Cara Flash OPPO R831K dengan Flashtool

cara flash oppo r831kFlash merupakan cara memperbaiki HP mati total atau matot yang bisa dibilang terbaik. Metode ini juga sering dilakukan untuk HP yang hanya getar saja dan tidak bisa dioperasikan. Metode untuk melakukan flash HP pada dasarnya sama saja, akan tetapi terkadang perbedaan merek HP bisa memiliki perbedaan metode.

Khusus untuk HP OPPO, kali ini aku akan membahas tentang cara flash OPPO R831K yang mudah dilakukan bahkan oleh orang awan. Pastikan kamu mengikuti setiap langkah langkahnya nanti dengan baik agar HP kamu bisa sembuh dan dapat dioperasikan kembali dengan baik.

Kesalahan dalam melakukan flashing justru dapat membuat HP kamu semakin tidak dapat digunakan. Misalnya, HP kamu mati total akibat dari gagal booting, kesalahan rooting ataupun kesalahan sistem yang lain, maka harus dilakukan flash secara hati hati.

Oleh karena itu, cara flash OPPO R831K yang akan aku bahas kali ini, akan aku sampaikan juga beberapa persiapan yang harus diikuti hingga akibat yang ditimbulkan dari metode flash HP OPPO. Jika kamu tidak siap dengan resiko yang dihadapi, sebaiknya serahkan Hpmu pada orang yang sudah ahli agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

1. Kapan Flash HP harus dilakukan dan kapan memilih cara lain

Apakah HP mati total harus di flash? Ya belum tentu. Kalau misalnya HP mengalami bootlop, pada dasarnya memang Flash merupakan pilihan yang tepat. Namun belum tentu juga ini menjadi solusi terbaik karena akibat dari flash justru menimbulkan beberapa masalah baru.

Flash HP OPPO akan mengembalikan HP menjadi seperti HP baru lagi, yang artinya bahwa semua pengaturan sistem maupun penggunaan memori akan seperti HP baru. File file yang tersimpan, aplikasi, pengaturan dan lain sebagainya akan hilang akibat dari flashing.

Lalu kapan flash HP perlu dilakukan? Flash HP menurutku perlu dilakukan apabila memenuhi setidaknya satu di antara dua hal berikut. Pertama, HP memang mati akibat kesalahan boot dan sistem. Bisa dibilang satu satunya cara untuk mengatasi adalah dengan flash, sehingga menggunakan metode flash adalah yang terbaik.

Kedua, jika tidak terdapat file yang sangat penting di dalam memori. Jika kamu ingin melakukan cara flash OPPO R831K atau OPPO neo 3, maka pastikan tidak ada file penting di dalam memori. Kecuali jika penyimpanan memori adalah via mmc, maka kemungkinan tetap akan aman karena tidak rergabung dalam memori sistem.

2. Persiapan Flash Opo R831K

Untuk melakukan cara flash OPPO R831K maka diperlukan beberapa persiapan. Terutama yang akan aku jelaskan adalah cara flash via pc. Untuk melakukan flashing tanpa pc atau tanpa via flashtool aku belum memiliki panduannya, karena HP memang dalam kondisi tidak dapat dugunakan.

Nah untuk melakukan flash pada hp OPPO R831K menggunakan laptop, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu siapkan.

a. Pastikan baterai HP lebih dari 70%. Proses flashing membutuhkan daya yang sangat banyak sehingga kamu harus memastikan bahwa baterai cukup selama proses. Jika hp milikmu sudah drop atau rusak baterainya, maka sebaiknya kamu melakukan flashing sambil melakukan charging pada HP.

b. Lakukan backup data ponsel

Seperti kubilang sebelumngya, bahkwa melakukan flashing dapat menyebabkan data yang ada dalam memori akan hilang. Oleh karena itu, jika memungkinkan maka perlu kamu lakukan backup terlebih dahulu di dalam komputer desktop masing masing agar nantinya bisa dikembalikan dengan mudah ke dalam HP setelah flashing.

c. Download Firmware OPPO Neo 3 R831K

d. Download software SP Flash Tool

e. Downoad USB Driver MT65XX

f. Persiapkan kabel usb yang akan digunakan untuk menghubungkan antara laptop atau pc dengan HP yang akan di flash

g. pastikan laptop atau pc yang kamu gunakan dalam kondisi baterai yang cukup karena akan memakan banyak baterai juga.

3. Cara flash OPPO R831K

Cara flash OPPO R831K sebenarnya mudah, hanya saja memang membutuhkan kehati hatian agar prosesnya lancar dan tidak menimbulkan banyak hal yang tidak diinginkan. Untuk memulai cara flash OPPO, pastikan kamu sudah mempersiapkan beberapa hal seperti yang sudah aku sampaikan di atas.

Kalau file file di atas sudah di download, kamu perlu mengekstraknya terlebih dahulu karena semua masih dalam bentuk RAR, agar bisa dibaca maka perlu diekstrak. Kemudian ikuti langkah langkah di bawah ini untuk melakukan flash.

a. Instal driver USB di PC/Komputer/Laptop

b. Buka folder flashtool kemudian klik kanan pada bagian file flash_tool.exe

c. Klik Run as AdministratorKlik Run to administrator

d. Klik menu Download Agent di pojok kanan atas

e. Cari folder MTK All in One dan kemudian klik open untuk membuka file

f. Klik file Scatter-loadingBuka file

g. Buka file firmware OPPO Neo R831K yang tadi sudah diunduh, cari file yang namanya MT65XX_Android_Scatter kemudian buka file tersebutKlik file di dalam flashtool

h. Selanjutnya hilangkan tanda centang pada pilihan PRELOADER dan UBOOT. Pilihan ini dilakukan jika HP mengalami bootlop, akan tetapi jika HP dalam kondisi mati total, maka centang semua pilihan yang ada.

i. Selanjutnya klik tombol download di bagian kiri atas pada Flash Tool

j. Sekarang, matikan smartphone OPPO Neo 3 R831K jika masih hidup. Hubungkan kabel USB dan HP. Jika baterai dalam kondisi tidak terpasang, maka tekan tombol volume atas sampai mucul notifikasi instalasi driver terlihat di layar.

k. Proses akan langsung berlangsung ketika driver sudah mendeteksi ponselmu. Tandanya adalah warna kuning pada flash tool berupa bar seperti loading.Tunggu proses flash berjalan

l. Tunggu proses flashing hingga selesai.Selesai

m. yeay berhasil

Nah itu tadi langkah langkah cara melakukan flash pada HP OPPO R831K yang bisa dilakukan bahkan oleh orang awam. Kamu harus pastikan bahwa setiap prosesnya berjalan dengan benar agar tidak terjadi eror selama proses flashing.

Setelah berhasil, HP kesayanganmu seharusny sudah bisa digunakan dengan baik seperti sedia kala. Prosesnya bisa diakhiri dengan melepas USB dan menutup semua aplikasi.

Baca juga: 2 Cara Mudah untuk Flash Vivo Y15 via Flashtool & SD Card

4. Akibat yang ditimbulkan oleh metode flash Smartphone

Kamu perlu memahami akibat dari flashing yang nantinya akan terjadi pada Hpmu. Ini perlu kamu ketahui agar kamu tidak menyesal karena akibat ini terjadi kepadamu setelah melakukan flashing.

Pada dasarnya akibat ini akan terjadi bukan hanya ketika dilakukan oleh orang awam, akan tetapi akibat ini juga tetap akan terjadi bahkan ketika flashing dilakukan oleh orang yang sudah biasa melakukan flashing,

Berikut ini beberapa akibat dari melakukan cara flash cara flash OPPO R831K.

a.  File yang ada di dalam smartphone akan hilang

Semua file yang ada di dalam memori smartphone akan hilang sebagai akibat dari flash. Flash ini mirip dengan melakukan format tetapi secara keseluruhan terutama pada bagian sistem. Setahuku, file yang sudah hilang akibat flashing ini sudah tidak akan dapat dikembalikan lagi.

b. Semua aplikasi dan data aplikasi hilang

Jika kamu memiliki banyak aplikasi, maka semua aplikasi akan hilang setelah flashing. Aplikasi yang tertinggal di HP adalah aplikasi yang memang bawaan dari pabrik, ini tidak akan ikut hilang karena flashiing. Data aplikasi yang tersimpan dalam smartphone juga akan hilang jika tidak dilakukan backup. Oleh karena itu, sebaiknya data aplikasi selalu disinkronisasi dengan  sistem web agar ketika HP atau aplikasi mengalami masalah, maka nantinya akan dapat dikembalikan seperti semua.

c. HP seperti baru

Akibat yang ditimbulkan adalah HP menjadi seperti HP baru. Kamu harus memulai semuanya dari awal, mulai dari mengatur jam, kartu sim, walpaper dan lain sebagainya.

Nah itu tadi tiga hal yang menjadi akibat dari flashing HP OPPO. Kamu perlu pertimbangkan tiga hal di atas agar nantinya tidak menyesal setelah melakukan flashing HP.  Namun sebenarnya flashing tidak seseram itu, masih banyak kok yang menggunakan flashing misalnya via sd card atau via flashtool yang memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Baca juga: 2 Cara Simpel untuk Flash Lenovo A6000 via QFIL & Flashtool

Sekian tadi beberapa hal tentang cara flash OPPO R831K yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Pastikan bahwa kamu mengikuti setiap langkah langkahnya dnegan mudah. Jangan lupa persiapkan seluruh kelengkapan sebelum kamu memulai proses flashing. Selain itu, kamu juga perlu memahami terlebih dahulu akibat dari flashing yang dilakukan sendiri. Kemungkinan buruk akan selalui ada, maka sebaiknya lakukan pengamanan pribadi dengan rajin melakukan backup dan jangan melakukan hal aneh aneh pada smartphone yang kamu miliki.

Sekian dulu bahasan kali ini. Semoga kamu dapat melakukan flash hp dengan mudah, cepat, akurat dan heat. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu, aamiin.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *