Pencerahan Dari 4 Orang Ini Yang Akan Mengubah Pandangan Anda Terhadap SEO. Baca Sekarang Atau Ketinggalan!

Gambar : Storyblocks

Saya bukan ahli SEO. Makanya saya lebih senang mendengarkan saran orang lain ketika ngobrol tentang SEO. Dari dahulu saya selalu bilang, saya bukan orang yang sabar untuk mendapatkan traffic. Mempelajari affiliate marketing memungkin saya untuk banyak tahu berbagai tipe traffic dan bagaimana cara mendapatkannya dengan cepat. Nah, itu yang membuat saya selalu menyerah ketika sampai ke praktek SEO. Oleh karena itu, saya angkat topi untuk teman-teman saya yang saya mintain pendapat tentang SEO masa lalu, masa now dan masa depan.

Metode yang saya pakai untuk menggali informasi tentang SEO ini adalah dengan menanyakan 5 (lima) pertanyaan yang sama ke setiap narasumber yang ikutan. Saya berharap pembaca akan dapat memaknai perbedaan dengan baik, mendapatkan motivasi dan tambahan insight untuk bertarung memperebutkan pejwan di mesin pencari.

Baca juga : 5 (+3) Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Anda Pacaran Dengan Seorang Internet Marketer

Jujur saja, saya mengontak narasumber ini sudah dari tahun lalu dan ‘agak malu’ karena baru bisa mem-publish tulisan ini sekarang. Maafkan. Alasan utamanya karena saya harus menunggu Bixbux ganti kulit (theme) terlebih dahulu. Alesan lain? Ya karena kesibukan sehari-hari.

Yang saya bisa jamin adalah, kalau anda maen di SEO, pendapat keempat teman saya ini harus dibaca dengan baik, dan yang penting lagi, diserap dan dipraktekkan. Mereka memberikan pendapat dari sudut pandang masing-masing tetapi ada pola besar yang (bahkan) saya bisa tangkap secara empirik. Sengaja saya meng-klusterkan para ahli dengan asumsi : ada pemain Adsense, ada pemain toko online dan ada juga yang bergerak di pasar korporat.

Terima kasih yang sebesar-besarnya keempat orang teman-teman baik saya yang sudah bersedia meluangkan waktu menjawab pertanyaan yang saya ajukan. Buat pembaca yang sudah terlanjur mampir kesini, selamat menikmati!

Note : urutan di bawah ini berdasarkan abjad

A. FIRMAN (FB : FIRMAN SYAH)

Teman saya yang satu ini anak muda kurus, asal Surabaya, yang selalu berpikiran positif. Tiap kali kami ngobrol atau sekedar bersapa di messenger, ada saja ledekan yang saya sampaikan, tapi dia gak pernah ngambeg. Saya suka nyengir kalo inget kemunculannya di dunia internet marketing di Indonesia, culun banget. Sudah lama temenan di FB tapi baru kopdar pas Bandung Digital MeetUp tahun 2017. Firman datang ke Bandung sambil honeymoon karena waktu itu baru saja menikah.

Selain mengurusi SEO, sekarang Firman sibuk dengan komunitasnya di Electo Media. Saya mengkategorikan Firman di underground SEO. Dan saya suka teman-teman di underground karena mempunyai ikatan pertemanan yang kuat dan tidak pelit berbagi ilmu. Asumsi saya pendapatan terbesarnya berasal dari Adsense. Tapi itu hanya asumsi, karena tiap kali saya ajak balapan earning dia selalu menghindar. Mungkin tahu, biarpun saya juga tampak  muda, tapi yang kurus selalu bisa lebih cepat daripada yang gede (baca : gendutan – sambil elus perut) hehehehe..

Gambar : Dokumen pribadi sebelum nikah. Mungkin sekarang lebih kurus lagi karena beban hidup 🙂

1. Mengapa anda tertarik untuk mendalami SEO?

Ketika saya masih SMP, saya mendapatkan tugas tentang blogging dan berjalan hingga kelas 3 SMP. Namun saat itu saya tidak mengerti apapun itu tentang SEO, Adsense, atau lainnya. Setelah itu vakum hingga beberapa tahun. Selang beberapa tahun, saat itu kelas 3 SMK, saya sedikit tertarik untuk blogging lagi dan mempelajari sedikit-sedikit dan uji coba tentang wordpress, walaupun menggunakan hosting gratisan seperti webhost dan hostinger jika ada yang pernah tahu.

Setelah berapa lama, saya sedikit mendalami SEO dari berbagai sumber, seperti Ads.id, add facebook mastah-mastah SEO hanya sekedar untuk mencari insight-insght SEO apa yang terbaru. Saya ingat betul, waktu itu jarang banget kursus atau pelatihan SEO. Hanya ada seperti punya mastih Anne Ahira dan juga Cosa Aranda yang membuka pelatihan online seperti 28 Hari Panduan SEO, namun pada saat itu untuk saya harganya tidak terjangkau, walaupun hanya ratusan ribu.

Oleh karena itu, saya sendiri tertarik dengan SEO tidak hanya untuk mencari uang, namun saya ingin memberikan value kepada banyak orang baik itu melalui tulisan saya di blog, coretan di facebook, maupun di member area saya seperti di Electo Media yang saat ini saya bangun.

2. Skill paling mendasar yang harus dipunyai oleh orang yang ingin masuk ke dunia SEO?

Pada awalnya, saya sendiripun tidak memiliki skill dasar. Yang di butuhkan hanyalah sedikit keinginan, kesabaran dan juga skill analisa. Karena SEO menurut saya sendiri cara mainnya dari dulu sama saja. Hanya saja kualitasnya saja yang dinaikkan.

3. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam SEO saat ini?

Analisa, kesabaran, action.

4. Tiga kesalahan umum dalam SEO?

Saya tidak akan berbicara kesalahan SEO, namun lebih ke fundamental. Yang tidak hanya di alami oleh pemain SEO, namun hampir sebagian besar pemain IM (Internet Marketing).

Yang pertama, sebagian orang terkadang suka di ributkan dengan hal-hal yang terlalu rumit, dan akhirnya tidak jalan. Alias hanya sebatas konsep, namun tidak segera di eksekusi. Konsep memang bagus, namun menjalan konsep yang “tidak sempurna” lebih bagus. Karena nantinya konsep bisa di benahi atau di rubah seiring pekerjaan tersebut di eksekusi.

Kedua, tak sedikit orang juga yang terlalu banyak konsep. Konsep A bisa potensi menghasilkan $100/day, konsep B berpotensi $200/day. Padahal sebelumnya sudah menjalankan konsep A, namun karena tau caranya konsep B, akhirnya konsep A di tinggalkan. Namun saat konsep B di jalankan, ternyata caranya sudah saturated sebelum menghasilkan. Di sisi lain konsep A sudah tidak jalan.

Yang ketiga, ini bisa di bilang penyakit hati, yaitu sering “panas” melihat earning mastah. Ada si A jualan online dengan SEO, bisa jual 100pcs per day, PANAS. Ada si fulan main affiliate pakai SEO, PANAS, dan seterusnya….

5. Masa depan SEO seperti apa nantinya?

Kalau menurut saya sendiri, selama masih ada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll nya, SEO never die! But, you’ll never get anything if you don’t give your value!

B. AIRUL (FB : KHOIRUL ANWAR)

Perkenalan saya dengan Airul berlangsung dengan cepat dan memorable. Dia kontak saya sebagai peserta BDM 2017 dan merespon status saya tentang lowongan SEO Specialist di Bukalapak. Tapi alih-alih jualan diri, dia malah terus terang belum pernah megang SEO e-commerce.  Saya yang kebingungan.

Tapi rupanya dari situ jalan hidupnya berubah. Berawal dari obrolan itu, Airul membuat Manjadda – Sebuah e-commerce dengan gaya nyentrik. Manjadda kini menguasai berbagai macam kata kunci sulit di Google, terutama di bidang kesehatan dan kecantikan.  Airul adalah contoh nyata yang bisa membuat weakness menjadi advantage.

Saat ini, selain sibuk di Manjadda, Airul juga mengelola mastahseo.com dan saya sedang ulik untuk mau menulis lebih banyak di Bixbux.

Baca tulisan Airul di Bixbux : Algoritma Google Brain

Pernah mengurusi SEO di perusahaan besar di Jakarta, kini Airul memilih tinggal di Magetan. Ketika saya tanya kenapa dengan traffic yang membludak tapi gak maen Adsense. Dia menjawab enteng, kan monetize traffic gak harus dari adsense om. Iya juga sik.

Gambar : Dokumen pribadi

1. Mengapa Anda tertarik untuk mendalami SEO?

Saya adalah tipe orang yang suka “ngulik”, jadi di dalam otak saya selalu ada pertanyaan “kok bisa gitu ya?”. Nah SEO merupakan wadah yang menurut saya lebih tepat jika dibandingkan dengan paid traffic untuk urusan “ngulik”.

Kalau menurut sudut pandang saya, orang yang paham SEO pasti bisa AdWords, dan besar kemungkinan mudah untuk mengenal FB Ads. Dan itu kenapa saya cenderung lebih mendalami SEO.

2. Skill paling mendasar yang harus dipunyai oleh orang yang ingin masuk ke dunia SEO?

Menulis. Itu yang paling penting menurut saya. Backlink bisa kita dapat dengan sangat mudah ketika kita bisa membuat tulisan yang baik, karena akan banyak orang yang mengutip tulisan kita dan memberikan sumber dalam bentuk backlink.

3. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam SEO saat ini?

– Konsep

Membangun sebuah website itu ibarat membangun sebuah rumah. Dalam membangun rumah seorang arsitek pasti akan membuat konsep-konsep tertentu. Konsep akan mempermudah kita dalam melakukan SEO kedepannya.

– Boost Dwell Time

Jika seseorang datang ke salah satu halaman website kita dan dia buru-buru klik button, maka ada yang salah dengan website kita. Bisa jadi page-speed buruk, atau mungkin tulisan nggak bisa dibaca, atau UI dan UX berantakan, dan atau-atau lainnya.

Dwell time adalah parameter Google menentukan sebuah halaman website berkualitas atau tidak. Cara kerja sederhananya adalah ketika pengguna datang ke sebuah website (dari Google), lalu klik tombol back, otomatis dia akan kembali ke Google lagi. Dari situ Google mengukur Dwell time tersebut.

– Kualitas Backlink

Kita tidak bisa mengingkari bahwa sampai hari ini peran backlink masih sangat berpengaruh dalam hal SEO. Namun ada banyak hal yang saat ini kita musti mulai bangun jika ingin membuat website kita awet di halaman 1, yakni kualitas backlink.

Saya lebih suka membuat 1-2 backlink yang sangat-sangat berkualitas daripada membuat 100 backlink secara masal. Seringkali, pemain-pemain SEO membuat backlink secara masal, padahal dengan cara demikian kita sendiri tidak bisa mengukur berapa banyak backlink yang benar-benar baik dan mampu membuat page-one, dan berapa banyak backlink yang sebenarnya cuma benalu yang numpang tenar.

4. Tiga kesalahan umum dalam SEO?

– Spamming Backlink

Ketika berbicara SEO, khususnya di Indonesia. masalah terbesar terletak ke bagaimana banyaknya pemain yang webnya timbul tenggelam. Kesalahan terbesar mereka adalah tidak memikirkan website mereka untuk jangka yang sangat panjang.

Saya ambil contoh keyword pakar SEO, website saya, mastahseo.com sudah berada di halaman 1 Google sejak 2014. Tentu saya mengamati siapa saja kompetitor saya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dan hanya ada tiga website yang selalu ada di halaman 1 google dalam 3 tahun terakhir, syamsulalam.net, maxmanroe.com dan mastahseo.com. Yang lain hanya timbul tenggelam.

– Load Speed Lambat

Ini adalah kesalahan umum yang paling sering terjadi, dan seringkali banyak yang mengabaikan. Jika kita melihat perkembangan Google dengan meluncurkan AMP project, ini merupakan sinyal kuat bahwa mereka pelan-pelan akan memprioritaskan website-website dengan load speed yang baik.

Load speed yang baik sangat berpengaruh ke dwell time yang sudah saya sebutkan di awal

– UI dan UX yang Buruk

Mari kita lihat website-website yang sekarang pada nangkring di halaman pertama, rata-rata pasti memiliki UI dan UX yang baik. Mari kita lihat perusahaan-perusahaan digital, berapa banyak uang yang mereka hamburkan untuk membayar ahli dibidang UI dan UX.

UI dan UX erat kaitannya dengan kenyamanan user ketika berkunjung ke sebuah halaman website, hal ini juga sangat berpengaruh ke dwell time.

5. Masa depan SEO seperti apa nantinya?

Jika kita menebak berdasarkan data, makin kesini ruang lingkup SEO makin dipersempit. Tapi saya rasa SEO akan tetap ada, karena Google butuh pemain SEO demi bisnis mereka, hanya saja ruangnya makin dipersempit dengan inovasi mereka.

C. UDHI (FB : UDHI SAPTO VILANATA)

‘Udhi adalah rekomendasi terbaik saya untuk skala PROFESIONAL. Analytics jago, SEO pegang perusahaan besar, AdWords kliennya jempolan semua. Dia emang gak tenar di FB, tapi dia cukup tenar di kalangan corporate’ – Begitu yang dikatakan Airul.

Melihat bio di FBnya, Udhi menangani klien besar semacam Bhinneka.com dan TonjooStudio.Id. Mastah yang ini sepenuhnya rekomendasi dari Airul. Saya sendiri belum pernah ketemu atau ngobrol sebelumnya. Mungkin itu yang membuat jawaban dari Udhi menjadi straight to the point, simpel dan pendek tetapi berdaging 🙂

Gambar : Dokumen pribadi

1. Mengapa Anda tertarik untuk mendalami SEO?

Karena SEO adalah salah satu channel penting di digital marketing. Sedangkan digital marketing sendiri merupakan passion saya.

2. Skill paling mendasar yang harus dipunyai oleh orang yang ingin masuk ke dunia SEO?

HTML dasar serta cara berfikir yang sistematis

3. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam SEO saat ini?

Kualitas Konten, Penerapan fitur2 Search Engine (AMP, rich snippet, Google My Business, dll), UI/UX (desain & navigasi yg baik, kecepatan web, dll)

4. Tiga kesalahan umum dalam SEO?

Menganggap backlink adalah segalanya, melakukan blackhat SEO, melupakan optimasi Onpage

5. Masa depan SEO seperti apa nantinya?

Berhubung Algoritma SE semakin kompleks, maka hasil pencarian akan semakin relevan dengan apa yang dibutuhkan user. Teknik-teknik blackhat akan berguguran satu persatu.

D. SHEMBAH (FB : YUSUF HADI SUSENO PUTRO)

Saya berteman dengan Shembah udah lama. Saya mengalami masa ketika RATAKAN didirikannya dan menjadi pioneer dan penguasa pasar marketplace produk digital di Indonesia. Walaupun sekarang sudah mulai meninggalkan dunia hitam (liat saja rambutnya – hehehe piss mbah), Shembah ini mempunyai ilmu mumpuni di SEO. Buktinya dia saat ini mengelola SEO Domination, sebuah  private course tentang SEO yang pesertanya sudah ribuan dan berasal dari seluruh Indonesia. Selain itu, Shembah juga mengelola Private Brokerpreneur Online dan beberapa online course lainnya.

Pria murah senyum dan humble ini juga menjadi banyak pembicara di berbagai acara digital dan kewirausahaan. Tinggal di Solo tidak mengurangi semangatnya buat berkeliling dan berbagi.

 

 

Gambar : Dokumen pribadi

1. Mengapa Anda tertarik untuk mendalami SEO?

SEO adalah salah satu ilmu pemasaran “legenda” dalam dunia internet marketing. Di era informasi ini, tentunya orang akan lebih prioritas mencari informasi yg TEPAT untuk membantu mereka dalam memecahkan sebuah masalah – melalui sebuah mesin pencari informasi. Karena sesungguhnya kita ini “menjual” informasi secara online.

Prioritas tersebut yang akhirnya membuat sebuah celah peluang bagi para pebisnis berlomba-lomba menjadi yang terdepan, tercepat, ter-tepat dalam menyajikan informasi bagi para pencari informasi yang dikorelasikan dengan usaha atau bisnis. Tentunya saya mendalami SEO untuk menjadi bagian membantu orang dalam menemukan informasi yang TEPAT tersebut dan tentunya bisa dikorelasikan dengan sebuah peluang bisnis untuk pemecahan masalah si pencari informasi.

Sejak saya kenal SEO dari tahun 2006, SEO masihlah sebuah seni dari ilmu pemasaran online yang tidak pasti. Banyak formula yang dilakukan oleh para master-master SEO. Namun sejak 2010 hingga saat ini saya berbagi dengan mengajar SEO pada public, saya makin BELAJAR bahwa SEO bukanlah sekedar – teknik mengoptimasi sebuah website ataupun mengoptimasi kata kunci untuk berada di halaman pertama mesin pencari.

SEO bagi saya adalah bagaimana menempatkan sebuah BRAND di dunia online melalui mesin pencari. Dengan menanamkan edukasi brand activation seolah-olah kita berkata bahwa “informasi yang anda cari ada di merek toko/ merek produk saya”.

Saya membayangkan jika orang akan mengetikkan sebuah kata kunci natural, yang tentunya tidak bisa diukur hanya dari tool analytic, brand kita akan tersajikan di halaman pertama mesin pencari. Kemudian orang tersebut berikutnya akan langsung mencari / mengakses pada – brand – yang kita miliki. Dengan demikian saya juga terlepas dari sengitnya persaingan di mesin pencari. Daripada hanya bersaing di 10 peringkat pertama, saya lebih pada bersaing menjadi terdepan di benak konsumen.

Lebih dalam lagi, jika diperhatikan masing-masing dari channel pemasaran online juga menggunakan kaidah optimasi sendiri. Biasanya ini disebut dengan algoritma. Nah, SEO juga ada masuk dalam algoritma karena bertujuan bagaimana supaya produk kita lebih cepat dan mudah ditemukan oleh si calon konsumen saat mengetikkan kombinasi kata kunci.

Pada akhirnya….tujuan akhir saya sebagai seorang pebisnis adalah mengenalkan brand jualan saya lalu bagaimana membuat brand saya tersebut lebih dikenal khalayak serta berada pada nomor satu di benak mereka melalui pemasaran online.

2. Skill paling mendasar yang harus dipunyai oleh orang yang ingin masuk dunia SEO ?

Buat saya, skill mendasar adalah ALUR bagaimana SEO berjalan + sedikit hal dasar dalam teknikal (membuat website, seo on page, dll). Misalnya apa saja sih yang bisa di optimasikan. Bisa berupa website, bisa berupa social media, dsb.

Website buat saya adalah yang paling UTAMA. Karena melalui website segala hal insyaAlloh bisa kita kendalikan.

Skill berikutnya adalah melihat bagaimana SEO itu nanti akan membantu mendatangkan jumlah kunjungan melalui TARGET MARKET yang tepat. Saya menggunakan konsep jarring seperti nelayan. Melalui SEO sebenarnya kita ini sedang menjaring banyak ikan. Namun nantinya kita akan tahu ikan mana yang akan menjadi target utama kita. Sehingga umpan berikutnya akan langsung menyasar ikan tersebut.

3. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam SEO saat ini ?

Menurut saya 3 hal penting yang harus diperhatikan adalah :

A. TUJUAN dari kita melakukan optimasi SEO apakah traffic, ataukah branding, dsb.
B. SIAPAKAH target market hasil dari optimasi tersebut.
C. CHANNEL promosi online yang akan dioptimasi. Masing2 memiliki pola dan itulah yang akan kita gunakan dalam optimasi

Harapan saya adalah kita bisa FOKUS ke bisnis bukan sekedar teknis. Temukan formula yang tepat dalam optimasi lalu ulangi ulangi dan evaluasi mana yang berhasil untuk bisnis kita

4. Tiga kesalahan umum dalam SEO ?

Pada dasarnya tidak ada benar atau salah dalam ilmu yang tidak pasti ? Namun tetap saja ada mindset-mindset / persepsi yang perlu diluruskan.

– SEO bukanlah sebuah patokan kesuksesan dalam bisnis. Masih banyak hal yang perlu dikombinasikan dengan formula SEO tersebut
– SEO bukanlah hasil yang INSTANT mengingat bahwa ada proses yang harus dijalani
– SEO bukanlah ilmu pasti sehingga kita harus senantiasa tekun mempelajari cara kerjanya untuk mendapatkan formula yang pas bagi bisnis kita. Tiap usaha akan berbeda dalam hal teknikal promosinya.

5. Masa depan SEO seperti apa nantinya ?

3-5 tahun mendatang saya melihat kompetisi akan semakin gencar. SEO sendiri seperti yang saya sampaikan di atas adalah – salah satu factor dalam algoritma masing2 platform atau channel promosi. Pada dasarnya ilmu SEO optimasi insyaAlloh tidak akan mati. Hanya akan berubah bentuk saja atau berubah cara pakainya di masing2 channel promosi.

Bagi para pebisnis, SEO adalah semacam mata kuliah wajib yang harus anda ketahui cara kerjanya. Karena nantinya semua hasil pencarian akan menjadi dasar promosi online. Misalnya mesin pencari menggunakan kata kunci. Sosial media menggunakan hastag. Masing2 akan memiliki ciri khas pencarian tersendiri.

Thats a wrap!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

7 Komentar

  1. spam backlink, pengen buru2 dapat backlink mungkin kesalahan yang paling saya sesali.. alhasil walaupun punya backlink 500+ tetap kalah posisinya sama yang cuma punya backlink 3 .. pembelajaran buat saya

  2. Daging semua isinya. Ini kalau diibaratkan sebuah buku, pasti akan bestseller. Sepertinya masih jauh panggang dari api dalam hal optimasi blog saya. Selama ini hanya nulis share nulia share. Page one pun didapat tanpa ada kesengajaan. Terima kasih banyak untuk sharingnya dari para mastah SEO.

  3. saya setuju dengan mas airul “makin kesini ruang lingkup SEO makin dipersempit”
    jika dilihat “iklan” dihalaman google semakin kesini semakin memakan banyak tempat.

    bagi saya google adalah bisnis, udah dapat duit dari google ya harus setor lagi ke google (ngiklan adword)

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *