Semua pengusaha atau perusahaan pastilah ingin karyawan mereka produktif, namun banyak perusahaan melakukan hal yang malah memicu karyawannya mengalami penurunan tingkat produktivitasnya. Seperti ketidakbebasan dalam penggunaan alat inventaris kantor atau mungkin pembatasan dalam penggunaan internet? Tapi tidak sedikit juga perusahaan yang memberikan kebebasan dalam berekspresi atau tindakan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya. Di bawah ini adalah beberapa tips yang cukup realistis untuk meningkatkan produktivitas karyawan menurut Chris Duchesne, Vice President di Care.com.

worker photo

1.  Pemberian penghargaan untuk setiap pencapaian yang dilakukan oleh karyawan anda
Cobalah berikan apresiasi kepada karyawan anda terhadap pencapaian kecil apapun. Dengan begitu mereka akan lebih merasa dihargai dan bekerja lebih produktiv untuk mencapai hal-hal baru. Banyak perusahaan menjadi besar karena mereka menghargai setiap kecil tindakan yang dilakukan karyawannya.

2.  Jam kerja yang cukup bebas atau fleksibel akan sangat membantu
Gallup berhasil menemukan bahwa karyawan yang bekerja dengan waktu fleksibel akan lebih produktiv dan berperan banyak dalam kemajuan perusahaan. Jadi selama karyawan anda dapat menyelesaikan pekerjaan dari anda sesuai jadwal, sangat tidak masalah mau kapan dan dimana mereka melakukan pekerjaannya selama tidak melanggar peraturan kantor.

3.  Berikan jam istirahat dari rutinitas yang lebih dari biasanya
Melakukan kegiatan out-bond dengan seluruh karyawan kantor akan memberikan mereka istirahat sejenak dari stress yang didapat dari rutinitas. Anggarkanlah dana untuk makan siang bersama dengan seluruh karyawan juga dapat memberikan sedikit penyegaran juga menambah kedekatan antar karyawan yang diharapkan akan berimbas kepada produktivitasnya.

4.  Perhatikan keluarga dari karyawan anda untuk mengurangi stress pada karyawan anda
Membantu keluarga dari karyawan anda dan peduli lebih terhadapnya adalah nilai plus yang dapat membuat tingkat stress karyawan anda berkurang. Cobalah libatkan keluarga mereka dalam acara-acara kantor yang berhubungan dengan wisata, dan coba untuk menganggarkan dana untuk membantu keluarga karyawan jika mereka mengalami musibah.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response