Bisnis Franchise: Pengertian, Kelebihan, Tips, & Modalnya < 5 Juta

Motor dengan membawa paket usaha franchise
Foto oleh Khaled Hossain dari Pexels

Ada banyak cara untuk memulai usaha di zaman modern ini, salah satu caranya adalah dengan bisnis franchise. Bisnis franchise sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha.

Untuk memulai bisnis pun tidak harus dengan mengeluarkan modal yang besar. Terdapat banyak bisnis franchise yang dapat Anda mulai hanya dengan modal dibawah 5 juta.

Namun, sebelumnya mari kita pelajari dulu penjelasan dari bisnis franchise.

Apa itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise atau bisa juga disebut bisnis waralaba adalah tipe bisnis yang menggunakan metode membuka bisnis dengan nama hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. 

Bisnis franchise dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda namun memiliki nama brand yang sama, sehingga nama brand tersebut terlihat besar dan tersebar dimana-mana. 

Contoh brand dari bisnis franchise yang terkenal misalnya Pizza Hut, 7-Eleven, KFC, McDonald’s, Ace Hardware, Burger King, dan banyak lagi.

Terdapat beberapa istilah yang ada dalam bisnis franchise, berikut penjelasannya:

  • Franchisor : pihak pemberi waralaba yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atau suatu brand dan material-material yang berhubungan dengan brand tersebut.
  • Franchisee : pihak penerima waralaba yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual dan segala penemuan dari suatu brand.
  • Franchise Fee : biaya awal waralaba atau biaya yang harus Anda bayar dimuka sebelum bisnis franchise Anda mulai beroperasi.
  • Royalty Fee : biaya yang harus Anda bayar setelah bisnis franchise Anda mulai beroperasi. Franchisor biasanya menetapkan biaya pembayaran yang harus Anda bayar setiap bulannya pada mereka. Kebijakan royalty fee ini beragam, biasanya berupa persentase terhadap setiap penghasilan yang diterima oleh franchisee dengan pengecualian unsur perpajakan.
Seorang koki sedang memasak
Foto oleh Huy Phan dari Pexels

Kelebihan Bisnis Franchise

Banyak orang memulai usaha nya dengan memilih bisnis franchise. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari bisnis franchise :

1. Dapat Memulai Bisnis Lebih Cepat

Franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise sudah memiliki paduan agar pemegang bisnis dapat mengikuti cara sukses tersebut sehingga membuka bisnis franchise akan jauh lebih cepat dibanding membuka bisnis perseorangan.

Dengan membuka bisnis franchise, masa perencanaan bisnis menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu repot untuk membuat menu, memikirkan proses bisnis hingga model bisnisnya.

2. Manajemen Bisnis yang Sudah Terbangun

Anda tidak perlu pusing memikirkan manajemen, ide, dan lain-lain karena bisnis franchise ini cukup menguntungkan karena Anda berbisnis di bawah bendera perusahaan yang sudah memiliki reputasi yang bagus.

Manajemen bisnis, ide, dan lain-lain tersebut pun telah diuji coba dan siap untuk Anda aplikasikan pada lokasi yang baru.

3. Brand yang Sudah Dikenal

Brand dari bisnis franchise biasanya sudah dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu takut bisnis Anda tidak laku karena tidak terkenal.

Anda juga tidak perlu susah-susah membangun reputasi bisnis karena pemasarannya pun sudah lebih mudah dibandingkan jika Anda memulai bisnis baru.

4. Adanya Pelatihan dan Dukungan

Anda tidak perlu takut untuk menanyakan masalah Anda pada pemilik bisnis franchise. Mereka biasanya akan memberikan pelatihan kepada franchisee nya yang biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian usaha franchise.

Franchisor akan melakukan pelatihan pada franchisee dan karyawannya yang mencakup aspek operasional, teknis, cara mengelola keuangan, cara memperkerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Franchise adalah bisnis tim sehingga pelatihan dilakukan untuk meningkatkan reputasi bisnis dan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai dengan standar tertentu.

5. Panduan untuk Memilih Lokasi

Franchisor yang sudah mapan akan membantu Anda untuk menemukan area yang optimal untuk membuka bisnis franchise, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai pemilihan lokasi.

Franchisor akan melakukan penelitian di area manakah yang paling sesuai untuk membuka bisnis mereka.

6. Untung yang Lebih Besar

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya ekstra untuk promosi dan lain sebagainya, karena usaha ini sudah terkenal di masyarakat sehingga berpeluang untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

Namun perlu diingat, untung besar atau tidak nya tergantung pada situasi dan para pelaku bisnisnya itu sendiri.

7. Manajemen Finansial yang Lebih Mudah

Manajemen finansial dalam bisnis franchise sudah ditetapkan sendiri oleh franchisor nya, sehingga Anda tidak perlu pusing mengenai hal ini dibandingkan dengan memulai bisnis baru.

Roti yang telah siap dihidangkan
Gambar: Pexels

Tips Memulai Bisnis Franchise

Kemudahan dari sistem bisnis franchise membuat banyak orang memilih usaha jenis ini untuk mulai memasuki dunia bisnis. Berikut adalah beberapa tips jika Anda ingin memulai bsinis franchise :

  • Menjual yang dibutuhkan masyarakat, bisnis yang berhubungan dengan makanan atau minuman misalnya, karena akan selalu berkembang jika dikelola dengan baik. Maka bisnis makanan atau minuman dapat Anda jadikan pilihan karena selalu dibutuhkan masyarakat.
  • Mudah dijalankan atau tidak membutuhkan SDM yang banyak. Untuk baru memulai usaha, pilihlah jenis franchise yang bisa dijalankan oleh satu orang saja.
  • Harga jual yang terjangkau, sebenarnya harga mahal atau murah itu relatif dan tergantung pada jangkauan pasarnya. Untuk makanan dan minuman usahakan harganya dapat menjangkau harga siswa, mahasiswa, hingga karyawan kantoran.
  • Pilih franchisor yang berpengalaman dengan melihat track record serta kepuasan konsumen pada produk usaha yang Anda pilih. Hal ini penting dilakukan karena berpengaruh pada popularitas dan kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang Anda jalani nantinya.
  • Pilih bisnis franchise yang memiliki banyak outlet di tempat lain, jika ada sebuah franchise yang memiliki banyak outlet di berbagai daerah, namun belum ada di daerah Anda maka ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. 

Baca juga: Rahasia Kerja Sampingan yang Menghasilkan

Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta

Berikut adalah beberapa rekomendasi bisnis franchise makanan dan minuman yang sedang hits yang bisa Anda jadikan pilihan hanya dengan modal dibawah 5 juta.

1. Mister Jagung Manis

Mister Jagung Manis merupakan makanan yang berbahan dasar utama jagung pipilan dengan kualitas terbaik. Penyajiannya jagung kombinasi dengan berbagai topping sehingga jadi lebih menarik.

Satu cup jagung manis
Gambar: franchisejagungmanis.com

Bisnis Mister Jagung Manis ini berpeluang besar untuk diminati oleh masyarakat karena menawarkan sensasi makan jagung dengan cara dan rasa yang unik.

Bisnis ini berasal dari Cengkareng, Jakarta Barat. Untuk memulai bisnis franchise Mister Jagung Manis Anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp3.700.000 saja.

2. Hai Yo! Yogurt Blend

Hai Yo! Yogurt Blend adalah minuman sehat yang menggunakan bahan dasar yogurt. Minuman ini cocok dikonsumsi dari balita hingga orang dewasa, sehingga menjadi salah satu bisnis franchise yang cukup menjanjikan.

Gambar Hai yo!
Gambar: bisniswaralaba.id

Bisnis minuman ini sudah ada sejak tahun 2013. Untuk memulai bisnis franchise Hai Yo! Yogurt Blend Anda hanya memerlukan modal awal Rp4.900.000 saja dan Anda akan mendapat bahan baku, backdrop, banner, dan satu pack media promosi.

3. George Gandos

Gandos merupakan makanan khas Indonesia. Di beberapa tempat gandos dikenal juga dengan sebutan rangin atau pancong.

Gambar George Gandos
Gambar: waralabaku.com

George Gandos menyajikan gandos yang berbeda dengan gandos pada umumnya. George Gandos menyediakan gandos dalam enam rasa yaitu; keju, balado, barbeque, sapi panggang, pizza, dan joss (pedas).

Target pasar dari George Gandos adalah mereka yang berusia 9-25 tahun atau keluarga muda yang mempunyai anak berusia 7 hingga 12 tahun. Untuk memulai bisnis franchise makanan ini Anda hanya memerlukan modal sebesar Rp750.000 sampai Rp3.900.000.

4. Moscoblend

Moscoblend adalah usaha minuman blend dengan varian terbaru berupa Thai Tea yang lagi hits di Indonesia.

Gambar Moscoblend
Gambar; bisnisukm.com

Usaha minuman ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dengan total gerai kurang lebih 850 outlet. Sehingga bisnis franchise ini cukup menguntungkan. 

Anda butuh modal untuk memulai bisnis franchise Moscoblend mulai dari Rp3.000.000 saja tanpa booth.

5. Shizuka Takoyaki

Shizuka Takoyaki adalah usaha yang menjual makanan takoyaki. Takoyaki sendiri merupakan makanan cemilan asal Jepang yang berbentuk bola-bola kecil yang dibuat dari adonan tepung berisi potongan gurita.

Gambar Shizuka Takoyaki
Gambar: bisniswaralaba.id

Untuk memulai bisnis franchise Shizuka Takoyaki Anda hanya membutuhkan modal kecil yaitu Rp2.200.000 saja dan Anda akan mendapatkan perlengkapan bisnis yang sesuai dengan standard operating procedures (SOP) yang sudah ditetapkan. 

6. Moo-Moo Korean Milk

Moo-Moo Korean Milk adalah usaha minuman blend yang sukses merambah banyak kota di Indonesia. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2015 dan berkantor pusat di Palembang.

Gambar produk Moo-Moo
Gambar: waralabaku.com

Usaha minuman ini sudah memiliki total gerai kurang lebih 104 outlet. Untuk memulai bisnis franchise Moo-Moo Korean Milk Anda hanya membutuhkan modal Rp3.700.000 saja tanpa booth.

Baca juga: Ayo Tambah Penghasilan Anda dengan Memulai Usaha Kecil-kecilan

Penutup

Itu dia penjelasan dan beberapa contoh dari bisnis franchise yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai usaha baru hanya dengan modal dibawah 5 juta. Apapun pilihan Anda, lakukanlah usaha Anda dengan fokus dan komitmen yang tinggi agar usaha yang Anda jalani dapat mencapai kesuksesan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *