Ini Cara Mudah untuk Cek IMEI pada Smartphone Samsung Anda

Gambar Samsung di Meja
Gambar: Pexels

Samsung adalah produk smartphone yang berasal dari Negeri Ginseng. Ada yang tahu itu julukan untuk negara mana? Yap, tepat sekali. Korea Selatan. Di mana banyak budidaya tanaman ginseng di negara tersebut. Hampir di setiap pasar banyak sekali aneka ginseng yang bisa ditemukan. Ginseng sendiri adalah tumbuhan yang banyak tumbuh di Asia Timur. Tumbuhan ini sering dijadikan ramuan dan obat-obatan. Bahkan berkhasiat membangkitkan nafsu syahwat. Mantap. Itu juga alasan mengapa wanita di negeri tersebut memiliki badan langsing dan singset. Ditambah lagi kulit mereka halus dan awet muda. Mungkin rahasianya karena mengonsumsi ginseng secara rutin setiap hari. Hmm, boleh dicoba nih.

Samsung juga salah satu pemimpin pasar smartphone di dunia. Ada situs luar negeri yang fokus pada analisis pasar market dunia : IDC Analyze The Future. Begitulah jargon dari instansi mereka. Banyak hal yang telah mereka analisa setiap tahunnya. Salah satunya tentang pasar dari smartphone dunia. Berikut update dari mereka tentang pasar smartphone di kuartal pertama tahun 2019 ini. Lagi-lagi Samsung masih berada di puncak. Thanks IDC untuk grafik yang telah dibuat.

Grafik 5 Perusahaan Teratas Smartphone di Dunia
Gambar: IDC

Ya begitulah. Samsung masih ajek dengan posisi satu. Diikuti Huawei yang merangsek sedikit demi sedikit ke posisi puncak. Apakah Samsung mampu mempertahankan posisinya? Kita lihat saja di kuartal berikutnya. Atau, beberapa tahun ke depan. Pasalnya memang inovasi perlu dilakukan terus menerus oleh mereka. Bahkan tidak ada waktu untuk berleha-leha demi puncak kejayaan. Terutama Apple yang berasal dari Negeri Paman Sam. Entah kenapa, perusahaan Asia mulai mendominasi pasar. Perhatikan grafik di atas, hanya satu perusahaan yang berasal dari Amerika. Sungguh etos kerja orang Asia sangat luar biasa. Perang dagang antar benua akan terus berlanjut.

Apa itu IMEI?

Oke. Tiga paragraf di atas rasanya cukup untuk membuka artikel ini. Tema kali ini tidak jauh-jauh dengan intermeso di atas. Saya akan membahas cara untuk cek IMEI di Samsung. IMEI kependekkan dari International Mobile Equipment Identity. Jika diterjemahkan adalah identitas pada suatu alat (mobile) dengan skala internasional. Identitas ini berupa kode (nomor seri) dan terdapat kode batang (barcode) yang tertera pada alat tersebut. Nomor seri tadi unik. Jadi, satu smartphone berbeda dengan smartphone lainnya. IMEI terdiri dari 14 sampai 15 digit angka.

IMEI juga didasari pada jumlah slot SIM smartphone. Bagi kalian yang memiliki smartphone dengan dual SIM. Sudah pasti smartphone tersebut memiliki dua IMEI. Kedua IMEI tersebut memiliki perbedaan digit angka. Jadi, tidak mungkin sama angka-angkanya. Kebetulan saya sendiri memiliki smartphone dengan dual SIM. Saya sudah cek ada 15 digit angka. Dua IMEI dalam smartphone saya nyaris sama. Hanya berbeda di tiga digit terakhir.

Bahkan IMEI cukup diperhatikan oleh kementrian Indonesia. Bapak Ismail MT sebagai Dirjen Sumber Daya & Perangkat Pos & Informatika (SDPPI) di Kemkominfo berkomentar bahwa IMEI merupakan nomor identitas khusus untuk ponsel yang diberikan oleh asosiasi GSM (GSMA). Sehingga nomor identitas tadi ada di setiap slot SIM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel.

Fungsi IMEI

Nomor identitas ini begitu penting untuk ponsel Anda. Apa saja sih kepentingan dari nomor ini? Berikut akan saya buat poin-poin terkait fungsi atau pentingnya dari IMEI di ponsel Anda.

  1. Status bahwa ponsel kita disebut legal. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI pun membuat wacana bahwa registrasi IMEI berguna untuk mencegah penyebaran ponsel ilegal di tanah air.
  2. Nomor identitas unik untuk setiap ponsel. Ibarat NIK pada KTP Anda.
  3. IMEI bisa digunakan ketika ponsel hilang atau dicuri. Amit-amit. Semoga tidak terjadi. Jadi, IMEI bisa dibawa ke Contact Center atau Service Center untuk mengetahui informasi (riwayat) terakhir dari ponsel yang hilang itu.
  4. Nomor IMEI bisa digunakan untuk mengetahui identitas ponsel secara lengkap. Ada sebuah situs yang bisa Anda gunakan untuk mengetahuinya melalui IMEI. Coba kalian akses imei.info dan masukkan IMEI yang Anda miliki.
  5. Pengecekan garansi dari ponsel Anda. Hanya berbekal IMEI, kalian bisa mengecek status garansi smartphone. Apakah masa garansi masih berlaku atau tidak? Setahu saya, situs imei.info juga memberikan informasi tentang garansi pada smartphone.

Cara Cek IMEI di Samsung

Gambar Samsung IMEI
Gambar: Samsung

Fungsi dari IMEI di atas hanya bisa berjalan apabila kita mengetahui nomor identitas tersebut. Sehingga kita perlu tahu dulu, cara untuk cek IMEI pada ponsel masing-masing. Pada poin ini, saya ingin menjelaskan untuk pengguna smartphone Samsung.

Cara Pertama

  • Siapkan dahulu ponsel Samsung Anda. Pastikan dalam keadaan nyala.
  • Masuk ke keypad dan tekan *#06#  
  • Tekan tombol Call jika belum muncul IMEI tersebut. Tetapi biasanya sudah langsung muncul tanpa perlu kita tekan tombol Call.
  • Bisa kalian catat IMEI tersebut di kertas atau penyimpanan cloud (Line Keep, Google Drive, iCloud, dll.)

Cara Kedua

  • Masuk ke menu pengaturan atau settings di ponsel Samsung Anda. Biasanya bergambar gerigi.
  • Cari ‘Tentang Telepon’ atau ‘About Phone’ di pengaturan.
  • Kode IMEI akan tertera di situ.

Cek IMEI dengan Cara Lain

Mungkin beberapa pembaca di sini ada yang bukan pengguna Samsung. Sehingga saya juga memberikan tutorial lain cara cek IMEI yang berlaku untuk semua jenis ponsel dengan berbagai tipe atau merek. Saya harap cara ini bisa diterapkan pada smartphone Anda. Berikut cara yang bisa dilakukan.

Pertama, tekan pada dial atau keypad di ponsel Anda *#*#4636#*#*

Kedua, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kebetulan saya pribadi memiliki ponsel dengan dual SIM. Sehingga di situ akan terdapat dua informasi telepon.

  • Phone information 1
  • Phone information 2

Seperti yang telah saya singgung tentang IMEI di paragraf awal. Apabila ponsel tersebut memiliki dua kartu SIM. Maka, ada dua nomor IMEI yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Silakan buka keduanya jika Anda menggunakan dua kartu SIM.

Gambar Menu Testing di Telepon

Ketiga, jika saya buka satu persatu. Di situ banyak sekali informasi tentang telepon berdasarkan kartu SIM. Salah satunya IMEI itu sendiri. Perhatikan informasi paling atas. Di situ ada digit nomor dari IMEI. Itulah nomor identitas unik dari smartphone atau ponsel Anda. Mohon jaga baik-baik dan tidak perlu disebarluaskan.

Gambar Informasi Telepon 1 dan Telepon 2

Manfaat IMEI

Saya ingin menjelaskan lebih detail terkait manfaat IMEI (apabila mengetahuinya). Sekarang kalian boleh mencobanya supaya seru.

Pertama, coba kalian akses situs berikut imei.info dan akan tampil halaman seperti di bawah. Siapkan IMEI yang telah Anda ketahui sebelumnya.

Gambar Halaman IMEI Dot Info

Kedua, apakah kalian di sini ada yang ragu dengan situs ini? Jika iya, saya akan mencoba meyakinkan kalian. Coba kalian scroll ke bawah situs tersebut. Perhatikan footer pada situs ini. Saat tulisan ini dibuat. Sudah banyak pengguna (> 98 Juta Orang) yang melakukan pengecekan IMEI di sini.

Gambar Footer IMEI Dot Info

Selain itu, Samsung pun merekomendasikan penggunanya ke situs ini. Bisa kalian cek sendiri di sini. Tautan itu adalah situs resmi Samsung Indonesia (baca pada paragraf langkah-langkah).

Jadi, apakah kalian sudah yakin? Jika sudah, silakan masukkan IMEI ke dalam kolom yang disediakan. Sekaligus melewati tes robot (pastikan terceklis seperti di bawah). Kemudian, baru kita klik Check untuk melanjutkan.

Gambar Memasukkan IMEI di Kolom

Ketiga, akan tampil informasi detail dari ponsel Anda. Kebetulan saya pribadi menggunakan IMEI dari ponsel Redmi 5. Sehingga muncul informasi seperti di bawah. Jika kalian scroll sampai bawah. Banyak sekali informasi lain yang bisa Anda dapatkan.

Gambar Informasi Ponsel

Baca juga: Begini Cara Cek Imei Untuk Memastikan Xiaomi Kita Bukan Bajakan

Berikut informasi yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui imei.info.

  • Check “Find Device” Status : jika ponsel kita mendukung fitur ‘temukan perangkat’. Melalui situs ini, bisa kita ketahui status keberadaan dari ponsel. Apakah fitur ini sedang aktif atau tidak.
  • Warranty & Activation Status : status jaminan/garansi & aktivasi adalah fitur untuk mengetahui garansi dari ponsel tersebut. Biasanya, sebuah ponsel memiliki masa garansi selama setahun. Namun, ini saya kembalikan kepada brand masing-masing ponsel. Mungkin bisa berbeda untuk setiap merek.
  • Phone Blacklist Check Simple : situs ini juga memberikan fitur untuk cek nomor-nomor yang telah kita blacklist. Menurut saya sangat bermanfaat. Pasalnya di beberapa ponsel tidak bisa melihat nomor yang telah di blacklist oleh si pemilik.
  • Check Phone Number : situs ini juga bisa mengecek nomor telepon. Seperti yang telah dibahas di awal. Bahwa IMEI juga terhubung dengan slot kartu SIM. Sehingga jika slot tersebut telah terisi dengan kartu SIM yang aktif, maka otomatis terhubung dengan data IMEI.

Gambar Fitur Gratis di IMEI dot Info

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai cek IMEI Samsung sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *