Lansekap pasar telah berubah. Marketing konvensional yang mengandalkan pola hubungan ‘Company –> Market’ telah lumpuh. Dimulai dengan perubahan perilaku ‘market’ yang semakin invisible, perusahaan harus mampu meliuk-liuk di era digital ini. Harvard Business School telah merumuskan 6 (enam) hal yang harus dilakukan untuk tetap bertahan :

digital3

RETHINKING Customer and Industries
1. Fokus kepada kebutuhan sosial
Pemikiran tradisional mengenai pemenuhan kebutuhan dasar customer seperti sandang, pangan dan papan telah menjadi pijakan dasar pemasaran selama bertahun-tahun. Akan tetapi, revolusi sosial digital telah merubah kebutuhan dasar menjadi keseimbangan koneksitas antara satu customer dengan yang lainnya. Fokus kepada kebutuhan sosial itu berarti mengerti arah percakapan customer.

2. Membangun ekosistem dan bisnis model yang baru
Di era digital seperti sekarang ini, keunggulan bersaing diciptakan dari keterikatan kita dengan ekosistem industri yang merubah secara langsung diri kita dan kompetitor.

DESIGNING Social and Digital Strategies
3. Mengembangkan sosial dan digital strategi
Merespon perubahan yang terjadi di market dengan mengimplementasikan strategi digital yang sesuai. Perusahaan seperti American Express, Nike dan Harvard telah berhasil mengatasi kebutuhan sosial pelanggannya, sehingga mengurangi biaya retensi dan akuisisi pelanggan termasuk juga menekan biaya produksi.

4. Perpindahan pelanggan ke online marketplace
Mengembangkan strategi digital memerlukan kesiapan integrasi sistem operasi offline dan online. Tidak hanya meresapi Integrated Marketing Communication saja, tetapi juga menjadi manual operasional yang harus diterapkan bersama-sama.

IMPLEMENTING Digital and Social Strategies
5. Penetrasi pasar baru > Digital Market
Facebook, Google, You Tube sampai dengan aplikasi mobile telah merubah market kita menjadi lebih cerdas dan well-informed. Mereka inilah change-driver yang merubah paksa perusahaan kita menjadi lebih sosial dan digital. Disini pentingnya memanfaatkan social media, outbound dan inbound marketing untuk meraih keunggulan bersaing. ingat, yang cepat selalu lebih unggul daripada yang besar.

DEVELOPING Organizational Capabilities
6. Identifikasi kebutuhan perusahaan untuk perubahan
Siapkan diri kita untuk berubah. DNA perusahaan harus kita rancang sedemikian rupa sehingga mengakomodasi kebutuhan sosial digital pelanggan.

Pertanyaannya adalah : siapkah kita?

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

Leave A Response