Cara Menghapus Blog WordPress dan Blogspot [Mudah & Instan]

ara menghapus blogCara menghapus blog pada platform yang berbeda tentu saja memiliki langkah yang berbeda. Dua platform blog yang sangat populer adalah blogger (biasa disebut juga dengan blogspot) dan wordpress. Dua platform ini memiliki tampilan, pengaturan, fitur dan berbagai hal lain yang perbedaannya sangat jauh.

Sebenarnya ada banyak platform blog lain yang juga banyak digunakan. Namun penggunaannya biasanya tidak sebanyak dua platform itu. Nah kali ini aku akan membahas tentang cara menghapus blog dan secara khusus hanya untuk dua platform itu. Jika suatu saat kamu membutuhkan cara untuk menghapus blog sendiri secara permanen pada platform lain, boleh dituliskan pada kolom komentar.

WordPress sendiri sebenarnya ada dua macam, yaitu wordpress yang self hosting maupun yang wordpress gratisan. Khusus untuk kali ini, aku hanya akan membahas untuk yang wordpress gratisan. Karena aku anggap untuk Menghapus blog wordpress self hosting sudah mudah dilakukan karena yang punya biasanya sudah ahli blog.

Sebelum kamu melakukan penghapusan blog, kamu harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, kamu harus bisa login ke akun blogger maupun wordpress kamu. Jika kamu tidak bisa login, perlu lompat ke langkah nomor 3 nanti. Kedua, kamu perlu cek terlebih dahulu sebenarnya blog kamu memiliki pengunjung yang ramai atau tidak.

Jika blog milikmu memiliki pengunjung yang cukup ramai, sebaiknya jangan dihapus blognya. Saranku berikan kepada orang lain saja agar dikelola untuk menghasilkan pundi pundi uang. Di jaman yang serba internet ini, menghasilkan uang dari internet menjadi salah satu cara yang unik dan keren.

Okay langsung saja silakan simak langkah langkah cara menghapus blog di blogger dan wordpress. Ikuti secara hati hati dan perhatikan setiap yang dibutuhkan.

1. Cara Menghapus Blog Di Blogspot

Blogspot atau blogger memiliki tampilan yang lebih simple dan sangat mudah digunakan untuk pemula. Sehingga termasuk cara menghapus blog di blogspot juga sangat mudah. Blogger atau blogspot ini merupakan produk dari Google sehingga memang banyak mendapatkan bantuan dari Google.

Banyak blogger professional yang memulai kariernya dari blogspot, terutama para blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis online ini. Meskipun saat ini mungkin banyak yang beralih ke wordpress self hosting karena fasilitasnya yang jauh lebih lengkap dan bisa menyesuaikan keinginan penggunanya.

Yang perlu diperhatikan, jika kamu menghapus blog di blogspot, bisa menyebabkan orang yang menemukan blog milikmu akan mendapati sebuah halaman kosong dengan pemberitahuan bahwa blog tersebut telah dihapus. Sehingga kamu perlu mempertimbangkan, nantinya blog akan dipindah ke blog lain atau menghapusnya secara permanen.

Jika kamu ingin menghapus blog di blogger atau blogspot secara permanen, berikut ini langkah langkahnya.

  • Buka browser yang kamu sukai, kalau aku lebih suka menggunakan Google Chrome
  • Masuk ke https://www.blogger.comara menghapus blog
  • Login menggunakan akun email dan password yang terdaftar untuk blog yang kamu inginkan
  • Satu email bisa untuk membuat beberapa blog, maka pilih blog yang akan kamu hapuscara menghapus blog
  • Pilih menu ‘Setelan’ pada bagian kiricara menghapus blog
  • Pilih ‘Lainnya’cara menghapus blog

Nah sebelum kamu memulai untuk menghapus blog secara permanen, kamu bisa memilih untuk melakukan backup terlebih dahulu atau tidak. Dengan melakukan backup, kamu bisa menggunakan konten tersebut untuk blog yang lainnya. Jika memang tidak, kamu bisa langsung memilih untuk ‘Hapus Blog’cara menghapus blog

Akan muncul peringatan untuk mengkonfirmasi apakah kamu benar benar akan menghapus blog tersebut, jika sudah yakin, klik ‘Hapus Blog Ini’cara menghapus blog

  • Tunggu sebenatar hingga proses selesai.
  • Selanjutnya blog akan masuk dalam daftar ‘Blog yang dihapus’cara menghapus blog

Kamu bisa cek di dalamnya, untuk beberapa waktu kamu masih dapat memulihkan blog tersebut. Sehingga jika kamu berubah pikiran, blog masih dapat berfungsi seperti semula. Namun jika kamu yakin untuk menghapus blog tersebut, kamu bisa klik ‘Hapus Permanen’cara menghapus blog

  • Selesai

Meskipun blog sudah dihapus, kamu harus ingat bahwa untuk beberapa waktu blog milikmu masih memungkinkan untuk ditemukan melalui pencarian Google. Meskipun begitu, ketika dibuka nantinya pengunjung sudah tidak akan menemukan isi blogmu lagi.

2. Cara Menghapus Blog Di WordPress

Meskipun secara umum pengelolaan blog di wordpress bisa sedikit lebih advanced, tetapi kalau wordpress versi gratisan memang masih memiliki banyak Batasan. Misalnya dalam hal template, blog wordpress gratisan hanya bisa menerapkan theme yang sudah disediakan, berbeda dengan blogger yang bahkan bisa melakukan coding sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Blog Personal Branding

Dalam hal monetisasi juga, blog blogger bisa menerapkan monetisasi dengan Google sedangkan wordpres gratisan tidak bisa melakukannya. Dari sinilah kemudian pemilihan blog blogger atau wordpress gratisan tergantung dari selera dan juga tergantung dari tujuan menggunakan blog.

Namun, dalam hal cara menghapus blog , baik di blogger maupun cara menghapus blog di wordpress prosesnya mirip dan sama sama mudah. Kamu juga bisa melakukan backup untuk kemudian diimpor ke blog lain atau digunakan untuk self hosting.

Langkah langkah cara menghapus blog wordpress secara permanen adalah seperti berikut ini.

  • Login menggunakan akun wordpress untuk blog yang kamu inginkancara menghapus blog
  • Masuk ke bagian ‘Manage’ kemudian settingcara menghapus blog
  • ‘Secara otomatis kamu akan berada pada tab ‘Umum’
  • Scroll ke bawah hingga tulisan ‘Hapus situs Anda secara permanen’ atau ‘Delete your site permanently’ kemudian klik tulisan tersebutcara menghapus blog
  • Ada dua pilihan yang muncul, yaitu Export Konten dan Hapus Situscara menghapus blog

Kamu bisa memilih untuk membackup terlebih dahulu semua konten, misalnya nanti jika digunakan lagi. Namun jika kamu yakin konten yang ada tidak akan dibutuhkan lagi, kamu bisa menghapus situs secara langsung. Sehingga kamu tinggal klik ‘Hapus Situs’

  • Kamu akan dimintai konfirmasi untuk menghapus, jika sudah yakin, kamu klik ‘Hapus Situs Ini’cara menghapus blog

Note: WordPress tidak menyediakan pilihan untuk memulihkan blog yang sudah dihapus, berbeda dengan blogspot. Sehingga kamu harus yakin terlebih dahulu apakah kamu benar benar ingin menghapusnya atau tidak. Jika hanya sebatas tidak suka dengan beberapa postingan, kamu bisa hanya menghapus atau mengarsipkan postingannya.

3. Adakah Cara Menghapus Blog Orang Lain Atau Lupa Password?

Cara menghapus blog seperti yang di atas itu sangat mudah untuk dilakukan, bahkan untuk pemula. Tanpa mencari di internet pun sebenarnya bisa dilakukan karena memang ‘biasanya’ pengaturan akan berisi fitur fitur seperti itu.

Yang sering menjadi masalah adalah jika yang ingin dihapus ini bukanlah blog milik sendiri atau blog milik sendiri yang sudah lama, apalagi jika sampai lupa email dan password. Lantas apakah bisa menghapus blog orang lain atau blog milik sendiri yang tidak bisa login? Jika bisa, bagaimana cara menghapus blog  orang lain dan akun lama yang lupa password?

Kira kira jawabannya begini

  • Kita tidak bisa menghapus blog orang lain dengan mudah

Jika menghapus blog orang lain dengan mudah bisa dilakukan, maka dunia persaingan maupun dunia maya ini menjadi tidak sehat. Jangan jangan kalau ada orang yang tidak suka dengan orang yang lain, akan menghapus blognya. Ini tentu saja tidak akan baik karena bisa menyebabkan masalah bagi orang yang dihapus blognya.

Kalaupun bisa menghapus atau menguasai, maka yang bisa melakukannya adalah hacker. Para hacker biasanya bisa meretas sebuah website dan mengganti isinya sesuai dengan kehendaknya. Namun tentu para hacker tidak serta merta mau untuk menghapus setiap blog yang direkuest.

  • Jika lupa password, pulihkan

Email seperti gmail, yahoo dan lain sebagainya pasti memiliki cara untuk memulihkan akun. Kamu bisa mengurus akun tersebut terlebih dahulu sehingga nantinya bisa masuk ke blog dan kemudian menghapusnya.

  • Jangan membuka blog yang lupa password

Jika kamu tidak ingin blog milikmu yang lupa password dutemukan oleh banyak orang, maka jangan terlalu seirng membukanya. Kalau aku tidak salah, semakin sering sebuah blog dibuka apalagi dalam jangka waktu cukup lama ditambah lagi menemukannya dari google,  maka blog akan semakin naik peringkatnya.

Jadi misalnya blog yang berapa pada halaman ke 3 atau 4 pencarian Google justru bisa naik ke halaman 1 dan semakin banyak ornag menemukannya.

Baca juga: Cara Menurunkan Bounce Rate Blog

Nah itu tadi cara menghapus blog yang bisa diterapkan pada blog wordpress dan blogspot. Setiap platform memiliki metode cara menghapus blog yang berbeda beda. Namun pada dasarnya hampir sama dan bisa menyesuaikan tergantung pada pengaturan masing masing.

Misalnya kamu menggunakan Tumblr, Weebly dan lain sebagainya, kamu tinggal menyesuaikan saja, kira kira ada pada bagian pengaturan. Karena pengguna platform lain tidak banyak, memang jarang ada yang membahas secara khusus platform platform tersebut.

Sekian dulu bahasan kali ini, semoga kamu bisa melakukan cara menghapus blog ini dengan mudah. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, aamiin.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *