Cara Mudah Mendaftar GoFood dan Strategi Agar Laris Manis

Seorang gojek sedang menerima order gofood
Gambar: Ukmkotamedan.com

Go-Food adalah salah satu produk dari GoJek yang memberikan layanan pesan-antar makanan nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara dan terbesar di dunia setelah Cina. 

Jumlah pelanggan Go-Food makin hari makin bertambah banyak. Sudah banyak pemilik resto yang meraih keuntungan besar melalui Go-Food.

Mengapa banyak resto yang bisa dengan cepat memperoleh keuntungan besar melalui Go-Food? Karena cara berjualan secara langsung dan cara berjualan melalui aplikasi atau Go-Food adalah berbeda. Anda perlu mengetahui bagaimana strategi berjualan menggunakan media digital saat ini agar bisa sukses.

Bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner dan ingin mengembangkannya, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan usaha Anda menjadi mitra Go-Food. Cara daftarnya sangatlah mudah dan tidak dipungut biaya. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Langkah-langkah Mendaftar Go-Food

Pertama, download aplikasi Go-Biz di Play Store. Untuk saat ini, aplikasi hanya tersedia untuk pengguna Android. 

Kemudian pilih Daftar GO-FOOD

Install Go-Biz di Play Store
Gambar: Gojek.com

Selanjutnya tekan Daftar Sekarang, lalu pilih Jenis pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih jenis pendaftaran
Gambar: Gojek.com

Kemudian pilih kota dimana restoran Anda berada, lalu tekan Lanjut.

Memilih kota restoran
Gambar: Gojek.com

Selanjutnya adalah isi data untuk pembuatan akun. Masukkan nama, email, dan nomor HP dari pemilik usaha. Lalu tekan Buat Akun.

Tunggu sebentar, kode OTP akan dikirimkan ke nomor yang telah didaftarkan. Selanjutnya masukkan kode dan tekan Konfirmasi.

Input nama dan email pengguna
Gambar: Gojek.com

Kemudian mengisi data usaha. Masukkan nama restoran Anda, lalu tekan Lanjut. Setelah itu pilih Informasi restoran.

Mengisi data usaha
Gambar: Gojek.com

Masukkan informasi restoran Anda, kemudian atur titik lokasi restoran Anda dengan menekan tombol Set Lokasi untuk posisi yang lebih akurat. Setelah selesai, tekan Konfirmasi dan Simpan.

Set lokasi di mana restoran Anda berada
Gambar: Gojek.com

Data Informasi restoran telah terisi. Selanjutnya pilih Identitas pemilik.

Memilih identitas pemilik
Gambar: Gojek.com

Masukkan nomor HP pemilik usaha, kemudian upload foto KTP Anda dengan menekan tombol Upload. Selanjutnya isi data sesuai dengan KTP Anda. Setelah selesai tekan Lanjut.

Mengisi data identitas pemilik
Gambar: Gojek.com

Selanjutnya, jika Anda memiliki NPWP, klik tanda centang lalu upload foto NPWP Anda dengan menekan tombol Upload. Isi data sesuai dengan NPWP Anda. Setelah selesai tekan Simpan.

Upload data NPWP
Gambar: Gojek.com

Data identitas pemilik telah terisi. Selanjutnya pilih Informasi rekening bank.

Mengisi informasi rekening bank
Gambar: Gojek.com

Pilih bank yang Anda gunakan dengan menekan tombol panah pada kolom Nama bank. Isi nomor rekening dan nama pemilik rekening, lalu tekan Verifikasi.

Jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran, masukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank di kolom yang tersedia. Kemudian tekan tombol centang lalu upload surat kuasa Anda. Setelah selesai tekan Simpan.

Proses pengisian informasi rekening bank
Gambar: Gojek.com

Data informasi rekening bank telah terisi. Selanjutnya pilih Informasi pajak dan lainnya. Pilihan ini bersifat opsional. Anda harus memiliki dan meng-upload NPWP jika ingin menyertakan info pajak.

Opsional untuk mengisi informasi pajak dan lainnya
Gambar: Gojek.com

Masukkan info Tarif pajak PB1 Anda (pilih Tidak ada atau 10%), kemudian masukkan juga info Tarif pelayanan Anda jika ada (maksimal 10%). Lalu tekan Simpan.

Semua data usaha Anda telah diisi. Selanjutnya klik Lanjut.

Mengisi informasi pajak dan lainnya
Gambar: Gojek.com

Baca Syarat & Ketentuan yang ditampilkan. Jika Anda telah menyetujui segala ketentuannya, klik kedua tanda centang yang tersedia, kemudian tekan Kirim Data Usaha.

Pendaftarannya Go-Food telah selesai. Data usaha Anda akan diproses sesuai dengan jangka waktu yang tertera.

Muncul syarat dan ketentuan yang bisa dibaca
Gambar: Gojek.com

Jika pendaftaran Anda ditolak, maka perbaiki terlebih dahulu sesuai panduan yang tertera pada kolom merah data usaha Anda yang belum sesuai. Setelah selesai, tekan Lanjut. Perbaikan data Anda akan diproses lagi oleh sistem.

Perbaiki data sesuai panduan
Gambar: Gojek.com

Jika pendaftaran Anda diterima, aktifkan restoran Anda untuk mulai berjualan di GO-FOOD.

Mengaktifkan restoran untuk mulai berjualan di Gofood
Gambar: Gojek.com
  • Tekan tombol Tambah pada Jam Operasional dan atur jadwal operasionalnya sesuaikan dengan restoran Anda.
  • Tekan tombol Tambah pada Menu restoran kemudian buat minimal 1 kategori dengan isi minimal 1 menu aktif untuk dijual.
  • Tekan tombol Tambah pada Profil restoran lalu upload foto banner restoran, kemudian pilih maksimal 3 kategori makanan yang sesuai dengan restoran Anda.

Setelah selesai tekan Aktifkan Sekarang.

Selesai! Restoran Anda telah aktif di GO-FOOD. Anda bisa mengelola bisnis kuliner Anda melalui aplikasi GO-BIZ. Pilih Lanjut untuk mengetahui cara penggunaannya lebih lanjut.

Restoran telah aktif
Gambar: Gojek.com

Strategi Agar Jualan di Go-Food Laris Manis

Setelah mendaftarkan resto Anda di Go-Food, maka Anda juga harus tau bagaimana strategi untuk meningkatkan penjualannya. Berikut adalah beberapa tips agar usaha kuliner Anda sukses dengan Go-Food:

1. Tampilan Menarik

Seseorang sedang foto makanannya
Photo by Victor Freitas from Pexels

Lengkapilah tampilan restoran Anda di Go-Food dengan foto menu yang menarik. Ini akan sangat berpengaruh pada banyaknya jumlah konsumen yang membeli di resto Anda. Secara natural manusia akan tertarik setelah melihat tampilan makanan. Namun harus diingat, foto menu dengan rupa makanan aslinya harus sama ya, agar konsumen tidak merasa ditipu.

2. Rekomendasi Menu

Seseorang sedang melihat menu restoran
Photo by Victor Freitas from Pexels

Di aplikasi Go-Biz terdapat fitur dimana Anda bisa menampilkan menu rekomendasi pada urutan teratas. Hal ini perlu dilakukan agar menu andalan resto Anda tidak tenggelam dalam daftar menu sehingga sulit diketahui konsumen. Dengan menampilkan menu rekomendasi, konsumen akan semakin mudah menemukan dan membeli menu andalan resto Anda.

3. Ikut Promo

Contoh banner diskon di Gofood
Gambar: Gojek.com

Dengan ikut promo berarti Anda memang akan memberi diskon untuk konsumen. Tapi jangan takut, Anda tidak akan rugi dengan melakukan trik ini. Dengan promo, resto Anda akan dilihat lebih banyak orang. Daripada membayar iklan di media cetak atau media digital, lebih baik pasang saja banner resto Anda di Go-Food. Cara ini sangat ampuh jika resto Anda baru dibuka atau lagi sepi orderan, karena melalui promo ini akan langsung mengenai sasaran, yaitu pelanggan Go-Food.

5. Kualitas Produk

Gambar macam-macam makanan
Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels

Pastikan kualitas makanan dan minuman resto Anda selalu konsisten dan terjamin. Pelanggan-pelanggan baru yang sudah berhasil Anda dapatkan tidak akan bertahan lama tanpa produk makanan dan minuman yang berkualitas. Mau bagaimanapun, kualitas lah yang akan membuat konsumen kembali lagi dan lagi.

Penutup

Demikianlah panduan dari cara mendaftarkan resto Anda di Go-Food melalui Go-Biz serta strategi penjualannya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga usaha Anda bisa lebih maju dengan omzet yang meningkat pesat. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *