Cara Rakit PC Gaming dan Editing Dengan Mudah

Gambar : Storyblocks

Bicara alat tempur sehari-hari rasanya pengen mengupgrade alat tempur tersebut. Masih bingung dengan apa itu alat tempur? Yapz betul sekali yang saya maksud adalah PC desktop dan laptop. Dari kedua jenis perangkat ini yang banyak diminati adalah PC desktop. Tentu saja sudah wajar, karena sebagus apapun spesifikasi laptop tersebut masih kalah performa dan keawetannya dengan PC desktop.

Kelebihan laptop yaitu sangat simpel yang dapat dibawa kemana-mana, tetapi kelemahan laptop sering kali terjadi masalah hardware, mungkin spesifikasi yang ditawarkannya belum memumpuni untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari kecuali hanya buat ngetik dan browsing, tetapi laptop sangat rentan terhadap suhu yang panas baik memainkan Games HD ataupun hanya menjalankan software desain grafis. Beda sekali dengan PC yang dapat digunakan untuk keperluan editing dan games HD, jelas lebih kuat dan mumpuni.

Tetapi jika kita perhitungkan, PC desktop memiliki komponen spesifikasi yang jauh dibanding dengan laptop. Karena laptop sendiri, yang saya tau, memiliki kecepatan prosessor rata-rata dibawah 2.5 Ghz, itu pun sudah jarang dengan speed 2.5Ghz. tetapi jika dibandingkan dengan PC desktop yang memiliki speed prosessor antara 2.5 Ghz – 4 Ghz. Mungkin 2.5 Ghz sangat jarang kita temui karena sudah terlalu usang dengan speed tersebut tetapi masih jauh di atas laptop. Dan dari segi harga saya rasa lebih mahal dari PC desktop belum lagi menyiapkan LCD-nya.

Nah, kali ini yang saya bahas adalah mengenai PC deskop. Perlu kita sadari harga PC desktop saat ini mahal sekali (tergantung dengan speifikasinya juga). Tetapi jika kita lihat kebutuhan kerja sehari-hari mungkin minimal spesifikasi minimal PC desktop dengan prosessor Core I3 dan AMD A6, RAM 4 GB dan VGA minimal 2 GB (non onboard). Walaupun harga PC desktop mahal, namun kita bisa meminimalisir dana yang kita punya dengan cara merakit PC desktop. Ini adalah cara yang paling efektif untuk menghemat dana anda.

Yang perlu diketahui adalah, apakah anda bisa merakit PC tersebut? Ok, kali ini saya akan share cara merakit PC gaming yang mudah. Dan ada beberapa tips untuk merakit PC desktop. Lets Go.

  1. Budget dan tujuan merakit PC desktop

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah budget. Untuk membuat PC desktop nggak usah neko-neko. Walaupun dana sedikit kita masih bisa merakit PC tersebut. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah tujuan untuk merakit PC desktop tersebut, tentukan dengan jelas kebutuhan PC tersebut. Untuk apakah PC tersebut? Jika PC desktop tersebut tujuannya hanya untuk hiburan semata seperti memainkan games HD. Alangkah baiknya anda harus bisa menabung dulu budgetnya. Jangan sampai anda menghutang ataupun menguras habis tabungan anda demi merakit sebuah PC desktop gaming.

Dengan menerapkan pemikiran seperti itu membuat anda pusing kedepannya karena tidak memiliki tabungan. Beda halnya dengan merakit PC desktop dengan tujuan mencari uang atau sebagai sarana atau alat tempur dalam bekerja. Sebagai contoh anda adalah seorang desain grafis yang membutuhkan spesifikasi PC desktop yang mumpuni. Nah, mengenai hal ini anda bisa merakit PC tersebut ya walaupun harus menguras dompet, tetapi anda juga HARUS menyisihkan uang tersebut untuk kebutuhan kedepan dan lainnya.

Budget Pc desktop gaming biasanya memakan biaya diatas 5 juta, itu pun masih kurang (tergantung games HD apa yang dijalankan). Tetapi jika anda merakit sebuah PC desktop dengan keperluan seperti mengetik, browsing, games kecil-kecil dan hanya sekedar streaming, rasanya budget yang dikeluarkan 2 juta sudah cukup, termasuk LCD bekas. Sebagai saran saja, PC desktop lain halnya dengan laptop yang hanya bisa upgrade RAM dan HDD saja sedangkan PC desktop bisa mengupgrade semua komponennya. Itulah keunggulan utama dari sebuah PC desktop dibanding dengan laptop.

Gambar : winpoin.com
  1. Kualitas gaming yang diinginkan

Di poin kedua ini masih menyangkut tentang budget. Memang sangat jelas sekali. Karena untuk memainkan games HD diperlukan PC desktop dengan spesifikasi dewa. Karena jika masih menggunakan komponen yang kurang mendukung atau dibawah minimum requidment games HD tersebut rasanya masih enak dan nyaman saja buat kebutuhan game, tetapi jika diteruskan lama-lama CPU nya bisa rusak karena over head pada komponen CPU tersebut. Sebelum anda merakit sebaiknya anda lihat dulu buat main games apakah? Jika games itu dirasa sangat berat tentu saja kocek yang harus anda keluarkan tidak sedikit. Mungkin hal ini bisa anda atasi dengan membeli komponen CPU yang bekas tetapi saya tidak menjalin keawetan komponen pada CPU anda. Kalau LCD bekas bukan masalah jika menurut saya, soalnya LCD adalah display yang dikeluarkan atau sebagai alat outputnya saja. Sedikit saran, jangan terlalu memburu spesifikasi PC desktop yang memumpuni jika budget yang dimiliki adalah budget free/bebas dan jangan sekali-kali menggunakan budget primer.

  1. Spesifikasi PC yang dinginkan

Untuk membuat PC desktop yang dinginkan, rasanya kita sudah menginjak poin yang sangat penting. Mengenai spesifikasi PC desktop yang kita inginkan (gaming) rasanya perlu membutuhkan komponen yang memiliki harga yang mahal tetapi tergantung dengan kebutuhan juga. Ok langsung saja. Sebagai contoh, saya akan bahas tentang PC desktop gaming. Berikut ini adalah komponen-komponen dalam merakit PC desktop (gaming).

Gambar : gigabyte.com
  • Motherboard

Yang terpenting yang harus anda perhatikan adalah sebuah motherboard. Karena motherboard disini berperan sebagai induk untuk menancapkan sebuah komponen lain seperti prosessor, RAM, HDD, VGA, dll. Oleh karena itu pilih lah motherboard versi terbaru yang nantinya bisa support untuk semua komponen hardware lainnya. Untuk motherboard dalam kebutuhan gaming disarankan untuk memilih jenis motheboard dengan chipset awalan huruf “B dan Z”. Contoh. Gigabyte GA-B150M-DS3H dan Gigabyte GA-Z170X-Ultra Gaming.

Gambar : techpowerup.com
  • Prosessor

Komponen yang penting adalah prosessor. Menurut saya lebih penting dari VGA. Prosessor seperti apakah yang minimal untuk kebutuhan gaming? Minimal anda harus mempunyai prosessor 4 core dengan generasi prosessor terbaru. Untuk saat ini prosessor generasi terbaru adalah Kabylake (generasi ke 7). Tetapi ada yang bilang sudah terilis generasi ke 8 tetapi masih belum tau mengenai hal tersebut. Selengkapnya bisa dilihat di Google aja ya.

Gambar : teknorus.com
  • VGA

Yang kedua yang sangat penting adalah VGA (video graphics adapter) yaitu sebuah komponen grafik yang digunakan untuk menampilkan sebuah tampilan visual yang nantinya di tampilkan melalui LCD, kurang lebih seperti itu. Fungsi yang paling menonjol dari VGA Card tersebut adalah sebagai komponen untuk memainkan games HD atau rendering. Peran VGA sangat penting terhadap performa dari Prosessor.

Gambar : pcworld.com
  • RAM

Meskipun fungsi RAM dalam kegiatan gaming kurang menonjol tetapi setidaknya RAM tersebut berfungsi untuk menjalankan sebuah software dan sebagai multitasking. Tetapi saran saya pilih RAM dengan minimal DDR3 dan 8 GB untuk kebutuhan gaming agar lancar jaya.

  • Power Supply

Gunakan power supply yang tepat menurut jenis spesifikasi PC desktop yang anda rakit. Semakin mahal PSU tersebut semakin bagus pula dan tahan lama PSU tersebut.

  • HDD dan SSD

Harddsik atau ruang penyimpanan menurut saya adalah hal yang kurang penting dalam kegiatan gaming tetapi jika menggunakan SSD saya mendukung, karena SSD juga akan mempercepat kinerja prosessor anda. Mungkin SSD jangan terlalu besar kapasitasnya karena harganya mahal sekali, kalau HDD terserah anda juga, tapi saya saranin gunakan HDD minimal 500 GB untuk menyimpan games HD.

Gambar : imgur.com
  • Casing CPU

Casing CPU tidak terlalu penting, karena hanya sebagai tampilan luarnya saja dan fungsinya juga sama-sama melindungi sebuah komponen yang ada pada CPU. Tapi jika anda menginginkan tampilan CPU yang keren anda bisa menggunakan casing CPU yang keren dan modern.

  • LCD

Buat keperluan gaming, streaming dan editing, rasanya LCD dengan ukuran kecil kurang enak. Oleh sebab itu saya sarankan juga LCD pilih minimal 21 inci dan memiliki kerapatan piksel yang sangat rapat.

Dari semua komponen diatas, belum termasuk LAN card, sound card, dll. Jika anda masih bingung untuk mencari hardware yang tepat dan lebih efektif anda bisa menggunakan rekomendasi dari web generate rakit PC. Caranya mudah. Silahkan disimak berikut ini.

  1. Masuk ke link ini wccftech.com
  2. Selanjutnya pilihlah PC tersebut untuk kebutuhan gaming dan setel budget juga. Jika anda lebih memfokuskan CPU dan GPU anda bisa memilih CPU dan GPU dari vendor intel dan AMD. Jika sudah klik Build.

3. Secara otomatis web tersebut akan merekomendasikan PC desktop racikan anda plus estimasi harganya. Tetapi ini dalam bentuk kurs dollar.

4. Yang terakhir adalah anda bisa kunjungi enterkomputer.com untuk simulasi harga ke kurs rupiah.

Selesai. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

4 Komentar

  1. Baik untuk kebutuhan gaming maupun untuk kebutuhan graphic designing, ada persamaannya. Maaf kalo saran saya menyinggung. Di artikel sudah lumayan jelas penjabarannya dari sisi hardware. Saya hanya ingin mengingatkan dari sisi software. Mohon untuk menggunakan software yg legal, dan didapat dengan membelinya dari toko yg legal pula. Sebagai contoh, Operating System terkini dari Microsoft adalah Windows 10. Harga retail resminya untuk lisensi OEM, paling murah ada di kisaran 1,5 juta rupiah. Yes, I know you can easily obtain that license for only a small fraction of the legit ESRP, but we both know that, of course, it isn’t legal. Tambahkan harga antivirus legal pilihan anda masing2. Lantas, tentunya, harga game2 legal, atau software2 legal untuk kebutuhan pekerjaan anda. Yang saya yakin pasti, software2 semisal Adobe Photoshop, Coreldraw, dsb. doesn’t come cheap.

    1. Terima kasih atas kritik dan sarannya.
      Kembali ke topik utama. Di artikel yang saya bahas adalah mengenai komponen hardware saja, dan tidak mencangkup software. Ini karena setiap user menginginkan sudut pandang software yang berbeda pula, dan sesuai selera yang dimiliki setiap user. Dan akan lebih baik jika sotfware yang digunakan adalah software yang memiliki lisensi resmi. Semoga terjawab.

    2. This is “Cara rakit PC”, it’s not about “How to install legal program/software on your computer”, please understand the main topic here 😀

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *