atau mobile.

Sponsored Cards

a-sponsored-cards
Sebetulnya ini adalah teaser dari video yang sedang diputar, atau yang kira-kira menarik buat diliat. Muncul cuma beberapa detik saja dan bisa di klik untuk diliat lebih lanjut.

Beberapa iklan lain di Youtube adalah : Masthead (ini kayak Cover kalo di Facebook – boleh dipasangin iklan, biasanya nyuruh orang buat subscribe), Promoted Videos (iklan di youtube search), dan lainnya.

Strategi Membuat Video Youtube

Ketika saya memberikan tips untuk ngeblog di PanduanIM, banyak yang menanyakan langsung : lu gila ya, masak ngasih tips orang ngeblog dengan ‘Lupakan SEO’!. Saya cuma senyam-senyum aja, ni orang baru pada tahu kalo gua gila hahaha

Hal yang sama terjadi di Youtube. Ini Youtuber dengan earning paling tinggi sedunia, PewDiePie, menjelaskan bahawa apa yang dia lakukan adalah membuat video. Dimulai dengan video tentang games sampai dengan apa yang dia lakukan sekarang.

PewDiePie tells it from the heart. Making money hasn’t changed his passion for making videos or his attitude and approach toward making money primarily as a creator. “It’s just something that I love to do”, he says.

Ini sedikit berbeda dengan beberapa Youtubers amatiran dari Indonesia. Kebanyakan mereka udah berpikir bagaimana mendapatkan uang dari Youtube. Walhasil, video yang dihasilkan terasa hambar dan tidak dari hati. Konsistensi menjadi tidak stabil karena dia tidak melakukan apa yang dia suka.

Berikut adalah beberapa tips konten video yang bisa dilakukan apabila anda ingin menjadi seorang Youtubers :

1. Ini adalah hal paling penting sebelum anda membuat video > Tanyakan ke orang sekitar anda mengapa mereka mau meliat video di Youtube? QuickSprout menjawab pertanyaan ini dengan dua hal. Orang melihat Youtube karena : 1. Ingin mencari belajar dan solusi permasalahan yang mereka punyai dan yang 2. Mereka ingin hiburan. Cuma dua itu saja.

Seorang teman kemaren bercerita bagaimana tetangganya mulai menghasilkan 12 juta rupiah sebulan dari Youtube. Video ada 50an sekarang dan idenya simpel, tentang mainan anak-anak. Dia mendapatkan earning pertama setelah upload sekitar 30an video tentang mainan anak-anak. Itupun baru sekitar 1,4 juta. Learning curve dari Youtuber ini adalah sekitar 4 bulanan. Maksudnya, empat bulan pertama dia hanya telaten meng-upload video saja. Tidak ada pemasukan sama sekali. Di bulan ke 5 baru mendapatkan earning pertama. Hepinya luar biasa.

Idenya yang gila : anak-anak jaman sekarang gak ada yang buta tentang Youtube. Jadi mereka bakal nyari maenan yang mereka suka di youtube. Jujur saja, saya sudah banyak sekali melihat fenomena seorang anak rewel dan kemudian diputarkan video tentang maenan kesukaannya di Youtube oleh orang tuanya pake iPad atau handphone. Anaknya kemudian gak jadi rewel, fokus melihat video.

Target ke anak-anak ini sangat menguntungan. Jelas mereka tidak akan SKIP ads-nya. Mereka akan melihat iklan sebagai bagian dari video yang harus mereka liat. Yang kedua, anak-anak sangat memungkinkan meng-klik iklan dengan sengaja atau tidak sengaja, hanya karena mereka tidak mengerti itu apaan.

Beberapa top 20 Youtuber sedunia juga menyasar ke niche ini. Berarti menguntungkan. Ya kan?

2. Buatlah Video Pendek > Youtubers di Indonesia mempunyai video rata-rata diatas 10 menit. Raditya Dika malah diatas 40 menit karena episode ‘Malam Minggu Miko’ memang tayang di KompasTV (pada saat itu). Tapi tetep saja, buatlah video yang pendek. Gak perlu panjang. Apalagi kalau anda membuat video amatir.

3. Lighting! Lighting! Lighting! > Perhatikan unsur yang satu ini. Banyak problem yang muncul di video Youtube karena pencahayaan yang tidak mendukung. Bahkan sebuah video kamera yang mahal (apalagi kamera handphone) masih kesusahan menangkap image yang sangat detail. Kalau anda serius, beli saja Soft-Box Lighting Kit yang banyak dipake oleh photographer profesional.

4. Edit Video > Banyak yang berpikir, mereka mempunyai konten yang bagus untuk video tetapi dengan sembrono mengupload video yang masih mentah. Kalau ingin terlihat professional, jangan lakukan itu. Edit videonya, pemirsa berhak mendapatkan konten video yang bermanfaat dengan gambar dan suara yang jelas. Hilangkan konten yang tidak perlu dan jangan lupa tambahkan opening tittle (sesuai dengan brand Youtube Channel yang anda punya dan juga musik.

Edit video bisa dilakukan dengan berbagai video software seperti : Movie Maker, iMovie, Camtasia atau VirtualDub. Khusus untuk musik, untuk mendapatkan musik instrumentalia yang bisa dipakai oleh siapa saja, silakan liat di : Free Music Archive. Ingat, Youtube mempunyai kebijakan yang sangat ketat tentang musik. Sekali anda pakai musik orang lain, akun anda akan di banned.

4. Masukkan Judul dan Deskripsi Video dengan tepat > Biar bagaimanapun juga, Youtube ini punya Google. Untuk menambah kekuatan video agar mudah ditemukan, masukkan judul dengan pertimbangan basic SEO. Cari dulu ‘kata kunci’nya dan masukkan ke judul. Jangan lupa masukkan kata kunci itu di deskripsi juga, ini bisa dilakukan dua kali di deskripsi. Algoritma Youtube sepertinya tidak banyak berlaku di judul dan tag karena keduanya sangat terbatas. Jadi pasti di deskripsi. Please note : lupakan keyword stuffing. Gak perlu. Beneran deh.

deskripsi

Kalau anda mempunyai website, atau beberapa kali menyebut nama website di video, tulis nama websitenya di deskripsi dan berikan out-link. Jangan lupa juga tulis related keyword-nya di ‘Tag’ juga

5. Pilih Thumbnail Secara Tepat > Youtube akan memberikan 3 pilihan untuk thumbnail, satu pada saat 1/4 video, 1/2 video dan 3/4 video. Seperti dengan judul, pilihlah gambar yang akan membuat orang tertarik untuk meliat.

6. Buat Playlist > Salah satu fitur yang jarang diketahui orang adalah fitur playlist. Youtube memperbolehkan kita untuk mengatur urutan video yang sudah kita upload. Kita bisa atur video mana yang akan diputar setelah video yang pertama habis. Keuntungan lain dari playlist ini adalah kemungkinan video kita untuk muncul di paling atas pada saat pencarian video di Youtube setelah kita memutar video tertentu. Caranya mudah : masuk ke Video Manager, klik ‘Playlist’ dan klik lagi ‘+New Playlist’. Voila!

7. Pergunakan Annotations > Ini semacam text (biasanya warnanya ngejreng dan pake blink-blink yang suka nongol kalao kita lagi muter video) yang suka nyuruh-nyuruh kita untuk subcribe. Annotations ini juga bisa di klik. Beberapa orang bilang ini adalah alat yang disediakan oleh YouTube untuk nyepam. Cara buatnya juga gak susah : masuk saja ke Video Manager, disebelah video yang akan di edit klik tanda panah kebawah yang ada disebelah kanan menu ‘Edit’. Kemudian klik ‘Add Annotations’ disebelah kanan, dan klik ‘Apply’ ketika sudah beres masukin text di annotations.

8. Pastikan Landing Page-nya mobile responsif > Kalau anda memutuskan untuk memakai annotations yang bisa di-klik, pastikan anda memakai landing page yang mobile responsif. Ini karena seperti yang sudah saya obroilin di awal, separuh pengguna Youtube adalah dari mobile.

9. Bikin video secara regular > Ini tantangan terberat seorang Youtuber. Biasanya ada saja gangguan untuk bisa posting yang regular dan terjadwal. Padahal ini adalah hal yang sangat penting. Bisa saja postingannya ditunggu betul sama pemirsa. Bisa saja.

10. Bagiin Video di Sosial Media > Sebagai sesama tempat untuk narsis, adalah merupakan keharusan untuk membagi video di Facebook, Twitter atau bahkan previewnya di Instagram atau Path. Social sharing menjadi kunci viewers yang bertambah. Semakin banyak yang share, berarti video kita makin disukai.

11. Mulailah berinteraksi sesama Youtuber > Sekarang sudah banyak kopdar yang diselenggarakan, baik oleh Youtuber atau secara resmi oleh Youtube-nya langsung. Ini WAJIB dateng. Bisa nambah wawasan, nyegerin pikiran sama nyari yang bisa di-baperin. 🙂

Selamat mencoba!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

23 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Garmen Studio October 29, 2016 at 10:27 PM - Reply

    Fresh comment hehe..

    Wah gaya bahasanya keren euy rock n roll .. Ngakak pas baca lebih senang raditya dika ngeblog hehe..

    Pernah baca di panduanIm tulisan om dan sempat bikin hebot juga dunia Im

    Setuju om yg penting senang dulu ngebloh/ngevlog baru deh mikirin teknis kaya Seo dan dlln..

    • Wientor Rah Mada October 30, 2016 at 8:17 AM - Reply

      Sayang blognya Radit banyak jamuran. Bukti kalo ngeblog ga banyak duwitnya? Hihihi

  2. nanyang October 29, 2016 at 10:35 PM - Reply

    Edan mas Wientor 😮 .. ini bisa di jadikan ebook dah, simple dan to the point .. daging-daging nih

  3. Reza October 29, 2016 at 11:16 PM - Reply

    Lah. Mas wientor nulis di PanduanIM? Jangan2 mas Wientor yg punya PanduanIM?

    Wah. Baru tau saya. PanduamIM soalnya salah satu blog favorit dan rujukan saya..hm..

    • Wientor Rah Mada October 30, 2016 at 8:21 AM - Reply

      Bukan. Hanya pernah dimintain pendapat untuk ngeblog. Klik saja link tautannya 🙂

  4. BarangIT October 30, 2016 at 12:50 AM - Reply

    tq tipsnya mudah-mudahan bs di terapkan 😀

  5. Untung Wibowo October 30, 2016 at 2:53 AM - Reply

    Selalu always suka banget ama tulisan pak dosen…

    Nonjok banget bagian puyeng sana sini cari backlink plus nyari $1k sehari aja masih bingung. <== ini gua banget wakakkakak

  6. Sandi Iswahyudi October 30, 2016 at 10:30 AM - Reply

    Mantep om. sekarang, masih gak semangat youtube, masih lom ada ide buat upload hehe

  7. Blog Keren October 30, 2016 at 11:14 AM - Reply

    Wuih.. Mau dong jadi Youtuber, yg konsisten upload video tiap hari.. Thanks bro.. Panduan dan tipsnya lengkap amat.. Sukses terus dah buat ente

    • Wientor Rah Mada October 30, 2016 at 2:16 PM - Reply

      bikin video lebih susah kali daripada bikin tulisan di blog..kalo bisa tiap hari hebat 🙂

  8. Purnomo October 30, 2016 at 11:49 AM - Reply

    Hatur nuhun. Video anak smacam evantube memang mnarik

  9. defantri October 30, 2016 at 5:19 PM - Reply

    dapat dimengerti, sepertinya klo dijalankan konsisten bakalan dapat dollar. trimakasih min.
    *dari yutuber gagal

  10. Trosobo October 31, 2016 at 10:43 AM - Reply

    selalu panjang dan detail author nya bixbux 🙂 makasih mas wientor.. ane penggemar panduaanim juga nih 😀

  11. Rahma November 1, 2016 at 7:07 AM - Reply

    hebaat bgt baru tau kl dari youtube bisa penghasilan sampe besar bgt..kayaknya orang yg earning gede di youtube tipikal orang yg gokil dan narsis abis,hehe

    • Wientor Rah Mada November 2, 2016 at 6:29 PM - Reply

      Rata-rata di kategori komedi dan entertainment memang..

  12. ida March 21, 2017 at 8:03 AM - Reply

    pingin belajar jd ..tapi sya masih awan banget… terimakasih ilmunya

Leave A Response