5 Cara untuk Cek Kuota Internet 3 (Tri) dengan Mudah & Simpel

Seseorang memegang smartphone.
Gambar: Rawpixel

Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari kita. Mengingat manfaat dari internet sangatlah banyak yaitu membuat komunikasi menjadi lebih mudah, untuk berjualan online, untuk memperoleh berita maupun pengetahuan, dan lain – lain.

Meskipun saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan fasilitas wifi, namun memiliki kuota internet pada smartphone Anda tetaplah penting. Hal ini menghindari keadaan tak terduga seperti ketika Anda membutuhkan jaringan internet namun tempat dimana Anda berada sedang tidak menyediakan wifi. 

Sekarang, hampir semua operator seluler menyediakan paket internet berbasis kuota. Salah satu provider yang banyak digunakan di Indonesia adalah 3 atau bisa disebut dengan Tri. Jika Anda mencari provider internet dengan pilihan paket internet yang mempunyai kuota besar dan harga yang terjangkau, provider Tri merupakan pilihan yang tepat. Provider ini juga sudah memiliki jaringan 4G yang luas di Indonesia. Adapun beberapa kelebihan dari provider Tri sehingga diminati banyak orang yaitu :

  • Masa aktif kartu dan masa aktif paket internet yang panjang.
  • Kecepatan internet cukup stabil.
  • Satu nomor perdana sudah dapat digunakan untuk paket internet, sms, dan telepon sekaligus.
  • Fleksibel. Paket internet yang ditawarkan beragam. Dapat dibeli paket perjam, harian, mingguan, hingga bulanan sesuai dengan kebutuhan.
  • Banyak menyediakan paket internet dengan kuota yang besar namun harganya tetap terjangkau.

Cara Cek Kuota 3

Meski terkenal sebagai provider yang harga paket internetnya terjangkau, Anda tetap bisa mengontrol penggunaan internet dengan mengetahui cara cek kuota Tri. Nah, mungkin ada salah satu pembaca yang pengguna baru kartu Tri, atau mungkin ada pembaca yang pengguna lama kartu Tri namun kurang peduli dengan hal ini. Menurut saya, tidak peduli berapa lama Anda menggunakan kartu Tri, mengetahui cara cek kuota internet adalah sebuah keharusan. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara cek kuota kartu Tri yang tentu nya mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa melakukan cek kuota melalui SMS, dial phone, bima+, dan website. Berikut adalah cara-cara nya:

Via SMS (Internet Reguler)

Cara pertama ini menurut saya adalah cara yang paling mudah untuk cek kuota internet Tri. Anda hanya perlu mengetikkan pesan singkat atau SMS dan signal yang stabil. Cara ini juga tidak akan dipungut biaya SMS alias gratis sehingga Anda tidak memerlukan pulsa untuk melakukan cara ini. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pertama, ketik nomor tujuan yaitu 234.

Ketik Info(spasi)data. Kemudian enter atau kirim pesan Anda.

Ketik info data kirim ke 234 dan akan dapat balasan.

Tidak butuh waktu yang lama operator akan langsung membalas pesan untuk menginformasikan sisa kuota internet Anda.

Via SMS (Internet 4G)

Untuk mengecek kuota internet di jaringan 4g, caranya hampir sama seperti cara yang pertama namun dengan format SMS yang berbeda. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pertama, ketikkan nomor tujuan yang sama yaitu 234.

Lalu ketik Info(spasi)kuota4g. Enter atau kirim pesan Anda.

Ketik info kuota4g kirim ke 234

Tidak butuh waktu yang lama juga, operator dengan segera membalas pesan Anda dan menginformasikan sisa kuota internet Tri Anda yang ada pada jaringan 4G.

Via Dial Phone

Cara lainnya untuk mengecek kuota internet Tri adalah dengan melalui dial phone. Menurut saya cara ini juga cukup mudah namun sedikit lebih ribet dibandingkan dengan cara melalui SMS. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pertama, lakukan panggilan ke *111#.

Lalu akan muncul beberapa opsi, pilih nomor 4. Cek Kuota.

Ketik *111# pilih Cek Kuota.

Setelah itu pilih nomor 2. Kuota Data.

Lalu pilih nomor 1. Cek Kuota.

Pilih Kuota Data lalu Cek Kuota

Pilihan terakhir, pilih nomor 1. Kuota Data Regular.

Pilih Kuota Data Regular

Tunggu beberapa saat operator akan mengirimkan SMS konfirmasi untuk memberitahu informasi sisa kuota internet Anda.

Ada SMS dari 234 tentang info kuota.

Via Bima+

Bima+ atau yang awalnya bernama BimaTri adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Tri Indonesia sebagai pendamping digital yang bermanfaat dan dapat diandalkan oleh penggunanya.

Aplikasi bima+ ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan tampilan menu yang menarik. Pada aplikasi ini Anda dapat melakukan isi ulang pulsa hingga pembelian paket data internet. Paket data internet yang ditawarkan sangat beragam pilihannya dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, ada berbagai fitur-fitur keren yang tersedia di aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Bima Market : Jika Anda seorang creativepreneur, bima+ dapat membantu Anda membuat daftar hasil keasi Anda. Di fitur ini juga menjadi tempat bertemunya pada kreatif muda Indonesia. Berbagai produk karya anak bangsa mulai dari kategori aksesoris, fashion, makana, minuman, hobi, hingga home living dapat Anda akses melalui fitur Bima Market.
  • Games, Music, Movies : Hanya dengan memotong pulsa Tri, Anda sudah bisa melakukan pembelian beragam aplikasi dan konten game, music, dan movies karya anak bangsa maupun global yang ada di fitur ini.
  • Digital Assistant : Melalui fitur ini, pelanggan bima+ diberikan akses untuk terhubung ke layanan pelanggan dan berbagai info produk Tri sehingga pelanggan dapat menyampaikan keluhan atau bertanya tentang layanan dan produk bima+ dengan melalui chat langsung.
  • Digital Chat & Call : Pengguna bima+ dapat melakukan chat dan menelpon sepuasnya gratis ke sesama pengguna bima+ melalui fitur ini.
  • Shake & Reward : Pelanggan dapat mengguncang ponselnya dan akan mendapatkan beragam hadiah kejutan jika beruntung.

Seperti pada judul, saya hanya akan menjelaskan bagaimana mengecek kuota Tri melalui aplikasi bima+. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pertama, download dan install aplikasi bima+ di smartphone Anda terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat dinikmati oleh pengguna Apple maupun Android.

Download dan install bima+.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk Login dengan mengisikan nomor Tri Anda.

Kemudian, sistem akan mengirimkan kode otentikasi melalui SMS.

Login menggunakan nomor telepon di bima+.

Tunggu beberapa saat, setelah menerima SMS kode otentikasi, kembali ke aplikasi bima+ lalu masukkan kode. Kemudian klik Masuk.

Apabila Anda tidak menerima kode otentikasi, klik Kirim Ulang Kode dan pastikan nomor Tri yang Anda masukkan sudah benar.

Menerima pesan dari 123 yang berisi kode untuk login di bima+.

Setelah berhasil, aplikasi akan menampilkan halaman Beranda. Di halaman ini Anda dapat langsung melihat informasi mengenai masa berlaku kartu dan sisa pulsa Anda. Untuk mengecek sisa kuota, klik menu yang ada di sebelah kiri atas. Kemudian pilih Akun Saya.

Di halaman Akun bima+ akan ditampilkan informasi kartu Anda yaitu sisa pulsa utama, masa berlaku, tipe kartu hingga transaksi terakhir. Kemudian ada dua opsi lain yaitu Info Paket dan Profilku. Untuk mengecek sisa kuota maka pilih Info Paket. 

Pada halaman Info Paket akan ditampilkan informasi mengenai paket internet hingga detail kuota Anda. Selain paket internet, Anda juga dapat melihat informasi paket nelpon dan paket SMS Anda.

Pilih Info Paket

Bagi saya, cara ini adalah yang paling praktis. Hanya perlu mendownload aplikasinya dan Anda sudah bisa mendapatkan informasi yang lengkap serta dapat menikmati fitur-fitur di dalamnya yang mempunyai banyak manfaat.

Via Web

Cara terakhir untuk cek kuota Tri yaitu melalui website. Cara ini bisa Anda lakukan jika tidak ingin menghabiskan RAM dan memori penyimpanan smartphone Anda dan bisa dilakukan dengan smartphone maupun PC/laptop Anda. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pertama, buka situs internet.tri.co.id ini.

Kemudian klik button Login.

Akses web dari bima+ melalui browser.

Kemudian isi form login dengan nomor Tri Anda. Setelah itu sistem akan mengirimkan kode otentikasi melalui SMS ke nomor Tri Anda. Setelah menerima kode otentikasi, isi form dan klik button Login.

Login menggunakan nomor telepon.

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman Beranda. Klik menu yang ada di sebelah kiri atas. Kemudian pilih Akun bima+.

Lalu pilih Info Paket untuk melihat informasi mengenai sisa kuota internet Anda. Pada halaman ini Anda juga dapat melihat informasi tentang paket nelpon dan SMS Anda.

Pilih info paket di bima+.

Menurut saya, cara cek kuota Tri melalui website ini sama dengan aplikasi bima+. Ini hanya aplikasi bima+ yang dibuat berbasis website. Fitur – fitur di dalamnya masih sama dengan aplikasinya. Namun cara ini bisa menjadi solusi apabila Anda tidak ingin mendownload aplikasinya. Cara ini cukup efektif namun Anda harus tetap memastikan bahwa smartphone Anda memiliki koneksi internet. Jika Anda kehabisan kuota, maka cara ini tidak bisa Anda lakukan (kecuali ada jaringan wifi). Alternatif lain Anda bisa menggunakan cara SMS atau dial phone untuk mengecek sisa kuota internet kartu Tri Anda.

Penutup

Sampai sini pastinya Anda sudah paham bagaimana cara untuk mengecek kuota internet kartu Tri Anda, maka Anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota internet di saat – saat yang tidak terduga seperti ketika berada di tempat yang tidak menyediakan wifi. Dengan begitu Anda juga menjadi tau kapan harus menghemat dalam penggunaan internet setiap waktu.

Selesai juga akhirnya tulisan saya tentang cara cek kuota Tri kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *