Inilah Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memilih Bisnis Online Sebagai Langkah Awal Memasuki Dunia Bisnis

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, berbagai inovasi terus bermunculan. Tidak ketinggalan teknologi dalam bidang bisnis. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan istilah bisnis online.

Kian hari kian banyak barang maupun jasa yang diperjual belikan secara online. Konsumennyapun semakin banyak. Hal ini dikarenakan mudah dan praktisnya proses transaksi yang terjadi.

Orang-orang yang menekuni bisnis ini mulai dari pedagang, ibu-ibu rumah tangga, sampai mahasiswa. Ya, di tengah kesibukanmu menimba ilmu, bisnis online adalah bisnis yang sangat cocok untuk kamu kerjakan. Tapi, pertanyaan yang muncul adalah mengapa sih saya harus melirik bisnis online ini?

Gambar : Storyblocks

1. Banyak orang yang di usia 20 tahun mampu menghasilkan uang sendiri

Di negara-negara maju seperti Amerika dan negara-negara Eropa, banyak anak-anak muda yang sudah masuk dalam dunia bisnis. Bahkan ada di antara mereka yang telah memulainya ketika masih sekolah. Mereka telah belajar mandiri dan menghasilkan uang dari jerih payah sendiri sejak masih muda. Sehingga tidak jarang, di usia menjelang tigapuluhan mereka sudah memiliki rumah dan kehidupan yang mapan.

Baca juga : Kamu Punya Minat Untuk Membangun Bisnis Online? Kalau Begitu 7 Strategi Penting Awal Ini Perlu Untuk Kamu Tahu!

Budaya di Indonesia membentuk kita untuk selalu dekat dan menghormati orangtua. Tetapi budaya itu pula yang membuat banyak anak muda di Indonesia yang masih terus bergantung sepenuhnya pada orangtua mengenai biaya hidup, bahkan sampai usia di atas dua puluh lima tahun.

Oleh sebab itu, memulai bisnis sejak di bangku kuliah sangatlah penting. Meski menghasilkan uang tidak selalu identik dengan bisnis, tetapi bisnis merupakan salah satu upaya menghasilkan uang sendiri yang sangat memungkinkan bagi mahasiswa.

2. Kamu tidak akan kesulitan membagi waktu

Salah satu kesulitan bagimu untuk bekerja di masa kuliah adalah masalah membagi waktu. Memang ada beberapa pekerjaan paruh waktu yang hanya perlu dikerjakan selama beberapa jam. Tetapi jika kamu sedang ujian, ataupun sedang mengerjakan tugas yang berat dan banyak, hal tentu saja akan menyulitkanmu.

Sehingga, menjalankan bisnis online akan menjadi jawaban bagi kamu yang ingin memiliki pendapatan sendiri, tetapi tetap punya waktu untuk berkonsentrasi dalam perkuliahan.

Kamu dapat menjalankan bisnis onlinemu kapan saja ada waktu.

Tetapi perlu diingat, karena tidak terikat dengan bos, kamu harus melatih dirimu sendiri untuk disiplin. Disiplin di sini maksudnya adalah tahu kapan harus kuliah, dan tahu kapan harus mengurus bisnismu. Paling tidak setiap hari ada waktu-waktu khusus yang kamu luangkan untuk mengurus bisnis itu.

3. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar

Salah satu hal yang membuat bisnis berbeda dengan bekerja pada orang adalah biasanya gaji yang didapatkan tidak sebanding dengan pekerjaan kita. Masalahnya adalah, suatu bisnis memerlukan modal. Tidak jarang modal yang dibutuhkan sangatlah besar, terkait penyewaan tempat, bahan, barang dan tenaga kerja jika dibutuhkan.

Bisnis online dapat menjadi jawaban dari masalah ini. Kamu tidak perlu modal besar untuk menyewa tempat, membeli barang-barang untuk melengkapi tokomu, atau menyewa karyawan. Hanya bermodalkan gadget, dan sedikit modal awal, kamu langsung bisa menjalankan bisnismu.

Jika kamu tertarik pada bisnis pakaian, sepatu, tas, dan barang-barang lain, biasanya sudah ada pabrik atau toko grosir yang menyediakan barang-barang untuk reseller. Kamu tidak perlu memiliki barangnya dulu. Melainkan baru membeli barangnya jika sudah ada pembeli yang memesan padamu.

4. Kamu dapat memanfaatkan jaringan pertemananmu

Dunia kampus akan memungkinkan kita mengenal dan berteman dengan sangat banyak orang. Baik teman-teman sekelas, satu jurusan, satu fakultas, sampai teman-teman dari fakultas lain. Sebab beberapa kampus biasanya menggelar kegiatan-kegiatan yang akan mempertemukan mahasiswa-mahasiswa dari fakultas yang berbeda-beda.

Belum lagi dengan semakin banyaknya media sosial saat ini, didukung dengan menjamurnya smartphone yang bahkan bisa didapatkan dengan harga di bawah satu juta rupiah. Kesempatanmu untuk menjalankan bisnis online tentu saja semakin bagus.

Baca juga : Pasar Online Lokal Indonesia : Diantara Kedai Kopi dan Pemasaran Rasa Penasaran

Kuncinya sebenarnya adalah produk yang kamu tawarkan seharusnya menjadi kebutuhan dari banyak orang. Selain itu, produk tersebut harus unik dan berbeda dari produk-produk lain yang sejenis, tahu sendiri kan saat ini sangat banyak orang yang juga berbisnis online. Satu lagi yang tidak kalah penting. Harga yang kamu tawarkan harus dapat bersaing dengan harga yang ditawarkan online shop lain ya.

5. Kamu bisa mengikuti lomba-lomba wirausaha mahasiswa dan mendapatkan dana dari sana

Menjadi pebisnis selagi di bangku kuliah memiliki keuntungan yang lebih daripada pebisnis nonmahasiswa. Saat ini banyak perusahaan, bahkan pemerintah yang menawarkan beasiswa atau pendanaan bagi mahasiswa yang sudah atau baru akan terjun dalam dunia kewirausahaan.

Pemerintah menawarkan pendanaan bagi mahasiswa lewat Program Kreativitas Mahasiswa, khususnya di bidang kewirausahaan. Kamu dapat mengajukan proposal bersama beberapa teman, sesuai ketentuan yang diberikan. Proposalmu akan diseleksi, lewat presentasi dan juga beberapa kegiatan yang kamu dan timmu lakukan.

Kesempatan ini diberikan kepada seluruh mahasiswa dari semester pertama sampai terakhir. Kalau kamu memang sudah memiliki bisnis sebelumnya, tentu saja akan memudahkanmu mengikuti kegiatan ini. Jika belum, kegiatan ini akan membuka jalan awalmu untuk masuk di dunia bisnis.

Gambar : Storyblocks

6. Kamu akan lebih menghargai pemakaian uang

Kehidupan mahasiswa benar-benar kehidupan yang berbeda daripada masa sekolah dulu. Bukan hanya dari segi akademisnya, tetapi juga gaya hidupnya. Biasanya, ketika menjadi mahasiswa, orangtua akan memberikan kebebasan untuk me-manage keuangan sendiri.

Berada di lingkungan teman-teman yang memiliki gaya hidup high class, menggunungnya kebutuhan terkait tugas dan proyek, akan membuatmu terjebak dalam kegagalan mengatur uang.

Selain dengan penguasaan diri yang baik, terjun ke dunia bisnis sejak masa kuliah akan membuatmu lebih menghargai pemakaian uang. Hal ini karena kamu tahu bagaimana susahnya mendapatkan uang. Dan bagaimana berharganya uang yang kamu peroleh dari kerja kerasmu sendiri.

7. Kamu akan memakai waktumu untuk hal-hal yang berguna dan belajar manajemen waktu

Kehidupan di kampus juga tidak akan terlepas dari berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan yang berguna bagimu seperti belajar, kerja kelompok, berorganisasi. Sampai pada kegiatan yang hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi yang biasanya malah lebih menghabiskan banyak waktu seperti jalan-jalan, wisata kuliner, nge-game, nongkrong, shopping.

Membagi waktu antara kuliah dan menjadi pebisnis tentu saja sudah akan banyak menguras waktumu. Tugas-tugas yang memiliki deadline, dan customer-customer yang harus dilayani akan membuatmu cukup kewalahan.

Tetapi hal tersebut akan sangat baik karena akan memberikanmu pelajaran untuk pandai dalam membagi waktu dan prioritas. Kapan harus mengerjakan tugas, dan kapan harus bekerja. Kamu akan semakin bijaksana untuk menyusun kegiatan-kegiatan di sepanjang hari.

Selain itu, jika kamu punya waktu kosong, kamu akan memakai waktu itu untuk benar-benar istirahat atau refreshing dengan tidak berlebihan. Karena kamu tahu seberapa susahnya membagi waktu, kamu akan lebih bijaksana dalam memakai waktumu.

Menjadi seorang pebisnis sekaligus mahasiswa tidaklah mudah. Tetapi ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk kamu memulai terjun dalam dunia bisnis. Bisnis online tentu saja menjadi awal yang lebih baik terkait faktor waktu, tempat, dan modal.

Bagaimana, apakah sekarang kamu tahu bagaimana bisnis online dapat menolongmu menjadi pebisnis sejak usia muda? Tunggu apa lagi, ayo segera pindah “plan”-mu menjadi “action”!

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *